Connect with us

Hot Topic

Longsor Sumedang, 11 Meninggal 8 Lainnya Hilang

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Sebanyak 11 orang meninggal dunia dan delapan orang lainnya belum ditemukan akibat bencana tanah longsor yang terjadi di Dusun Bojong Kondang RT 003 RW 010, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (09/01) pukul 16.00 WIB.

Kepala BPBD Sumedang Ayi Rusmana mengatakan, longsor terjadi akibat tingginya intensitas curah hujan yang terjadi sejak Sabtu siang.

“Material longsor yaitu tebing setinggi 20 meter dan panjang 40 meter. Material longsoran menimpa 14 rumah hingga rusak berat,” ujar Ayi,  Sabtu petang.

Baca juga: Akibat Hujan Lebat, Mengakibatkan Longsor Memutus Dua Desa 

Mengutip laporan Tim SAR Gabungan, Jakarta, Minggu (10/01), hingga pukul 01.22 WIB dinihari, Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi korban yang tertimbun material longsor di Desa Cihanjuang.

Sejumlah 22 orang yang terdiri dari 3 Selamat, 11 dalam keadaan meninggal dunia dan 8 orang masih dalam pencarian akibat longsor pertama. Sementara itu, korban pada longsoran kedua masih dalam pendataan. Seluruh korban selanjutnya dibawa ke Puskesmas Sawah Dadap.

Pada pukul 02.00 WIB, pencarian di hentikan sementara, karena situasi dan kondisi di lokasi yang kurang memungkinkan, kondisi hujan dan adanya retakan tanah di bagian atas, pencarian akan di lanjutkan pukul Minggu pagi ini.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hot Topic

Awas, Pembuat dan Pengguna Tes PCR Palsu Diancam Pidana 4 Tahun

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan bagi pemalsu hasil tes polymerase chain reaction (PCR) Covid-19 bakal dikenakan sanksi pidana. Wiku menyebut, hal ini sudah diatur dalam Pasal 267 ayat 1 dan pasal 267 ayat 1 KUHP.

“Dengan ancaman pidana kurungan selama 4 tahun. Baik yang membuat ataupun menggunakannya,” tegasnya saat siaran pers yang dikutip pada Jumat (22/01).

Baca juga: Polisi Tangkap Pembuat Surat Keterangan Hasil Swab PCR Palsu 

Wiku menuturkan, untuk mencegah pemalsuan surat PCR pihak verifikator akan memperketat pemeriksaan hasil tes Covid-19 bagi para calon pendatang yang akan masuk ke Indonesia ataupun pelaku perjalanan domestik. Mereka diwajibkan mengantongi hasil tes Covid-19 yang menyatakan status negatif atau tidak terpapar.

“Petugas verifikator surat tes PCR, tes antigen atapun tes antibodi di bandar udara, terminal ataupun pelabuhan, ini akan terus mengetatkan protokol di pintu masuk kedatangan dengan tujuan mencegah imported case,” ungkapnya.

Wiku meminta masyarakat untuk menggunakan hasil tes PCR resmi yang dikeluarkan oleh lembaga kesehatan. Hal ini juga berlaku bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan domestik.

“Ini bertujuan untuk menekan penularan yang berpotensi disebarkan dari para pelaku perjalanan yang masuk ataupun keluar antar daerah di Indonesia,” ucapnya.

Continue Reading

Hot Topic

Gempa 71, M di Sulut, BNPB: Kerusakan di 2 Kecamatan

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan terjadi kerusakan infrastruktur di dua kecamatan di Kabupaten Talaud, sebagai dampak gempa 7,1 magnitudo yang terjadi pada Kamis (21/01) malam.

Kerusakan bangunan dengan kategori ringan hingga sedang teridentifikasi di Desa Bantik, Kecamatan Beo berupa dinding belakang rumah roboh. Sementara, dua kerusakan lain berada di Desa Rae, Kecamatan Beo Utara dengan kategori rusak ringan.

Hingga saat ini, BNPB masih melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terkait dengan potensi korban jiwa.

Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Kepulauan Talaud melaporkan warganya merasakan guncangan kuat selama tiga detik. Saat gempa warga sempat panik. Namun hingga kini, BPBD setempat belum menerima informasi terkait dampak gempa dengan kedalaman 119 km tersebut.

Sebelumnya, Sulawesi Utara diguncang gempa berkekuatan 7,1 magnitudo pada Kamis, 21 Januari 2021 pukul 19.23 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, pusat gempa berada di 134 kilometer timur laut Melonguane, Sulawesi Utara.

Baca juga: Sulawesi Utara Diguncang Gempa 7,1 M 

BMKG menjelaskan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

“#Gempa Mag:7.1, 21-Jan-21 19:23:07 WIB, Lok:4.98 LU,127.38 BT (134 km TimurLaut MELONGUANE-SULUT), Kedlmn:154 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG,” tulis BMKG dalam akun Twitter-nya.

Peta guncangan yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, gempa dirasakan di daerah Melonguane, Tahuna, Ondong mencapai skala IV MMI, kemudian Manado dan Bitung III MMI.

Lalu dirasakan di Galela, Gorontalo, Morotai, Halmahera Utara, Halmahera Barat dengan skala II-III MMI; Bolaang Uki II MMI serta Ternate, Sofifi, dan Halmahera Tengah I-II MMI.

Skala IV MMI mendeskripsikan bila pada siang hari dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah, sedangkan III MMI menggambarkan getaran dirasakan nyata dalam rumah serta terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

Continue Reading

Hot Topic

Ketua DPR: Komjen Listyo Sigit Miliki Semangat Transformasi

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Ketua DPR RI Puan Maharani menilai, calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo memiliki semangat transformasi untuk membawa Polri menjadi lebih baik.

Puan pun menyambut keinginan Komjen Listyo untuk mewujudkan Polri yang Presisi, atau abreviasi dari prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.

Namun, Puan mengingatkan, hal itu bisa diwujudkan bila Listyo Sigit melakukan perubahan besar dari aspek SDM, serta mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.

“Kita sudah mendengarkan visi misi calon Kapolri saat uji kelayakan. Ada semangat tranformasi di tubuh Polri,” ungkap Puan, Kamis 21 Januari 2021.

Baca juga: Komjen Listyo Sigit Sampaikan Enam Sasaran Prioritas Polri di 2021 

Puan pun menyampaikan tiga pekerjaan rumah Listyo Sigit Prabowo saat nanti resmi menjadi Kapolri. Tiga pekerjaan rumah itu adalah terkait penegakan hukum, pelayanan publik, dan reformasi internal.

“Penegakan hukum agar ada keadilan restoratif. Penegakan hukum tidak memakai kaca mata kuda, tapi melihat konteks masalah dan memperhatikan aspek-aspek sosial kemasyarakatan,” ujar Puan.

“Pelayanan publik harus ditingkatkan. Fungsi Polisi melayani masyarakat, di sini penting penggunaan teknologi mengingat keterbatasan personel. Intinya polisi harus responsif terhadap pengaduan masyarakat,” sambungnya.

Mengenai reformasi internal, menurut Puan, peningkatan kualitas SDM dapat difokuskan pada sikap serta mental anggota Polri agar senantiasa bekerja secara profesional.

Diketahui, setelah menjalani uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri di Komisi III DPR, Komjen Listyo Sigit Prabowo disetujui menjadi Kapolri. Keputusan itu ditetapkan dalam rapat paripurna DPR RI pada Kamis 21 Januari 2021 siang.

HY

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC