Platform E-Commerce Terfavorit di Indonesia
Techno

Platform E-Commerce Terfavorit di Indonesia

Channel9.id-Jakarta. Sejak pandemi COVID-19, antusiasme masyarakat untuk belanja online kian meningkat. Berangkat dari hal ini, berbagai platfrom e-commerce berlomba dengan melakukan berbagai cara agar mereka dilirik masyarakat.

Perusahaan riset global di Indonesia, Ipsos, memaparkan terkait persaingan di industri e-commerce selama akhir tahun 2021 melalui laporan hasil risetnya.

“Kami menggunakan empat indikator, yaitu: BUMO (Brand Use Most Often), merek/platform mana yang paling sering digunakan; Top of Mind, merek mana yang ada di urutan pertama benak konsumen; penetrasi konsumen, seberapa banyak jumlah penggunaan dalam jumlah transaksi; dan nilai transaksi dalam tiga bulan terakhir,” jelas Andi Sukma, Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia, dikutip Minggu (30/1).

Baca juga: Bank Sentral Perkirakan Pertumbuhan E-Commerce bakal Melonjak 39 Persen

Riset Ipos di Indonesia dilakukan secara online, dengan melibatkan 1000 responden dari usia 18—35 tahun ke atas. Riset ini dilakukan di kota Tier 1 seperti Jakarta dan kota besar lainnya yang menjadi barometer, serta di kota Tier 2 dan Tier 3—yang berpotensi menjadi penopang pertumbuhan Indonesia di masa depan.

Hasilnya, didapati bahwa dari tiga pemain utama e-commerce di Indonesia—yakni Tokopedia, Shopee, dan Lazada, Shopee ada di peringkat pertama berdasarkan penilaian empat indikator yang sudah disebutkan tadi.

Secara rinci, berdasarkan indikator BUMO, 54% responden memilih Shopee, disusul dengan Tokopedia (30%) dan Lazada (13%). Kemudian dari indikator Top of Mind, Shopee menduduki peringkat pertama 54%, diikuti oleh Tokopedia (27%) dan Lazada (12%). Ini menunjukkan bahwa Shopee adalah platform e-commerce yang paling diingat oleh mayoritas konsumen Indonesia.

Selanjutnya, berdasarkan indikator pangsa pasar jumlah transaksi (share of order), Shopee mencatat pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi dalam tiga bulan transaksi, yakni 41%, diikuti oleh Tokopedia (34%) dan Lazada (16%). Adapun indikator pangsa pasar nilai transaksi, Shopee mencatatkan pangsa pasar nilai transaksi terbesar, yaitu 40%. Lalu disusul oleh Tokopedia (30%) dan Lazada (16%).

Selain itu, hasil riset Ipsos juga menemukan kalau pengguna ecommerce mayoritas menggunakan ponsel ataupun tablet untuk mengakses aplikasi e-commerce, yaitu sebanyak 98%. Sementara yang mengakses melalui website lewat PC ataupun ponsel hanya 10%.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

57  +    =  61