Tren Belanja Online di Indonesia Sepanjang 2021
Lifestyle & Sport

Tren Belanja Online di Indonesia Sepanjang 2021

Channel9.id-Jakarta. Saat ini, belanja secara online menjadi cara yang efektif dan mudah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Berangkat dari tren ini, di akhir 2021, Tokopedia membeberkan hal menarik terkait kebiasaan belanja online itu. Terutama di wilayah Indonesia bagian barat, tengah, dan timur.

“Kami mencatat adanya peningkatan transaksi hampir 1,5x lipat, khususnya di wilayah Indonesia bagian barat, tengah, timur selama menjelang akhir tahun 2021 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya,” kata External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, dikutip pada Selasa (28/12).

Adapun tren belanja online tersebut juga didorong oleh berbagai inisiatif yang telah diluncurkan oleh Tokopedia. Salah satunya adalah inisiatif Hyperlocal dan serangkaian turunan programnya.

Perihal Hyperlocal, ini disesuaikan dengan kebutuhan setiap daerah. Adapun inisiatif ini bisa mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat agar masyarakat lebih efisien saat berbelanja. Ini juga memberi kesempatan yang sama kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia agar tumbuh.

Kemudian di akhir 2021 ini, jumlah penjual di Tokopedia pada Indonesia bagian Barat mengalami peningkatan hampir 1,5 kali lipat. Sedangkan pada Indonesia wilayah Tengah juga terjadi peningkatan penjual di Tokopedia hampir 1,5 kali lipat di 2021 dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Lalu di wilayah Indonesia bagian Timur terjadi peningkatan pengusaha di Tokopedia sebanyak hampir 2 kali lipat di akhir tahun ini.

Pada ketiga wilayah Indonesia tersebut, kategori Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Diri, Makanan dan Minuman, serta Elektronik menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia, menjelang akhir 2021.

“Tokopedia ke depannya akan terus berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa dalam membantu masyarakat beradaptasi menghadapi perkembangan era melalui teknologi. Kami akan terus berusaha untuk berkolaborasi dengan para mitra strategis demi menciptakan inovasi terbaik,” tutur Ekhel.

(LH)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1  +  7  =