Connect with us

Nasional

Mendagri: Praja IPDN Lakukan Kekerasan Akan Ditindak Tegas

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menegaskan akan menindak praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang melakukan tindakan kekerasan. Tito mengatakan akan memecat dan menuntut sesuai hukum pidana praja pelaku kekerasan.

Hal tersebut disampaikannya saat memberi kuliah umum bagi praja IPDN di Lapangan Parade Abdi Praja IPDN Jatinangor, Sumedang Jawa Barat, Sabtu (7/11).

Tito menyebut, muda praja yang baru dilantik kemarin, akan dibentuk menjadi manusia yang mendekati paripurna. Sebab tidak mungkin sempurna. Artinya memiliki kemampuan intelektual yang baik dengan ilmu-ilmu dasar, termasuk core bisnisnya adalah ilmu pemerintahan.

“Kemudian diperkuat dengan jasmani dan kesehatan yang baik dan yang ketiga dilengkapi dengan moralitas dan mentalitas yang baik,” ujarnya.

Baca juga: Mendagri Dorong Praja IPDN Jadi Agent of Change Pemerintahan

Menurut Tito, pintar saja tidak cukup tanpa diikuti dengan moralitas yang baik. “We are creating the best among the best, lembaga ini berusaha membentuk adik-adik menjadi orang yang terbaik dari orang yang terbaik,” katanya.

“Nah, kemudian terkait dengan tiga aspek ini, adik- adik jangan lupa bahwa adik-adik akan menjadi aparatur sipil negara, maka jangan salah arah pada saat proses pembentukan, baik oleh para siswa yang dididik maupun oleh para pendidik,” sambung Tito.

Ia menilai, pembentukan karakter mesti diarahkan kepada karakter sipil yang memiliki kedisiplinan. Nemun bukan berarti menggunakan kekerasan dalam pembentukan disiplin.

“Saya sudah sekolah di mana-mana, sekolah di Inggris, Amerika, Australia, New Zealand saya juga melihat sekolah Hometown Academy Singapura, tidak ada pukul-pukulan tetapi mereka bisa bekerja profesional,” terangnya.

Tito menegaskan dirinya sangat menentang keras kekerasan di lembaga pendidikan. Ia pun bercerita, saat dirinya jadi Kapolri, pada saat terjadi kekerasan, ia tak segan mencopot pelakunya dan diproses pidana. Karena itu ia mengingatkan jangan sampai ada praktek kekerasan di IPDN.

“Sanggup untuk tidak ada kekerasan? Terutama yang senior, sanggup tidak? Anda harus memberi contoh, yang tingkat 4, sudah cukup kekerasan jangan dilanjutkan jangan meninggalkan legacy atau warisan yang buruk kepada junior- junior. Kalau kedengaran itu saya akan perintahkan kepada Pak Rektor untuk pecat, laporkan ke polisi dan pidanakan, ” ujarnya.

Semua elemen di IPDN, lanjut Tito, harus memutus  mata rantai kekerasan. Budaya kekerasan  tidak ada gunanya. Hanya melahirkan dendam berkepanjangan.

“Jadi kalau ada junior- junior yang melihat ada senior mengatakan ini untuk membentuk itu (karakter),  bullshit itu. Dendam  tidak boleh diturunkan,” tandasnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

Satgas: 13 Daerah Penyumbang Terbesar Kasus Aktif Covid-19

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan 13 daerah penyumbang kasus aktif terbesar di provinsi prioritas. Wiku meminta pemerintah daerah memprioritaskan penanganan Covid-19 di wilayah tersebut.

“Kabupaten/kota yang menjadi penyumbang terbesar dalam peningkatan kasus positif di masing-masing provinsi harus diprioritaskan,” kata  Wiku melalui youtube Sekretariat Presiden, Kamis (26/11).

Adapun ke-13 wilayah penyumbang kasus aktif terbesar, yakni Kota Pekanbaru, Riau, sebanyak 52,18 persen dari total kasus di provinsi tersebut. Kemudian, Kota Surabaya, Jawa Timur, menyumbang 28,32 persen; kota Jakarta Timur, DKI Jakarta, menyumbang 18,92 persen dari total kasus.

Baca juga: Kehilangan Indera Penciuman dan Perasa Jadi Gejala Umum Covid-19

Keempat, Kota Makassar, Sulawesi selatan, menyumbang 46,37 persen; Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sebesar 24,97 persen. Selanjutnya, Kota Medan, Sumatra Utara, yaitu menyumbang sebanyak 47,74 persen; dan Kota Jayapura, Papua sebanyak 47,66 persen.

Kemudian, Kota Semarang, Jawa Tengah, dengan 25,38 persen; Kota Bekasi, Jawa Barat, menyumbang sebanyak 18,5 persen dari total kasus. Lalu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, menyumbang 29,99 persen dari total kasus.

