Nasional

Pengamat Pendidikan: Pembelajaran Daring Kurang Efektif untuk Anak TK dan SD

Channel9.id – Jakarta. Pengamat Pendidikan dari Universitas Muhammadiyah Surakarta Harun Joko Prayitno menilai, pembelajaran daring atau online kurang efektif bagi anak-anak jenjang Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) di masa pandemi Covid-19.

“Fungsi pembelajaran online untuk jenjang-jenjang tertentu sangat kurang efektif. Seperti TK dan SD,” kata Harun, Kamis (7/5).

Harun menilai, pembelajaran daring untuk anak, kurang menunjang ke ranah psikomotorik dan kompetensi sosial.

Pembelajaran daring akan lebih mudah untuk jenjang yang lebih tinggi, seperti perguruan tinggi. Lantaran, pembelajaraanya berbasis pengetahuan.

“Jadi pembelajaran daring itu lebih pas untuk wawasan knowing, pengetahuan. Tapi kalau praktik daring digunakan untuk anak TK atau SD tidak bisa,” katanya.

Dalam mengatasi hal tersebut, Harun menyarankan penguatan pendidikan formal dan informal.

“Jadi saya mengusulkan mungkin ada riset penguatan pendidikan formal dan informal. Karena sekarang tanggung jawab pendidikan bukan hanya pendidikan formal,” katanya.

Satu di antara pendidikan informal tersebut adalah parenting. Menurut Harun, dalam metode pembelajaran daring di jenjang SD dan TK, orang tua memiliki peran ganda.

“Orang tua merangkap sebagai guru ketika gurunya tidak ada. Tapi berperan juga sebagai murid, saat mengajari anak ketika dapat tugas dari gurunya,” kata Harun.

(Hendrik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

48  +    =  53