Nasional

PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi Gelar Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan ke-III

Channel9.id – Bukittinggi. Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Regional Bukittingi menggelar Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan ke-III. Agenda ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap bagi Pejabat Administrator. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta dapat melaksanakan tugas jabatan secara operasional dengan dilandasi kepribadian etika Pegawai Negeri Sipil (PNS) sesuai dengan kebutuhan instansi.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri Sugeng Hariyono mengatakan, pelatihan kepemimpinan penting dilakukan. Hal ini dalam rangka membentuk pemimpin agar mampu mencapai target/visi organisasi, walaupun memiliki keterbatasan dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM), anggaran, waktu, dan aspek lainnya.

“Kepemimpinan menjadi hal yang sangat penting dan menentukan dalam pencapaian tujuan organisasi. Kemampuan untuk mengarahkan dan mengatur SDM Aparatur, serta mengelola potensi untuk mencapai tujuan organisasi seyogianya perlu terus diasah dan dikembangkan yang salah satunya melalui pelatihan kepemimpinan,” katanya secara virtual di Jakarta, Senin 9 Mei 2022.

Dengan adanya pelatihan yang berlangsung dari tanggal 9 Mei hingga 15 September 2022 ini, lanjut Sugeng, para peserta dapat membangun karakter dan sikap perilaku kepemimpinan Pancasila yang berintegritas dan menjunjung tinggi etika birokrasi yang berwawasan kebangsaan. Selain itu, para peserta dapat bertanggung jawab dalam memimpin seluruh kegiatan pelayanan publik di unit instansi sebagai bentuk kemampuan kepemimpinan Pancasila dan nasionalisme.

Sugeng mengingatkan, keterampilan seorang pemimpin perlu didukung melalui berbagai aspek tidak hanya secara kognitif, tapi juga memperhatikan aspek afeksi dan psikomotorik. Ini untuk mendukung pembuatan rencana kerja atau pengelolaan anggaran agar mampu menyelesaikan tugas dan mencapai visi organisasi.

Adapun pelaksanaan pelatihan tersebut menghadirkan narasumber yang kompeten dengan partisipasi peserta dari pemerintah daerah sebanyak 40 orang. Para peserta berasal dari Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Siak, Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu, dan Kabupaten Dharmasraya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1  +  6  =