Waktu Makan Mepet, Kapan Waktu yang Tepat untuk Makan Malam Selama Bulan Puasa
Lifestyle & Sport

Waktu Mepet, Kapan Waktu yang Tepat Makan Malam Selama Bulan Puasa?

Channel9.id-Jakarta. Hari ini sudah hari kelima kamu berpuasa di bulan Ramadan. Namun, kamu masih bingung kapan waktu yang tepat untuk makan malam. Sebab kamu merasa waktu makan malam jadi lebih malam daripada hari-hari biasanya.

Tak lama buka puasa saat Magrib, kamu berangkat salat Isya dan Tarawih. Sepulangnya dari salat itu, kamu mau makan malam, namun terasa terlalu dekat dengan waktu tidur. Adapun makan mendekati waktu tidur bisa mengganggu kualitas tidur, pencernaan seperti asam lambung, hingga memicu kenaikan berat badan.

Sebetulnya, makan malam saat bulan Ramadan bukanlah hal yang dilarang. Namun, kamu harus perhatikan waktu dan porsinya. Kalau tidak begitu, perutmu jadi tak nyaman di keesokan harinya dan kamu bisa dihantui risiko yang disebutkan sebelumnya.

Perihal waktu yang tepat untuk makan malam, kamu disarankan memberi jeda dua sampai tiga jam antara waktu makan dan tidur. Jeda ini dibutuhkan oleh tubuh untuk mencerna makanan yang dikonsumsi. Namun, kamu mungkin butuh jeda yang lebih panjang jika sebelumnya mengonsumsi makanan yang sulit dicerna seperti daging.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk makan malam antara pukul 8 dan 9 malam sepulang Tarawih. Lalu tidurlah paling lambat pada pukul 11 malam. Kemudian jangan lupa bangun di dini hari untuk sahur.

Sementara itu, kalau kamu tak sempat makan malam di waktu yang disarankan, pilihlah makanan yang mudah dicerna seperti sepotong buah atau segelas susu. Mau bagaimanapun, kamu perlu memenuhi kebutuhan gizi harian.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1  +    =  10