Connect with us

Nasional

Mendagri: Kepala Daerah Fokus Mengendalikan Penyebaran Covid-19

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menegaskan agar seluruh kepala daerah, baik gubernur, bupati/walikota untuk fokus mengendalikan pencegahan penyebaran Covid-19 di daerah masing-masing.

Tak hanya itu, Tito pun menekankan  penekanan tiga hal kepada kepala daerah. Pertama, kepala daerah serius dan konsisten mendorong dan memastikan masyarakat melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin.

“Yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak  dan mencegah serta menghindari kerumunan,” ujar Tito dalam Rapat Koordinasi Strategi Komunikasi Vaksinasi Civid-19 di Kantor Kemendagri, Senin (30/11).

Baca juga: Jokowi: Kepala Daerah Memegang Kendali Penanganan Corona dan Pemulihan Ekonomi

Kedua, kepala daerah menjaga keseimbangan antara kebijakan serta upaya pemulihan ekonomi dan penanganan kesehatan masyarakat.

Ketiga, untuk secara masif dan sistematis menyosialisasikan kebijakan  dan mekanisme vaksinasi Covid-19, termasuk penyiapan APBD di masing-masing daerah, jika pada waktu dibutuhkan.

“Para kepala daerah harus betul-betul memegang kendali sebagaimana arahan yang disampaikan Bapak Presiden, yaitu mengendalikan penyebaran Covid-19 di masing-masing daerahnya melalui pelaksanaan 3M + 1 secara masif dan konsisten,” jelas Tito.

“Menjaga keseimbangan antara peningkatan ekonomi dan pemulihan kesehatan masyarakat,  serta terus menyosialisasikan kebijakan  vaksinasi, serta mekanisme pengadaan, pendistribusian, pendinginan sampai kepada pendistribusian vaksin Covid-19, termasuk penyiapan APBD dimasing-masing daerah”, sambungnya.

Tak hanya itu, Tito juga mengingatkan kembali para kepala daerah untuk benar-benar melindungi warganya. Selain itu, setiap daerah harus benar-benar memiliki data valid tentang kasus Covid-19, baik yang positif, sembuh dan yang meninggal dunia.

Data terakhir per tanggal 29 November 2020 dan beberapa hari kebelakang,  beberapa provinsi mengalami peningkatan, kasus positif Covid-19.  Indonesia mengalami peningkatan kasus positif menjadi 13,41 persen, meningkat dibanding kasus positif minggu lalu sebesar 12,78 persen.

Selain itu, angka kesembuhan pasien Covid-19 mengalami penurunan pada minggu ini menjadi 83,44 persen. Minggu lalu, persentase kesembuhan mencapai 84,03 persen. Angka-angka ini memperlihatkan bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia benar-benar harus diwaspadai secara serius.

“Para kepala daerah untuk benar-benar memberikan perhatian penuh terhadap pandemi Covid-19 dan waspada terhadap penularan Covid-19”, pungkasnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hot Topic

Tepis Isu Taliban dan Radikalisme, KPK: Taliban Hanya Ada di Afganistan

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata merespon isu terkait adanya taliban dan radikalisme di KPK. Dia mengatakan, isu radikalisme dan taliban dalam KPK merupakan kabar angin yang berhembus sejak 2019 lalu.

Menurut Marwata, taliban hanya ada di Afganistan dan tidak ada di KPK.

“Kami pastikan dan tegaskan bahkan dari lembaga mana itu yang menyampaikan, enggak ada itu di KPK unsur radikalisme atau taliban,” katanya, Senin (25/1).

Baca juga: Kelompok Radikal Jadikan Rohis Tempat Kaderisasi 

Marwata menegaskan, satu-satunya sifat militan yang ada di KPK adalah memberangus korupsi dari Indonesia. “Kalau Taliban dalam artian militan melakukan pemberantasan korupsi mungkin iya,” katanya.

