Connect with us

Lifestyle & Sport

Penyebab Perut Six Pack Tak Kunjung Muncul Meski Sudah Rajin Latihan

Published

on

Penyebab Perut Six Pack Tak Kunjung Muncul Meski Sudah Rajin Latihan

Channel9.id-Jakarta. Banyak orang yang mendambakan perut six pack. Ini karena tonjolan otot di perut tersebut memberi kesan bugar, sehat, bahkan seksi. Jadi tak heran jika ada orang yang berusaha keras melatih otot perut agar mendapat six pack.

Namun, membentuk six pack bukanlah hal mudah. Kamu perlu melatih otot perut ini dengan latihan yang cukup menantang, seperti sit-up, crunch, plank, dan pull-up, secara rutin. Butuh waktu tiga hingga 20 bulan hingga akhirnya six pack tampak. Bahkan setelah terbentuk, Kamu harus terus melatih dan menjaganya. Jika tidak, perut six pack bakal menghilang.

Baca juga: Sudah Banyak Usaha, Kenapa Perut Buncit Tak Kunjung Rata?

Perlu dicatat, sekalipun seseorang melatih otot perut dalam waktu lama, belum tentu bisa mendapatkannya. Di lain sisi, ada pula orang yang bisa mendapatkan six pack dalam waktu yang relatif lebih singkat.

Adapun kecepatan mendapat six pack itu dipengaruhi oleh beragam faktor. Pertama, faktor genetik. Menurut Dr. Jamie Timmons dari Loughborough University, setiap orang punya susunan gen yang berbeda dalam merespon latihan fisik. Artinya, ada gen yang sangat responsif terhadap latihan fisik, di lain sisi ada pula yang kurang atau tidak responsif. Inilah yang memengaruhi pembentukan perut six pack, bahkan ada yang gagal.

Selain faktor genetik, peneliti dari University of New Mexico menemukan bahwa tak semua orang memiliki lipatan tendon yang membagi otot perut itu menjadi enam bagian. Jadi, sebesar apa punusaha mendapatkannya, belum tentu six pack bisa muncul.

Bukan cuma itu. Ada sejumlah faktor lain yang menentukan kesuksesan pembentukan six pack. Beruntungnya, faktor-faktor ini masih bisa diperbaiki. Kamu pun jadi bisa berlatih untuk mendapat perut rata dan six pack yang Kamu inginkan. Berikut ini faktornya.

1. Tak jaga pola makan
Makan secara sembarangan tentunya akan menggagalkan usahamu untuk mendapat perut six pack. Maka dari itu, perhatikan pola makanmu. Jangan makan terlalu sedikit atau terlalu banyak. Lebih baik perbanyak makanan yang mengandung protein dan kurangi asupan kalorimu.

2. Lemak tubuh terlalu tinggi
Selama kadar lemak tubuhmu tinggi, Kamu tidak bisa mendapat six pack atau abs yang terbaik. Untuk menonjolkan abs di perut, Kamu harus pastikan kadar lemakmu berada di sekitar angka 10%.

3. Latihan kurang tepat dan kurang intens
Dengan latihan yang benar, Kamu bisa mendapat abs dalam waktu beberapa bulan. Namun, jika Kamu rak rajin berlatih dan tak memberi variasi pada latihan, Kamu bakal jauh dari perut dambaanmu. Untuk mengantisipsinya, Kamu bisa berlatih rutin dari rumah atau dengan bantuan trainer pribadi.

4. Kurang tidur
Kurang tidur meningkatkan produksi kortisol dalam tubuh. Kortisol ini akan memicu pertumbuhan lemak perut yang bisa menghalangi pembentukan perut six pack. Selain itu, hormon yang dibutuhkan untuk pertumbuhan otot biasanya diproduksi selama tidur. Jadi pastikan untuk tidur cukup yaitu 7 sampai 9 jam semalam.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Gol Semata Wayang Tammy Abraham Antarkan AS Roma Menang Atas Udinese

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tammy Abraham mengantarkan AS Roma meraih kemenangan lewat gol semata wayangnya saat mereka menundukkan Udinese 1-0 dalam laga pekan kelima Liga Italia di Stadion Olimpico, Jumat WIB.

Abraham mencetak golnya pada menit ke-36 dengan sontekan kaki kanan jarak dekat menyelesaikan umpan kiriman Riccardo Calafiori.

Roma seharusnya bisa unggul lebih cepat bila saja bola sundulan Nicolo Zaniolo tak membentur tiang gawang saat laga baru berusia delapan menit.

Di luar gol Abraham dan tandukan Zaniolo yang ditolak tiang gawang, penyelesaian sepertiga akhir tim besutan Jose Mourinho kurang tajam karena hanya dua kali menemui sasaran dari 12 percobaan tembakan sepanjang laga.

Kendati demikian, kerja mereka di lini belakang cukup disiplin termasuk keberhasilan kiper Rui Patricio mementahkan tembakan sudut sempit Gerard Deulofeu pada menit ke-73.

Baca juga: Hasil Conference League: AS Roma Bantai CSKA Sofia

Patricio juga melakukan penyelamatan krusial lain pada menit pertama injury time kala mengantisipasi tendangan jarak jauh Deulofeu yang melesat tajam dan menepisnya ke atas mistar gawang demi mengunci kemenangan Roma.

Sayangnya, kemenangan Roma diwarnai pengusiran gelandang serang Lorenzo Pellegrini yang harus menerima kartu kuning kedua semenit jelang bubaran.

Roma kembali menempati peringkat keempat klasemen dengan raihan 12 poin, setelah sempat disalip Atalanta (10) dua hari lalu.

Sementara Udinese yang gagal menambah raihan tujuh poin turun ke posisi ke-10, digusur oleh Torino, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Di pertandingan selanjutnya pada Minggu nanti, Roma akan melakoni Derbi della Capitale kontra Lazio berstatus tim tandang sedangkan Udinese menjamu Fiorentina di Friuli.

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Barcelona Lawan Cadiz Berakhir Tanpa Gol

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Barcelona ditahan imbang tanpa gol di kandang Cadiz dalam lanjutan La Liga pekan keenam di Estadio Nuevo Mirandilla pada Jumat dini hari WIB.

Tim tamu langsung tampil menyerang sejak awal pertandingan. Barcelona nyaris membuka skor pada menit ke31 lewat sepakan melengkung Memphis Depay, yang masih bisa digagalkan kiper Cadiz Jeremias Ledesma.

Cadiz merapatkan pertahanan mereka dan membuat Barcelona sulit memberikan ancaman berarti hingga turun minum. Kedudukan 0-0 menjadi penutup babak pertama.

Tuan rumah hampir mencetak gol saat babak kedua baru berjalan satu menit melalui tendangan Alvaro Negredo ke pojok atas gawang, tetapi bola masih bisa diselamatkan Marc-Andre ter Stegen.

Barcelona balas mengancam pada menit ke-52 lewat sepakan Depay dari luar kotak penalti, yang masih bisa dipatahkan oleh Ledesma dan mengamankan gawang Cadiz.

Baca juga: Barcelona Ditahan Granada 1-1

Malapetaka menimpa tim tamu saat mereka harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-65 karena Frenkie de Jong mendapat kartu kuning kedua dan diusir wasit usai melanggar Alfonso Espino.

Unggul jumlah pemain, Cadiz berbalik menggempur pertahanan Barcelona.

Pada menit ke-81, Salvi Sanchez mendapat peluang emas saat berhadapan satu lawan satu dengan Ter Stegen. Namun, kiper asal Jerman tersebut masih bisa mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Menjelang berakhirnya laga, Barcelona mendapatkan peluang untuk mencetak gol melalui skema tendangan bebas yang diambil Philippe Coutinho.

Namun, bola tendangan Coutinho melebar dari gawang Cadiz.

Tak lama berselang, giliran Depay yang gagal mengonversi peluang menjadi gol setelah tendangan kaki kanannya dari dalam kotak penalti berakhir di samping gawang.

Kedudukan 0-0 tidak berubah hingga wasit meniup pluit akhir pertandingan. Cadiz dan Barcelona harus puas berbagi angka di laga ini.

Hasil ini membuat Barcelona tertahan di posisi ketujuh dengan raihan 8 poin. Sementara itu, Cadiz berada di urutan ke-14 dengan 8 poin.

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Dua Gol Ciro Alves, Tira Persikabo Raih Kememgan Perdana

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Dua gol dari pemain asal Brazil, Ciro Alves sukses membawa Tira Persikabo mencicipi kemenangan perdananya di Liga 1 Indonesia 2021-2022 dengan menundukkan Barito Putera 3-0 dalam laga di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat.

Selain Ciro, gol Tira Persikabo lainnya dilesakkan oleh Muhammad Dimas Drajad, yang baru masuk ke lapangan pada menit ke-37 menggantikan Ahmad Nufiandani.

Sebelum pertandingan tersebut, Tira Persikabo menorehkan dua hasil seri, kontra Madura United dan Persik, serta menderita kekalahan dari Persebaya.

Baik Barito Putera dan Tira Persikabo sejatinya tampil terbuka sejak pertandingan dimulai.

Kedua tim sempat membuat masing-masing dua peluang berbahaya, tetapi penampilan disiplin dari lini pertahanan mereka membuat gol tak terjadi setidak-tidaknya pada 40 menit awal.

Baca juga: Bali United Bekuk Barito Putera 2-1

Namun, Tira Persikabo membuka skor melalui sepakan penalti Ciro Alves pada menit ke-45. Penalti diberikan wasit setelah bek Barito Putera, Dandi Maulana menyentuh bola dengan tangannya.

Unggul 1-0, Tira Persikabo langsung “tancap gas” usai jeda. Dua menit setelah bola bergulir pada paruh kedua, giliran Muhammad Dimas Drajad yang mencatatkan namanya di papan skor.

Dimas dengan tenang menendang bola hasil operan Roni Sugeng ke pojok kiri bawah kiper Barito Putera, Adhitya Harlan.

Setelah itu, Barito Putera terus berusaha membuat gol tambahan. Akan tetapi, justru Tira Persikabo yang menjauhkan keunggulan pada menit ke-59.

Dimas Drajad kali ini berperan sebagai pengirim “assist” untuk Ciro Alves yang menghadirkan gol keduanya dalam pertandingan tersebut. Total, Ciro Alves sudah membuat tiga gol di Liga 1 Indonesia 2021-2022.

Setelah itu, tidak ada gol lain yang dihasilkan kedua tim. Skor 3-0 untuk kemenangan Tira Persikabo pun tak berubah sampai laga.

HY

Continue Reading

HOT TOPIC