Kualitas Tidurmu Buruk? Coba Ikuti Tips Ini
Lifestyle & Sport

Kualitas Tidurmu Buruk? Coba Ikuti Tips Ini

Channel9.id-Jakarta. Kualitas tidurmu belakangan ini mungkin buruk. Alhasil, Kamu jadi kurang tidur. Nah, kalau kondisi ini dibiarkan, dampaknya bisa buruk buat kesehatanmu, lo. Selain mengganggu produktivitas karena ngantuk, risiko terkena penyakit kronis—seperti diabetes, jantung, dan stroke—juga bisa meningkat. Bahkan, kesehatan mental juga bisa terganggu karena Kamu rentan terhadap stres.

Maka dari itu, untuk mencegah risiko yang disebukan tadi, Kamu mesti meningkatkan kualitas tidur—selain mencukupi durasinya selama 7—9 jam. Berikut ini tips untuk meningkatkan kualitas tidur.

1. Tidur terjadwal
Buatlah kebiasaan tidur baru. Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, sekalipun akhir pekan. Pasalnya, waktu tidur yang tidak konsisten atau kurang tidur bisa meningkatkan risiko yang sudah disebutkan sebelumnya.

2. Menyamankan diri
Kamu harus pastikan kamar tidur hanya untuk tidur dan istirahat—jangan menggunakan tempat tidur untuk bekerja. Selanjutnya, pastikan kamar tidur membuatmu nyaman agar Kamu benar-benar terlelap. Kamu juga harus pastikan kamar tidur bersih dan rapi. Agar mendapat sensasi tenang, coba nyalakan aroma terapi.

3. Hindari cahaya biru
Cahaya biru dari ponsel dan sejenisnya bisa menyebabkan masalah tidur. Sebab cahaya ini bisa menipu otakmu untuk berpikir bahwa ini adalah siang hari. Sehingga hormon tidur melatonin diproduksi lebih sedikit dan membuatmu tak mengantuk. Nah, hal ini pada akhirnya bisa mengganggu ritme sirkadian dalam dirimu untuk mengatur waktu tidur.

4. Lakukan rutinitas tidur yang menenangkan
Sebelum beranjak ke tempat tidur, coba lakukanlah hal yang menangkan pikiranmu. Misalnya, bermeditasi, membaca, mandi air hangat, dan sebagainya. Kamu bisa melakukan hal apa pun yang kamu mau. Hal ini membantumu untuk terlelap lebih cepat karena pikiranmu lebih tenang.

5. Bangun saat sulit tidur
Saat Kamu sulit tidur, alih-alih tetap tiduran di kasur, cobalah untuk bangun. Lalu lakukan sesuatu yang menenangkan, seperti membaca buku, menulis jurnal, atau bermeditasi. Ketika rasa kantuk mulai datang, cobalah untuk kembali tidur.

Itulah tips-tips yang bisa Kamu lakukan untuk mendapat kualitas tidur yang lebih baik. Perlu dicatat, tidur itu sangat penting. Lakukan tips-tips ini, terlebih jika Kamu mengalami insomnia.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

29  +    =  32