Video Taliban yang dimaksudnya sempat diunggah oleh akun Twitter @mochamadarip pada Sabtu (23/1) lalu. Dalam video itu, Febri menjadi orang yang dicatut sebagai anggota Taliban KPK dan disebut tengah menggembleng mahasiswa untuk melakukan tindakan anarkis saat demo menolak revisi UU KPK 2019 lalu.

Hal tersebut lantas mendapat tanggapan dari Penyidik Senior KPK Novel Baswedan. Dia mengatakan, isu radikalisme dan taliban yang kini kembali ramai di media sosial merupakan alat yang digunakan oleh pendukung koruptor yang kepentingannya terganggu dengan kerja pengusutan korupsi yang dilakukan KPK.

“Isu radikal-taliban sudah sering digunakan oleh para pendukung koruptor padahal jelas itu isu tidak benar dan mengada-ada,” tandasnya.

IG

Continue Reading

Nasional

DKI Terbanyak Kasus Covid-19, Berikut Sebaran di 10 Provinsi

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Provinsi DKI Jakarta tercatat masih menjadi penyumbang terbesar penambahan kasus baru Covid-19 di tanah air. Jumlah kasus baru Covid-19 di ibu kota mencapai 2.451 kasus pada Senin (25/01). Angka ini lebih rendah dibanding hari kemarin.

Jawa Barat di posisi kedua dengan penambahan 2.022 kasus. Disusul Jawa Tengah dengan penambahan 1.513 kasus.

Baca juga: Sebaran Covid-19 DKI Tambah 3.285 Kasus 

Berikut 10 provinsi dengan kasus baru Covid-19 tertinggi di Indonesia pada Senin, 25 Januari 2021:

  1. DKI Jakarta: bertambah 2.451
  2. Jawa Barat: bertambah 2.022
  3. Jawa Tengah: bertambah 1.513
  4. Jawa Timur: bertambah 888
  5. Sulawesi Selatan: betambah 606
  6. Kalimantan Timur: bertambah 325
  7. DIY: bertambah: 310
  8. Banten: bertambah 289
  9. Bali: bertambah 186
  10. Sulawesi Utara: bertambah 139

Sementara itu, kasus positif secara nasional tercatat terdapat penambahan 9.994. Dengan demikian, total kasus Covid-19 di tanah air menjadi 999.256 sejak kasus pertama ditemukan pada 2 Maret 2020.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Perpanjangan itu dimulai dari 26 Januari hingga 8 Februari 2021.

Diketahui, PSBB ketat di DKI Jakarta dimulai pada 11 Januari hingga 25 Januari 2021. Aturan tersebut mengikuti periode PPKM yang diterapkan pemerintah pusat.

Continue Reading

Nasional

Dekati Satu Juta, Kasus Covid-19 Bertambah 9.994

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Kasus baru positif Covid-19 di Indonesia bertambah 9.994 pada hari ini, Senin (25/01). Angka ini lebih rendah dari penambahan kasus Covid-19 kemarin.

Dengan penambahan tersebut, jumlah total kasus corona di tanah air semakin mendekati angka satu juta yaitu 999.256, sejak pertama kali ditemukan pada 2 Maret 2020.

Sementara itu, kasus kematian karena Covid-19 tercatat total  287.132 orang.  Jumlah tersebut setelah adanya penambahan pasien meninggal akibat Corona sebanyak 297 orang.

Baca juga: Positif Covid-19 Tambah 11.788, Kasus Kematian Terendah Dalam Sebulan

Adapun pasien yang dinyatakan sembuh dari corona bertambah 10.678 orang, sehingga total berjumlah 809.488. Jumlah pasien sembuh jauh lebih tinggi dari hari kemarin.

Jumlah spesimen yang diperiksa hari ini tercatat sebanyak 51.906, sehingga total yang telah diambil spesimen sebanyak 8.806.413.

Hingga saat ini, jumlah orang yang dites 5.883.960 orang. Jumlah tersebut didapat setelah ada penambahan 34.580 orang yang telah dites Covid-19.  Adapun suspek yang diamati sejumlah 84.621.

Covid-19 saat ini sudah tersebar di 510 dari 514 kabupaten/kota di seluruh provinsi di Indonesia.

 

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC