Nasional

Rakor Program Pusat dan Pemda, APDESI Dukung 8 Agenda Prioritas PJ Bahtiar

Channel9.id-Mamuju. Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KemendesPDTT), Pemprov Sulbar dan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) menggelar Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Pusat dan Daerah di Mamuju, Kamis (4/7/2024).

Rakor ini dihadiri Muhammad Asri Anas selaku Ketua Umum DPP Apdesi. Hadir secara virtual sekaligus pemateri dari Direktur Jenderal (Dirjen) Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa PDTT dan Direktur Kelembagaan desa dari Kemendagri.

Selain itu hadir pula ratusan pemerintah desa yang tergabung dalam APDESI serta menyatakan dukungan terhadap delapan agenda prioritas PJ Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin.

Delapan agenda prioritas diantaranya: Menyukseskan Penyelanggaraan Pilkada Serentak 2024. LUBER JURDIL, Aman Dan Damai. Penanganan Gizi Buruk, Stunting. Dan Kemiskinan Ekstrem. Pengendalian Inflasi Dan Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Yang Inklusif, Peningkatan Investasi, Hilirisasi dan bangun Ekosistem ekonomi hijau dan biru,  Kedaulatan Dan Ketahanan Pangan, Membangun Konektivitas Dengan IKN Dan Wilayah Strategisnya, Sinergi Program pusat dan daerah, dan Menjaga Stabitas Sosial Politik, Keamanan, Dan Ketertiban Umum.

Kepala Desa Kulu Kecamatan Lariang-Pasangkayu Muliadi  mengatakan agenda PJ Gubernur seperti mendorong gerakan menanam pohon dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dinilai positif. “Kita perlu mencari komoditi lagi yang lebih bagus, seperti durian,” kata Muliadi.

Sementara  itu, Pemdes Ralleana Kabupaten Mamasa Abdul Rahman Tona menilai program penghijauan yang terus digencarkan PJ Gubernur perlu ditindaklanjuti terus menerus. Terutama di Mamasa, sebab diketahui Mamasa termasuk daerah rawan longsor.

“Program Pj Gubernur perhijuaan, kami sosiasi desa sangat mengapresiasi dan ini positif. Semoga dapat ditindaklanjuti secara umum, khususnya gubernur dimasa yang akan datang supaya penghijauan itu  bisa dilestarikan trus menerus,” ungkapnya.

PJ Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin mengatakan, sebetulnya 8 agenda prioritas itu bukanlah hal baru, melainkan program yang susah ada namun dibuat lebih sistematis.

“Saya mengabstraksikan, struktur, mesistemasikan agar dimudahkan memahami apa yang harus dikerjakan pemerintahan hari ini. Kurang lebih 8 prioritas itu lah. Supaya Kita fokus,” kata Bahtiar.

Bahtiar menjelaskan, dia hanya akan memimpin Sulbar dalam beberapa bulan, dengan waktu terbatas, sumber daya terbatas dan keuangan terbatas sehingga menurutnya peran kepala desa sangat penting melakukan akselerasi dari delapan agenda tersebut.

Bahtiar menjelaskan, soal gerakan menanam pohon sebetulnya adalah upaya mengantisipasi kerusakan alam dan krisis pangan kedepan.

Sementara Ketua Umum Apdesi Muhammad Asri Anas mengatakan siap mendukung program PJ Gubernur Sulbar Bahtiar. Termasuk dengan upaya pemanfaatan KUR mendorong usaha di setiap desa. Hal ini menurut Asri sangat mendukung pertumbuhan perekonomian di desa.

Baca juga: Antisipasi Krisis Pangan, Pj Gubernur Bahtiar dan Kapolda Sulbar Tanam Pohon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

59  +    =  61