Hot Topic Nasional

Polri Siapkan Jalan Alternatif Saat Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek

Channel9.id – Jakarta. Polri meminta masyarakat tidak memaksa melewati Tol Jakarta-Cikampek (Japek) saat aturan contraflow arah Jakarta diberlakukan guna mengurangi kepadatan kendaraan. Polisi sudah menyiapkan sejumlah jalur alternatif bagi masyarakat yang hendak meninggalkan Jakarta.

“Jadi kalau misal dia menuju ke Bandung sudah kami sosialisasikan ke masyarakat jangan memaksakan diri lewat Japek. Karena pada saatnya misalnya tiba-tiba kemudian memaksa kami harus melakukan cara penindakan rekayasa contraflow misalnya,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Tol Japek tepatnya di Pospam Km 3+500, Minggu 8 Mei 2022.

Sambodo menyebut masyarakat yang hendak keluar Jakarta dapat menggunakan jalur alternatif kawasan Puncak, Bogor. Selain itu, jalur alternatif yang dapat digunakan ialah jalur arah Sukabumi.

Baca juga: Arus Kendaraan Dari Tol Japek ke Gerbang Halim Terpantau Normal

“Kalau nggak mau lewat Puncak, bisa lewat Sukabumi nanti Cianjur atau lewat ke Jonggol, Cibubur-Cileungsi-Jonggol itu juga bisa tembus ke Bandung,” jelas Sambodo.

Langkah tersebut dinilai Sambodo dapat mengurangi tingkat kemacetan yang terjadi di jalur arteri Bekasi. “Sehingga ini bisa sedikit memecah karena kalau semuanya bertumpu ke arteri Bekasi Kota, Bekasi Kabupaten, Karawang. Baru nanti di Purwakarta tentu nanti akan bergabung dengan kendaraan yang dialihkan dari dalam tol ke arteri,” sambungnya.

Skema lainnya, Sambodo menyebut pihaknya akan menutup GT Wiyono dan GT Jatiasih. Langkah itu diterangkan Sambodo untuk mencegah kemacetan di area dalam Kota Bekasi.

“Kemarin juga banyak yang milih lewat Jatiasih, tapi karena di JORR kita tutup mau nggak mau dia keluar di Pondok Kelapa, Bintara dan Bekasi nah nanti akhirnya masuk juga ke arteri Bekasi Kota. Sehingga itu juga nambah kepadatan di Bekasi Kota,” ucapnya.

Sebelumnya, sejumlah titik di Tol Jakarta-Cikampek kerap mengalami kemacetan saat arus balik Lebaran 2022. Polisi mewanti-wanti pemudik guna menghindari waktu rawan terjadinya kemacetan.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mencatat kepadatan kendaraan bisa terjadi siang menjelang sore hari. Pemudik yang berangkat dari arah timur menuju Jakarta dapat menghindari waktu rawan macet, yakni pukul 14.00 WIB dan 16.00 WIB.

“Kalau berangkat pagi, Subuh, pukul 06.00 WIB dari Semarang itu kira-kira sampe sini siang nah itu pukul 14.00 WIB dan pukul 16.00 WIB itu kemacetan peningkatan arus terasa,” ujar Sambodo di Tol Jakarta-Cikampek tepatnya di Pospam Km 3+500, Minggu 8 Mei 2022.

Selain itu, Sambodo menyebut kepadatan kendaraan juga terjadi saat malam hari tepatnya pukul 24.00 WIB dan 01.00 WIB. Pihaknya disiagakan di sejumlah titik guna mengawal arus balik Lebaran.

“Kalau berangkatnya sore atau malam, biasanya mereka itu sampai tadi malam misalnya peningkatan volume itu di pukul 24.00 WIB atau pukul 01.00 WIB ada di Km 28, jadi di antara yang mau masuk contraflow,” jelas Sambodo.

HY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

8  +  2  =