Connect with us

video

(Video) Haul 11 Gus Dur, Bedah Buku Menjerat Gus Dur

Published

on

bedah buku gusdur

Channel9.id-Jakarta. PC GP Ansor Kota Tegal menyelenggarakan Bedah Buku ‘Menjerat Gusdur’ di Gedung NU Kota Tegal, Rabu (16  Desember 2020) malam. Bedah Buku yang dipandu Gus Firman Hadi menghadirkan penulisnya langsung, Virdika Rizki Utama, dengan pembedah Edy Budiyarso, penulis buku ‘Melawan Skenario Makar: Tragedi 8 Perwira Menengah Polri di Balik Kejatuhan Gus Dur’

Bedah Buku dihadiri Ketua PCNU Kota Tegal Abdal Hakim Tohari, Sekretaris PCNU Kota Tegal Muslih Dahlan, Ketua Komisi II DPRD Kota Tegal Anshori Faqih, Sekretaris Pemuda Pancasila Kota Tegal Gus Firdaus Muhtadi, Ketua Majelis Muhammadi NU Lutfi AN, Ketua Lakpesdam NU Kabupaten Tegal Syamsul Falah, PP Rijalul Ansor Gus Faqih.

Lihat juga : (Video) Pemerintah Resmi Bubarkan FPI

Kemudian Badan Otonom NU Kota Tegal, Pemuda Katolik, serta tokoh dan berbagai kalangan yang mengagumi Gus Dur lainnya. Buku ‘Menjerat Gus Dur’ yang ditulis setebal 376 halaman terbilang merupakan buku yang cukup berani, karena mengungkap rencana penggulingan Gus Dur, termasuk dugaan keterlibatan elit-elit politik Jakarta dalam rencana tersebut.

Proses penulisan buku tersebut pun cukup panjang, berawal dari ketidaksengajaan Virdika Rizky Utama menemukan dokumen yang ternyata bersifat rahasia saat menjalani liputan. Penemuan tersebut ditindak lanjuti Virdika dengan melakukan validasi dan riset. Risiko menghampiri Virdika, ketika suatu ketika ada beberapa orang mendatangi rumahnya untuk menanyakan dokumen tersebut.

Kepada peserta Bedah Buku yang hadir, Virdika menyampaikan menulis buku ‘Menjerat Gus Dur’ sebagai bentuk tanggung jawab intelektual, sosial, dan moral sebagai Sarjana Jurusan Sejarah. Virdi ingin menelusuri sejarah pelengseran Gus Dur, bukan karena kedekatan emosional dengan NU, namun sebagai upaya pelurusan sejarah pelengseran Gus Dur.

“Dari pelusuran sejarah ini, yang paling penting saya pikir adalah pewarisan ingatan,” kata Virdi yang selain merupakan seorang jurnalis juga peneliti.

Edy Budiyarso mengatakan telah berdiskusi dengan Virdika dua tahun lalu saat Virdika memegang naskah terkait intrik yang menjerat Gus Dur. Edy ketika itu berpesan agar dokumen tersebut disimpan dan diamankan. “Saya dekat sekali dengan peristiwa ini. 2001 saya masih menjadi wartawan Tempo. Nama-nama itu cukup familiar, pernah menjadi narasumber saya,” tutur Edy.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

video

(Video) Jokowi Penerima Vaksin Pertama

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan rasa terima kasih kepada sejumlah pihak dari pengusaha hingga buruh yang bersedia mengikuti vaksinasi covid-19 gelombang pertama bersama dirinya pada Rabu (13/1). Vaksinasi tersebut dilakukan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

“Bapak Ibu dan saudara semuanya, saya baru saya tadi bersama dengan perwakilan dari bidang kesehatan, pedagang pasar, perwakilan pengusaha, buruh terima kasih telah bersama saya tadi divaksin,” ucap Jokowi.

Lihat juga : (Video) Jokowi: Duka Cita Mendalam Atas Jatuhnya Sriwijaya SJ 182

Jokowi menyatakan pemerintah akan langsung melakukan vaksinasi di seluruh provinsi dan kabupaten/kota setelah proses vaksinasi perdana hari ini. Menurutnya, vaksinasi penting dilakukan untuk memutus mata rantai penularan virus covid-19.

“Vaksin covid-19 penting dilakukan dan memberikan perlindungan kesehatan, keselamatan, dan keamanan bagi semua masyarakat,” tutur Jokowi.

Kendati sudah ada vaksin, Jokowi mengingatkan agar masyarakat tetap melakukan protokol kesehatan dengan ketat. Protokol tersebut, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.

“Tak lupa Jokowi mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Prof. dr Abdul Mutolib yang telah menyuntikkan Vaksin Terhadap Saya,” tutur Jokowi.

Continue Reading

video

(Video) Mensos Risma Akan Bantu Keluarga Korban Sriwijaya Air

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Menteri Sosial Tri Rismaharini menyambangi posko Crisis Center Sriwijaya Air SJ 182 di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta, Senin (11/1/2021). Di sana, ia memastikan akan memberikan pendampingan psikoterapi kepada keluarga korban.

“Kemensos siap membantu, saat ink posko pendampingan ada di Bandara Soekarno-Hatta, Hotel Mercure, Tanjung Priok, dan RS Polri Jakarta Timur,” kata Risma di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta.

Pasalnya, pihaknya telah menyiapkan kendaraan ambulans untuk mengangkut keluarga korban.

Ia mengaku, akan menjadi penghubung antara pihak keluarga dengan pemerintah daerah yang menjadi asal korban Sriwijaya Air.

Risma mengatakan kalau Kemensos pun sudah berkoordinasi dengan Jasa Raharja terkait asuransi kepada para penumpang Sriwijaya Air SJ182.

“Terdata ada 24 kota dan kabupaten yang jadi domisili para korban. Setahu saya asuransi ada satu dari Boeing. Nah misalkan ternyata harus ke pengadilan, Kemensos siap membantu,” jelas Risma.

Kendati demikian, ia tidak mengetahui soal nominal yang akan diberikan kepada kelyarga korban dari Jasa Raharja, maupun maskapai Sriwijaya Air dan Boeing.

“Bukan ranah kita ya itu, hanya menjadi penghubung karena bukan tidak mungkin. Ahli waris meminta menghubungkan ke pihak bank. Kami yang akan menghubungkan dengan perbankan,” kata Risma.

Continue Reading

video

(Video) Jokowi: Duka Cita Mendalam Atas Jatuhnya Sriwijaya SJ 182

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Kemarin sore dan tadi malam saya telah mendapatkan laporan dari Menteri Perhubungan mengenai musibah jatuhnya Pesawat Sriwijaya dengan kode penerbangan SJ 182, rute penerbangan dari Jakarta menuju ke Pontianak, di area Kepulauan Seribu.

Saya atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia menyampaikan dukacita yang mendalam atas terjadinya musibah ini.

Lihat juga : (Video) Sriwijaya Air SJ 182 Rute Jakarta-Pontianak Hilang Kontak

Kemarin sore telah saya perintahkan kepada Menteri Perhubungan, kepada Kepala Basarnas yang dibantu oleh TNI dan Polri untuk segera melakukan operasi pencarian dan pertolongan yang secepat-cepatnya kepada para korban.

Kita lakukan upaya yang terbaik untuk menemukan dan menyelamatkan korban. Dan kita doakan bersama, kita berdoa bersama-sama agar para korban bisa ditemukan.

Saya juga telah menyampaikan kepada KNKT untuk melakukan kajian penyelidikan terhadap musibah ini. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Terima kasih.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC