Internasional

Putra Mantan Diktator Filipina Menang Dalam Pemilu Presiden

Channel9.id-Jakarta. Putra dari mantan pemimpin dictator Filipina, Ferdinand Marcos, bersumpah kalau ia akan memimpin dengan benar demi rakyatnya setelah ia memenangkan pemilu Filipina, Rabu (11/5/2022). Dalam seruannya itu, ia juga meminta khalayak dunia untuk tidak menilainya karena masa lalu keluarganya, tapi dari bagaimana ia memimpin nanti.

Ferdinand Marcos Jr, atau yang lebih akrab dikenal sebagai “Bongbong”, menjadi kandidat pertama dalam sejarah Filipina yang menang secara cukup meyakinkan dalam Pemilihan Umum Presiden Filipina, mengejutkan banyak orang atas kembalinya pemimpin dari keluarga yang dicela oleh sebagian besar rakyat Filipina.

“Jangan nilai saya karena keluarga saya, nilai saya karena aksi saya,” ujar Marcos kepada dunia menurut pernyataan dari juru bicaranya, Vic Rodriguez.

Sebelumnya pada tahun 1986, Marcos pergi mengasingkan diri ke Hawaii dengan keluarganya setelah terjadi demo besar-besaran yang mengakhiri 20 tahun kekuasaan otokratis ayahnya. Kemudian, semenjak kembalinya ia ke Filipina pada tahun 1991, ia bekerja di kongres dan senat Filipina.

Kemenangan Marcos dalam pemilu ini semakin pasti dengan total 98% surat suara yang sah, menurut perhitungan cepat ia mendapat dukungan dari sekitar 31 juta suara, dua kali lipat dari saingan terdekatnya, Wakil Presiden Leni Robredo.

Hasil resmi pemilu Filipina akan diumumkan pada akhir bulan Mei.

“Ini adalah kemenangan untuk seluruh rakyat Filipina dan untuk demokrasi,” ujar juru bicaranya, Rodriguez.

(RAG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  +  7  =  10