Connect with us

Nasional

PPKM Darurat, Polda Jateng Sebut Mobilitas Warga Menurun Hingga 35 Persen

Published

on

Channel9.id – Jakarta. Polda Jawa Tengah menyampaikan, penyekatan selama PPKM Darurat mengurangi mobilitas warga hingga 35 persen.

“Mobilitas masyarakat dengan penyekatan dan pengendalian mobilitas kurang lebih 35 persen terjadi pengurangan, baik siang maupun malam,” kata Inspektur Pengawasan Daerah Polda Jateng Kombes Mashudi, Rabu 21 Juli 2021.

Meski belum ideal, capaian ini cukup menyumbang penurunan kasus aktif Covid-19 di sejumlah daerah di Jawa Tengah.

“Kalau idealnya itu 50 persen untuk menurunkan secara signifikan penyebaran Covid-19, tapi kan dengan 30 persen saja sudah terjadi penurunan,” kata Mashudi.

Mashudi menyampaikan, penyekatan tetap dilakukan di masa perpanjangan PPKM hingga 25 Juli 2021.

“Intinya adalah pembatasan kegiatan masyarakat dan pengendalian mobilitas masyarakat. Walaupun ada beberapa relaksasi. Artinya ada beberapa yang dikendorkan, misalnya sektor perdagangan, pasar dan lainnya. Itu dibolehkan buka dengan catatan protokol kesehatan tetap diperketat,” kata Mashudi.

Adapun untuk jumlah anggota polisi yang diterjunkan masih sama dengan PPKM Darurat, yakni sekitar 5.200 personil dari seluruh jajaran dan diperkuat dengan satuan Samapta, Brimob dan satuan lainnya.

“Kami menyelenggarakan namanya Operasi Aman Nusa 2, kurang lebih sebanyak 5.200 personil. Itu masih diperkuat Samapta, Brimob dan lain untuk memback-up wilayah yang sempat booming kenaikan kasusnya, seperti Klaten, Surakarta, Kudus, dan Jepara,” ujar Mashudi.

HY

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

Ribuan Keluarga di Banyuwangi Mulai Terima BST Kemensos

Published

on

By

Ribuan Keluarga di Banyuwangi Mulai Terima BST Kemensos

Channel9.id-Banyuwangi. Terdampak pandemi Covid-19 dan pelaksanaan PPKM Darurat, Hari ini ribuan warga Banyuwangi mulai menerima berbagai macam bantuan sosial (bansos).

Bantuan yang diterima masyarakat tersebut mulai paket sembako hingga uang tunai. Salah satunya Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, penyaluran BST ini ditinjau langsung oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

“Semoga bantuan ini dapat meringankan beban warga akibat pandemi covid-19, terutama selama masa PPKM Darurat ini,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Sabtu (24/7/21).

Di Banyuwangi, terdapat 48.965 keluarga penerima manfaat (KPM) BST. Setiap KPM menerima Rp 600 ribu untuk pencairan Mei dan Juni 2021. Bantuan tersebut disalurkan PT Pos langsung kepada warga.

“Alhamdulillah, ada tambahan penerima untuk Banyuwangi. Di tahap sebelumnya hanya 45.633 penerima, kali ini ada penambahan jumlah penerima, sehingga jumlahnya menjadi 48.965 orang. Ada tambahan lebih dari 3.000 warga. Terima kasih Menteri Sosial Ibu Tri Rismaharini,” terang Ipuk.

Selain BST, pada hari ini juga diserahkan bantuan pangan non tunai yang menyasar 100.494 keluarga di Banyuwangi.

Bantuan ini diberikan sekaligus untuk tiga bulan sebesar Rp 600 ribu berbentuk bahan pangan. Ada banyak komoditas pangan yang diberikan, meliputi daging, telur, beras, kacang hingga buah-buahan.

Ipuk menambahkan, selain BST, juga ada skema bansos lainnya yaitu bansos beras yang telah disalurkan ke 119.000 KPM, Program Keluarga Harapan (PKH) dengan penerima lebih dari 62.000 KPM, dan BLT Dana Desa 22.015 KPM.

Tahun ini, Banyuwangi juga mengawal pencairan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) untuk 54.213 usaha mikro di mana masing-masing menerima Rp1,2 juta.

Selain itu, ada bantuan dari APBD Banyuwangi berupa uang tunai Rp300.000 per orang yang ditargetkan menjangkau ribuan PKL/pedagang kecil. Untuk listrik, terdapat lebih dari 245.000 pelanggan di Banyuwangi menerima subsidi, yaitu pelanggan 450 va dan 900 va.

Kepala PT POS Indonesia Banyuwangi, Vicky Vidianto mengatakan, untuk menghindari kerumunan, pembagian bansos tunai ini difokuskan lebih mikro, yaitu di tiap dusun.

“Kami batasi 30 orang setiap 30 menit. Bahkan, di kawasan padat, akan dibagikan hingga ke level RT,” kata Vicky.

