Channel9.id-Jakarta. Facebook akan memfokuskan perusahaannya untuk menargetkan orang dewasa muda. Hal ini disampaikan oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg kepada para investor melalui panggilan telepon, Senin (25/10).
Sebelumnya, mereka membicarakan kekhawatiran Facebook yang mengalami penurunan penggunaan di kalangan remaja dan dewasa muda.
“Banyak layanan kami menjadi yang terbaik bagi kebanyakan orang yang menggunakannya, namun tak khusus untuk orang dewasa muda,” kata Zuckerberg.
Baca juga: Facebook Gugat Pencuri Data 178 Juta Pengguna
Ia ingin perubahan yang nyata. Ia sendiri mengadari bahwa penggunaan Facebook di kalangan pengguna yang lebih tua akan tumbuh lebih lambat daripada yang seharusnya karena perubahan. Untuk itu, ia mengubah fokus perusahaan. “Saya pikir itu pendekatan yang tepat,” imbuhnya.
Zuckerberg memperkirakan perubahan itu akan memakan waktu bertahun-tahun. Adapun yang lebih cepat berubah ialah Instagram. Ia mengatakan perubahan ini begitu signifikan, lebih condong ke video dan menjadikan Reels bagian yang lebih sentral.
Pergeseran ke arah video sangat jelas merupakan respons terhadap TikTok, yang oleh Zuckerberg disebut sebagai “salah satu pesaing paling efektif yang pernah kami hadapi.”
Melihat detailnya sebagian besar dibicarakan, jelas bahwa Facebook memang sudah memikirkan dan merencanakan ini sebelumnya. The Verge melaporkan, berdasarkan dokumen Facebook yang bocor, didapati bahwa perusahaan mengalami penurunan penggunaan. Penurunan ini diprediksi akan terjadi di tahun-tahun mendatang. Dokumen-dokumen tersebut juga menunjukkan ide-ide yang dipertimbangkan Facebook untuk meningkatkan penggunaan di kalangan pengguna yang lebih muda—termasuk grup yang diubah, alat pencarian pekerjaan, dan feed sesuai suasana hati.
(LH)