Selanjutnya, Kota Denpasar, Bali, sebesar 27,54 persen; Kota Padang, Sumatra Barat menyumbang sebanyak 55,55 persen dari total kasus. Terakhir, Kota Banda Aceh, Aceh, sebesar 28,43 persen dari total kasus.

Wiku mendorong agar setiap daerah mampu belajar dan meningkatkan kemampuan penanganan Covid-19 melalui data epidemiologi dan kondisi pandemi covid-19 di daerah masing-masing.

“Terutama pimpinan daerah dan masyarakat dari kota-kota besar di atas untuk berkolaborasi dalam menekan laju penularan,” tandasnya.

Continue Reading

Hot Topic

Rizieq Shihab Dirawat, RS Ummi Bogor: Tidak Mengarah ke Covid-19

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dirawat di RS Ummi Bogor sejak Rabu, 25 November 2020. Hal tersebut dibenarkan oleh Dirut RS Ummi Andi Tatat. Ia menyatakan, Rizieq  sempat masuk ruangan instalasi Gawat Darurat (IGD).

“Dari hasil skrining di tim kami, Alhamdulillah tidak mengarah ke Covid-19. Sejak kemarin ke RS Ummi, masuk IGD karena beliau capek. Usai pulang ke tanah air, beliau langsung melakukan aktivitas secara maraton,” jelas Andi, Kamis (26/11).

Baca juga: Kabar Rizieq Terinfeksi Covid-19, Ketua PA 212: Tidak Dirawat di RS Kondisi Sehat 

Andi menuturkan, saat ini kondisi kesehatan Rizieq dalam keadaan baik. Namun, Rizieq perlu istirahat yang cukup untuk memulihkan kondisi tubuhnya lantaran masih lemas.

“Beliau dalam keadaan sehat wal afiat, segar, tapi masih dalam pantauan kami. Insya Allah masih aman dan hasil lab rontgen hasil semuanya baik,” ujarnya.

Meski demikian, Andi belum bisa memastikan kapan Rizieq Shihab diperbolehkan pulang. Dokter yang menanganinya menyarankan untuk tetap beristirahat total.

“Kita liat perkembangannya. Dari tim dokter supaya beliau benar-benar istirahat total. Jika sudah lepas, beliau bisa langsung bisa aktivitas lagi,” ucapnya.

Lebih lanjut Andi mengatakan, saat ini Rizieq dirawat di ruang President Suite. Sementara pihak keluarganya menunggu di ruangan lain. “Dia (istrinya) ikut mengiringi saja. Sempat ikut checkup juga, tapi aman,” imbuhnya.

Sebelumnya, kabar Rizieq Shihab dirawat di rumah sakit dibantah oleh Ketua PA 212 Slamet Maarif. Dia pun membantah rumor Rizieq tengah dirawat di sebuah rumah sakit di wilayah Bogor, Jawa Barat, akibat terinfeksi Covid-19.

“Alhamdulillah beliau sehat, hanya general check saja ke rumah sakit,” kata Slamet, Kamis (26/11).

 

 

 

Continue Reading

Nasional

Pengemudi Mobil RI 1 Terobos Mabes Polri Dipulangkan, Hanya Dijerat Pelanggaran Identitas Pelat Kendaraan

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Polisi memulangkan M, pengemudi mobil berpelat RI 1, yang menerobos pintu masuk Mabes Polri. Polisi hanya menyita kendaraan jenis Mitsubishi Pajero Sport berwarna putih sebagai barang bukti.

“Sudah kita kembalikan karena tadi malam setelah dilakukan berita acara interogasi dan klarifikasi. Kita tidak melihat ada unsur lain selain pelanggaran lalu lintas,” kata Kasubdit Gakkum Dirlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar, Kamis (26/11).

Dia menyampaikan, M hanya dijerat pelanggaran menggunakan nomor pelat yang tidak sesuai dengan identitas kendaraan. Berdasarkan registrasi dan indentifikasi, nomor polisi kendaraan M ialah DD 577 PT yang terdaftar di Sulawesi Selatan.

Fahri menjelaskan, M datang ke Mabes Polri ingin meminta surat rekomendasi kepada pejabat Korps Bhayangkara. Surat rekomendasi akan dipakai untuk mendapat atensi dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Dia pernah berkirim surat terkait masalah kinerja pemerintah di dua kementerian tersebut. Tapi dia merasa tidak puas terhadap pelayanan diberikan oleh petugas di sana,” kata Fahri.

Merasa tak diacuhkan dua kementerian, M cari perhatian ke Mabes Polri. Dia datang menggunakan mobil berpelat RI 1 dan menerobos masuk pada Rabu siang, 25 November 2020.

M dikenakan Pasal 288 ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Dia terancam hukuman kurungan dua bulan atau denda Rp500 ribu.

(HY)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC