Connect with us

Lifestyle & Sport

Mengapa Nafsu Makan Hilang?

Published

on

Mengapa Nafsu Makan Hilang?

Channel9.id-Jakarta. Sudah masuk waktu makan, ada sajian lezat, namun tak nafsu makan? Mungkin Kamu pernah mengalami hal ini.

Perlu Kamu ketahui, saat nafsu makan hilang dan tak makan, tubuhmu akan kekurangan nutrisi penting untuk mengontrol gula darah. Tubuhmu pun akan kekurangan energi dan gizi. Sialnya, jika Kamu terus-terusan mengalami hal ini, akan muncul masalah kesehatan yang serius. Untuk mengatasi hilangnya nafsu makan ini, sebaiknya pahami dulu penyebabnya guna mencegah dampak buruk yang serius.

Baca juga : Alasan Belum Lapar Meski Sudah Waktunya Sarapan

Adapun hilangnya nafsu makan ini kerap dikaitkan dengan masalah psikologis, seperti buruknya suasana hati atau stres. Meski begitu, ada faktor lain yang menyebabkannya dan sudah semestinya Kamu waspada, lo. Apa sajakah itu? Ini penjelasannya.

1. Masalah psikologis
Sudah disinggung sebelumnya bahwa kehilangan nafsu makan kerap dikaitkan dengan masalah psikologis. Masalah ini biasanya dialami orang yang stres, sedih, gelisah, depresi, dan sebagainya akan mengalaminya. Jika dibiarkan dalam waktu lama, kondisi psikologi mereka bisa parah dan muncul pula masalah kesehatan lain.

2. Kehamilan
Perubahan hormon pada seorang ibu yang sedang mengandung di awal trismester, membikin energi si ibu terkuras. Dampaknya, si ibu mudah lelah dan malas. Hal ini biasanya disertai rasa mual atau morning sickness.
Perubahan hormon dan perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil membuat mereka kehilangan nafsu makan.

3. Obat dan perawatan medis
Sedang mendapat perawatan medis dan mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa menyebabkan kehilangan nafsu makan, yang kemudian diikuti rasa lelah dan rasa mual. Misalnya ketika sedang mendapat pengobatan kanker.

Adapun obat-obatan yang bisa menyebabkan kelelahan dan kehilangan nafsu makan adalah antibiotik, morfin, steroid anabolik, kodein, obat tidur, dan obat hipertensi serta darah rendah.
4. Penyakit
Pada kasus tertentu, kehilangan nafsu makan—bahkan secara drastis—disebabkan oleh adanya penyakit-penyakit berbahaya yang ada di dalam tubuh. Misalnya, gagal ginjal kronis, hepatitis, penyakit hati kronis, demensia, gagal jantung, HIV, gangguan metabolik, hingga kanker rahim, pankreas, dan usus besar.

Kamu bisa mengatasi kehilangan nafsu dengan mengonsumsi multivitamin penambah nafsu makan. Lalu cobalah makan hidangan kesukaanmu untuk menggugah selera makanmu. Jika merasa kehilangan nafsu makanmu disertai dengan gejala penyakit lain, segeralah konsultasikan ke dokter.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Kreativitas Siswa Membuat Miniatur Truk Diminati Dipasaran

Published

on

By

Kreativitas Siswa Usai Daring Membuat Miniatur Truk Diminati Dipasaran

Channel9.id-Ponorogo. Masa pandemi tak hanya berpaku pada kesehatan saja, namun ada sisi positif yang bisa kita manfaatkan melalui kreativitas kita. Salah satunya kreasi anak sekolah dari Ponorogo, Jawa Timur yang memanfaatkan peluang di masa pandemi ini dengan membuat kreasi miniatur truk yang kemudian diminati dipasaran.

Untuk mengisi waktu luang ditengah pandemi, sejumlah pelajar di Ponorogo melakukan kegiatan yang produktif.

Dimas Nugroho, bersama dengan lima temannya, usai pembelajaran daring mereka membuat miniatur mobil truk. Hasil karyanya itu, cukup diterima pasar. Terbukti dari banyaknya permintaan dari berbagai daerah di Indonesia.

Agar lebih menarik, Dimas membuat beberapa variasi pada miniatur truk buatannya. Diantaranya dipasang lampu serta plat besi agar truk seolah-olah bisa bergoyang. Mirip truk beneran.Hasil truk mainan karya Dimas dan teman-temannya ini cukup unik dan laku keras di pasaran.

Mainan anak-anak ini dibuat dari papan kayu dan triplek dengan finishing cat warna-warni serta ditempel sticker. Kegiatan ini mereka lakukan usai mengikuti belajar daring.

Dimas mengaku, inisiatif membuat miniatur truk ini datang dari seorang pemilik toko mainan. Lantaran punya banyak waktu luang, kemudian mengajak teman-temannya untuk mencoba membuat miniatur truk.

Permintaan pasar yang tinggi ini, lantaran sedang viralnya di media sosial permainan truk oleng atau truk goyang. “Pemasarannya awalnya lewat online, namun saat ini ada juga yang langsung ke sini,” ujar Dimas.

kini dirinya mampu menghasilkan sebanyak 15 truk oleng dalam sehari. Ia menyebutkan, yang paling lama dan sulit adalah mengerjakan bagian roda yang juga dari kayu.

“Rodanya sendiri itu selesai dalam 5 hari. Habis itu motong kayunya yang memiliki dua ukuran dengan panjang 60 sentimeter dan 75 sentimeter,” paparnya.

Untuk harga, 1 truk kecil tanpa lampu dibanderol harga Rp 100 ribu. Sedangkan 1 truk besar dengan lampu harganya mencapai Rp 150 ribu.

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Bahaya Beli Vaksin COVID-19 di Pasar Gelap

Published

on

By

Bahaya Beli Vaksin COVID-19 di Pasar Gelap

Channel9.id-Jakarta. Perusahaan keamanan siber Kaspersky melaporkan bahwa sejumlah jenis vaksin COVID-19 di jual bebas di pasar gelap internet atau darknet. Adapun vaksin yang dijual di antaranya milik Pfizer/BioNTech, AstraZeneca, dan Moderna. Harga yang dibanderol dimulai dari Rp3,5 juta hingga Rp17,2 juta.

Untuk diketahui, untuk mengakses darknet tak bisa menggunakan koneksi internat biasa. Layanan ini baru bisa diakses dengan software, pengaturan, dan otorisasi khusus. Seringkali dibutuhkan pengaturan protokol komunikasi khusus agar bisa masuk ke darknet.

Kaspersky memeriksa 15 pasar berbeda di darknet, kemudian menemukan iklan dari tiga jenis vaksin itu. Ada pula penjual yang mengiklankan vaksin ‘COVID19’ yang tak terverifikasi.

Peneliti Kaspersky mengingatkan membeli vaksin di darknet berbahaya. “Penting bagi pengguna untuk terus berhati-hati terhadap setiap ‘kesepakatan’ yang terkait dengan pandemi, dan tentu saja, membeli vaksin dari forum Darknet bukan ide yang baik,” kata Dmitry Galov, salah satu pakar keamanan di Kaspersky.

Disebutkan pula bahwa mayoritas penjual berasal dari Prancis, Jerman, Inggris, dan Amerika Serikat. Harga per dosis vaksin dibanderol berkisar antara US$250 atau Rp3,5 juta (kurs Rp14.378) hingga US$1.200 atau Rp17,2 juta dengan biaya rata-rata sekitar US$500 atau Rp7,1 juta.

“Komunikasi dilakukan melalui aplikasi perpesanan terenkripsi seperti Wickr dan Telegram, sementara pembayaran diminta dalam bentuk mata uang kripto, terutama Bitcoin,” terang Galov.

Menurut Kaspersky, saat ini dunia sedang melaksanakan vaksinasi terbesar dan rumit dalam sejarah. Jadi, tak ayal bila momentum ini digunakan para scammers dan penjual di pasar gelap untuk mendapat keuntungan.

Lebih rinci, Kaspersky mengatakan penjual di darknet rata-rata sudah menjual 100 sampai 500 transaksi. Namun, efektivitas vaksin yang dijual tak jelas, demikian pula ketepatan dosisnya. Perihal keasliannya pun dipertanyakan.

“Di sini pengguna juga bisa mendapat ‘sertifikat vaksinasi’, “sebuah potongan kertas yang dapat membantu orang bebas bepergian,” imbuh Galov.

Berangkat dari kekhawatiran itu, Kaspersky mengimbau untuk tak membeli vaksin di darknet. Apabila melihat iklan tentang sesuatu yang berhubungan dengan COVID, disarankan untuk memperhatikan URL situs yang kunjungi. Perhatikan pula tata bahasa dan tata letak di situs yang dikunjungi dan email yang diterima. Jika mencurigakan, jangan pernah mengaksesnya.

“Jika hanya satu huruf yang terlihat tak pada tempatnya, atau jika .com yang biasa telah diganti dengan .com.t atau sesuatu yang serupa dengan itu, bisa jadi itu adalah phishing. Jangan pernah memasukkan informasi pribadi di situs semacam itu,” pungkas Kaspersky.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Bukan Cuma Karena Butuh Makan, Ini Penyebab Kamu Lapar

Published

on

By

Bukan Cuma Karena Butuh Makan, Ini Penyebab Kamu Lapar

Channel9.id-Jakarta. Apakah Kamu tipe orang yang mudah lapar? Kiranya baru selesai makan, tapi tak lama kemudian rasa lapar datang lagi. Padahal umumnya rasa lapar muncul 3 sampai 4 jam setelah makan. Namun, tak demikian bagi orang yang mudah lapar.

Perlu diketahui bahwa munculnya rasa lapar tak selalu berarti Kamu butuh makanan. Ada penyebab lain yang membikin Kamu merasakan sensasi ini. Apalagi jika Kamu belum lama makan. Nah, memangnya apa saja sih penyebab seseorang cepat lapar? Ini penjelasannya.

1. Kebanyakan karbohidrat
Mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi cepat meningkatkan kadar gula darah, namun cepat pula turun. Nah, penurunan kadar gula darah ini yang membikin Kamu cepat lapar. Adapun makanan yang dimaksud seperti nasi, pasta, kue kering, biskuit, dan mie.

2. Kurang protein dan lemak
Alissa mengatakan bahwa protein bisa meningkatkan perasaan kenyang dan efektif menekan nafsu makan. Demikian pula dengan asupan lemak tak jenuh. Karenanya, kekurangan kandungan ini memungkinkan Kamu cepat lapar.

Baca juga : Penyebab “Ngidam” Makan Manis Saat Stres

Sekadar informasi, kebutuhan protein harian orang Indonesia rata-rata 60 gram per hari (Acuan Label Gizi Indonesia). Sementara, asupan lemak yang disarankan bagi orang dewasa ialah 25-35% dari total kalori harian.

3. Dehidrasi
Rasa haus kerap ditafsirkan menjadi rasa lapar. Karenanya, seseorang malah makan, bukannya minum. Menurut juru bicara American Academy of Nutrition and Dietetics Alissa Rumsey, hal ini terjadi karena otak kebingungan.

Untuk itu, saat lapar menyerang padahal Kamu belum lama makan, cobalah minum segelas air dan tunggu 15 – 20 menit untuk mematikan apakah Kamu memang lapar atau sekadar haus. Jika Kamu sudah lapar, artinya memang Kamu kurang cairan.

4. Melewati jam makan
Jika Kamu melewati jam makan dan membiarkan perut kosong dalam waktu lama, produksi hormon pemicu lapar, yakni ghrelin, akan meningkat. Kondisi ini akan meningkatkan nafsu makanmu. Sialnya, saat makan, Kamu cenderung akan makan lebih banyak. Maka dari itu, jangan lewati jam makan dan jangan biarkan perut kosong lebih dari 4-5 jam.

5. Kurang tidur
Kurang tidur akan meningkatkan produksi hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan dan menurunkan hormon leptin yang membikin perasaan kenyang. Nah, kondisi ini tentu membikin Kamu sering lapar. Sebab sejatinya tubuhmu kurang istirahat dan membutuhkan energi dari makanan, utamanya makanan manis.

6. Stres
Produksi hormon stres adrenalin dan kortisol akan meningkat saat sedang tegang. Peningkatan hormon ini mengelabui sistem dalam tubuh, sehingga mengira tubuh sedang diserang dan membutuhkan energi. Kondisi ini akan meningkatkan nafsu makanmu.

Nah, itu dia deretan penyebab Kamu cepat lapar. Semua hal itu bisa diatasi jika Kamu memerhatikan pola makan dan gaya hidupmu.

Pertama, kebutuhan tidur selama 6 sampai 9 jam. Kemudian pilih makanan yang sehat dan tepat, seperti mengonsumsi protein yang cukup, lemak sehat dan perbanyak serat seperti kacang kedelai, buah-buahan dan sayur-sayuran. Ingat, Kamu harus membatasi asupan karbohidrat agar tak cepat lapar.

Terakhir, jika Kamu harus membeli bahan makanan di toko makanan, cobalah untuk lebih teliti dengan membaca label nutrisi makanan sebelum membelinya. Dengan mengetahui informasi ini, Kamu bisa mengontrol asupanmu.

(LH)

Continue Reading

HOT TOPIC