PT Pos Banyuwangi awalnya telah menyiapkan 15 tim untuk pencairan BST tersebut. Namun, akan ditambah pada hari Minggu sehingga bisa mencapai 30 tim.

“Kami juga mensyaratkan juru bayar dari PT. Pos telah menerima vaksin, untuk menjaga kesehatan semua. Kami targetkan akhir Juli semua warga telah menerima bansos ini,” imbuhnya.

Continue Reading

Nasional

Khofifah Ajak Warga Jatim Segera Akses Tempat Vaksin Terdekat

Published

on

By

Khofifah Ajak Warga Jatim Segera Akses Tempat Vaksin Terdekat

Channel9.id-Sidoarjo. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdan V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, dan Pangkoarmada II Laksamana Muda Iwan Isnurwanto hari ini meninjau kegiatan vaksinasi untuk pekerja di PT Integra Indocabinet, Sidoarjo.

Pada kesempatan ini Khofifah mengajak masyarakat untuk segera mengakses tempat vaksin terdekat. Agar masyarakat atau pekerja mendapatkan perlindungan dari risiko terpapar COVID-19.

“Kami mengharapkan masyarakat, segera akses tempat vaksin terdekat, agar mendapatkan perlindungan dari risiko terpapar COVID-19,” kata Khofifah di PT Integra Indocabinet Sidoarjo, Sabtu (24/7/21).

Jadi basis sekolah kita maksimalkan, basis perusahaan kita maksimalkan, dan basis perguruan tinggi. Harapannya adalah seluruh segmen ini akan saling menjadi penguatan bagaimana bisa segera kita wujudkan.

“Harapannya adalah, seluruh segmen ini akan saling menjadi penguatan, bagaimana herd immunity bisa segera kita wujudkan,” jelas Khofifah.

Khofifah juga mengatakan, peran serta Jurnalis menjadi sangat penting untuk terus menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat.

Seperti diketahui vaksinasi sektor pekerja ini mendapat dukungan penuh dari BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK. Vaksinasi yang bertujuan untuk mendukung percepatan pembentukkan herd immunity ini, sebagai salah satu upaya menanggulangi COVID-19.

Deputi Direktur Wilayah BPJAMSOSTEK Jawa Timur Deny Yusyulian mengungkapkan, untuk mempercepat pembentukan herd immunity, dibutuhkan 70 persen dari penduduk Indonesia yang telah mendapatkan vaksin.

“Oleh karena itu saya mengimbau kepada seluruh peserta BPJAMSOSTEK untuk memanfaatkan fasilitas vaksin gratis ini agar herd immunity dapat segera terbentuk sehingga perekonomian nasional dapat segera bangkit,” kata Deny.

Deny juga menjelaskan perekonomian digerakkan oleh pekerja. Mereka yang melakukan aktivitas produktif menciptakan nilai tambah atau output di perekonomian. Untuk itu pekerja harus mendapatkan prioritas vaksinasi, demikian juga dengan masyarakat.

“Program ini sebagai salah satu upaya pemerintah dalam melindungi kesehatan para pekerja atau buruh, sehingga dapat bekerja dengan baik, semoga dengan semakin banyaknya masyarakat pekerja yang sudah mendapatkan vaksin, angka penyebaran COVID-19 bisa ditekan, sehingga produktivitas pekerja dapat kembali normal dan ekonomi nasional bisa segera pulih” jelas Deny.

Continue Reading

Hot Topic

Kasus Covid-19 Bertambah 45.416, Pasien Sembuh Meningkat

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Indonesia mencatat penambahan kasus harian Covid-19 sebanyak sebanyak 45.416 orang pada Sabtu (24/07). Dengan penambahan itu, total kasus Covid-19 yang ada di Tanah Air  mencapai 3.127.826 orang kasus positif baru sejak ditemukan kasus pertama pada 2 Maret 2020.

Sementara itu, pasien sembuh dari virus corona terus meningkat. Tercatat 39.767 pasien yang dinyatakan sembuh dari Corona hari ini. Angka kesembuhan pasien Covid-19 lebih tinggi dari sebelumnya yakni 38.988, Jumat (23/07). Total pasien Corona yang dinyatakan sembuh hingga saat ini berjumlah 2.431.911 orang.

Baca juga: Tambah 1.566, Kasus Kematian COvid-19 Terus Meninggi

Di sisi lain, angka kematian pasien Covid-19 bertambah 1.415 orang.  Dengan penambahan itu, maka angka kematian akibat virus Corona total berjumlah 80.598 orang. Angka ini turun dari kemarin, Jumat (23/07) yang berjumlah 1.566 orang.

Adapun kasus aktif saat ini mencapai 574.135. Kasus aktif adalah pasien Covid-19 yang sedang menjalani perawatan. Jumlah kasus aktif didapatkan dengan mengurangi kasus positif dengan angka kesembuhan dan kematian.

Continue Reading

HOT TOPIC