Sering Pakai Headset? Harus Lakukan Ini Nih, Supaya Telinga Tetap Sehat
Lifestyle & Sport

Sering Pakai Headset? Harus Lakukan Ini Nih, Supaya Telinga Tetap Sehat

Channel9.id-Jakarta. Bagi sejumlah orang, kembali bekerja artinya kembali menggempur telinga dengan mendengarkan musik melalui headset. Bagaimana tidak? Sebab selama bekerja selalu saja ada hal yang mendistraksi, misalnya teman sebelah yang suka mengajak ngobrol dan suara bising apa pun. Adapun dengan menggunakan headset, Kamu cenderung fokus pada apa yang Kamu kerjakan.

Ya, barang tentu menggunakan headset jadi rutinitas yang tak bisa Kamu lewatkan; yang wajib. Namun, penggunaannya dalam jangka panjang meningkatkan risiko masalah kesehatan pendengaran, lo. Salah satunya yaitu infeksi telinga, yang kerap terjadi karena kebersihan headset tak dijaga. Perlu Kamu ketahui, headset menjadi tempat berkembang biak bagi ratusan ribu bakteri, dan bakteri ini bisa berpindah ke telinga dan menyebabkan infeksi.

Meski begitu, infeksi telinga karena penggunaan headset sebetulnya bisa dicegah nih. Kunci pencegahannya adalah merawat dan menjaga kesehatan telinga, serta menjaga kebersihan headset dengan tepat. Untuk lebih rincinya, mari simak pembahasan berikut ini.

1. Bersihkan telinga secara rutin
Seiring berjalannya waktu, kotoran telinga bisa bertambah dan akan keluar dengan sendirinya. Namun, penggunaan headset justru akan menghambat proses pengeluaran kotoran telinga. Nah, hal ini bisa membikin kotoran semakin menumpuk dan memicu infeksi.

Maka dari itu, untuk mencegah hal itu terjadi, sebaiknya bersihkan telinga secara rutin. Coba bersihkan bagian luar telinga dengan cotton bud atau lap basah, setelah dibaluri obat tetes atau baby oil. Ingat, jangan memasukkan cotton bud ke dalam telinga karena bisa mendorong kotoran masuk lebih dalam.

2. Batasi penggunaan headset
Penggunaan headset yang terlalu lama bisa meningkatkan risiko infeksi telinga. Apalagi jika menggunakan volume yang terlalu keras. Kebiasaan ini bisa merusak pendengaran secara permanen. Untuk mencegah masalah ini, coba terapkan kaidah 60 persen/60 menit, yang artinya volume tak melebih 60% dan batasi hanya selama 60 menit.

3. Rutin bersihkan headset
Selain menjaga kebersihan telinga, Kamu pun harus membersihkan headset untuk mencegah perkembangbiakan bakteri pada headset. Untuk membersihkannya, Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan berupa air hangat yang telah ditetesi sabun cuci, sikat gigi baru yang belum dipakai, dan lap kering.

Jika Kamu menggunakan headset dengan silikon, lepaskan silikon terlebih dulu dan rendam silikon tersebut di air sabun selama beberapa menit. Lalu angkat dan keringkan dengan lap kering. Sementara itu, jika headset-mu tanpa silikon, Kamu bisa langsung bersihkan headset yang tak boleh terkena air dengan sikat gigi.

4. Taruh di tempat bersih dan jangan dipinjamkan
Kamu mungkin menaruh headset secara serampangan dan mungkin pernah meminjamkan headset kepada orang lain. Untuk mencegah masalah pendengaran, sebaiknya hindari kebiasaan ini. Pasalnya, ini bisa mempermudah perpindahan bakteri dari telinga orang lain, headset, dan lingkungan sekitar ke telingamu. Jadi, sebisa mungkin taruhlah headset di tempat bersih dan jangan dipinjamkan ke orang lain.

Nah, itu dia kiat-kiat supaya telingamu tetap sehat meski sering menggunakan headset. Jangan diabaikan, jadi coba terapkan ya!

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8  +    =  15