Nasional

Perjalanan Jokowi, Berbelanja Hingga Shalat Jumat di Masjid Agung Baiturrahman Ngawi

Channel9.id – Jakarta.  Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana kembali melakukan kunjungan kerja Kali ini Presiden dan Ibu Negara kunjungan kerja untuk meresmikan proyek Bandara Ngloram di Blora hingga ke Ngawi pada Jumat, 17 Desember 2021.

Seperti biasanya, dalam kunjungan kerja Presiden Jokowi dan Ibu Iriana selalu menyempatkan diri menyapa masyarakat yang ditemui sepanjang perjalan menuju lokasi. Selain juga senantiasa menyempatkan diri menyapa para pelaku ekonomi kecil di gerai atau UKM bahkan tak segan untuk singgah di pasar tradisional.

Begitupun ketika Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menjalankan tugas kenegaraan di Blolra hingga menuju ke Ngawi.

Setibanya di Bandar Udara Ngloram, Kabupaten Blora, Jumat, 17 Desember 2021, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo sempat mengunjungi beberapa gerai usaha kecil menengah (UKM) yang berada di ruang tunggu bandara tersebut.

Presiden Jokowi sempat membeli sebuah jaket custom bermotif Garuda dan khas Blora seharga Rp350.000, sementara Ibu Iriana membeli kain batik khas Blora seharga Rp900.000.

Tentu saja para pedagang di gerai UMKM merasa dikunjungi oleh seorang presiden dan ibu negara. Mereka bangga barang dagangannya dibelu presiden dan ibu negara.

Kristin, salah seorang penjaga gerai mengaku terkejut Presiden mampir ke tokonya dan membeli produk karya UKM Blora.

“Aku deg-degan pol, senang banget, Presiden mau mampir ke Blora walaupun kota kecil,” ucap Kristin.

Setelah meninjau gerai batik, Presiden dan Ibu Iriana kemudian meninjau gerai yang memamerkan pelukis yang menggambar Presiden Jokowi, Ibu Iriana, dan cucu-cucunya. Presiden pun langsung membeli dua lukisan yang dipajang di gerai tersebut.

Setelah melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur,

Presiden tiba di Pendopo Wedya Graha, Kabupaten Ngawi sekitar pukul 11.30 WIB lalu menuju Masjid Agung Baiturrahman yang terletak sekitar 400 meter dari pendopo. Presiden tampak mengendarai mobil golf dengan didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Bupati Ngawi Ony Anwar.

Tiba di Masjid Agung Baiturrahman, Presiden disambut oleh Wakil Bupati Ngawi Dwi Riyanto Jatmiko dan pengurus masjid yang juga bertindak selaku khatib dalam salat Jumat tersebut Dr. Kyai A. Halil Thahir. Adapun yang menjadi imam adalah K.H. Samsudin, sedangkan muazin adalah Ustaz Warsito.

Dalam khotbahnya, khatib menyampaikan soal empat pilar membangun bangsa dan negara menurut Islam. Menurut khatib, keempat pilar tersebut yaitu ulama yang memberikan pencerahan, pemimpin yang adil, orang kaya yang peduli pada fakir miskin, dan rakyat yang mendukung langkah para pemimpin dalam mewujudkan kehidupan damai, tenteram, dan sejahtera.

“Apabila empat elemen masyarakat dan bangsa tersebut bersatu padu, saling melengkapi antara satu dengan yang lain, maka akan terwujud segala kebaikan duniawi dan _ukhrawi_. Kebaikan yang mengantarkan keselamatan dan kedamaian di dunia dan akhirat,” tutur khatib.

Selesai salat Jumat, Presiden kembali menuju pendopo. Di Ngawi, Presiden diagendakan untuk memberikan bantuan tunai bagi pedagang kaki lima dan warung serta meninjau Pasar Besar Ngawi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9  +    =  18