Amerika Serikat Kutuk Serangan Teroris di Mali
Internasional

Amerika Serikat Kutuk Serangan Teroris di Mali

Channel9.id-Amerika Serikat. Amerika Serikat “mengutuk keras” serangan milisi terhadap sebuah bis di Ibu Kota Mali yang menewaskan 31 orang dan melukai 17 lainnya, ungkap pernyataan dari Kementerian Luar Negeri AS pada hari Minggu lalu, Senin (6/12/2021).

Kelompok bersenjata yang tak diketahui itu telah menewaskan setidaknya 31 orang di ibu kota Mali setelah mereka menembak sebuah bis yang membawa penumpang ke pasar dan menyerang konvoi PBB di daerah utara Mali yang merupakan sarang kelompok-kelompok pemberontak.

Baca juga: Blok Afrika Barat Jatuhkan Sanksi Lagi Kepada Mali

Bis itu diserang saat sedang membawa para penumpang dari desan Songho ke sebuah pasar di Badiagara yang berjarak sekitar 10km, ujar Moulaye Guindo, walikota kota Bankass.

“Sekelompok pria bersenjata menembak bis, lalu mereka lanjut menembak para penumpang,” ujar Guindo.

Ia dan pejabat lainnya mengatakan kalau setidaknya ada 31 warga yang meninggal.

Desa itu terletak di tengah daerah Mopti. Mopti sendiri merupakan daerah dimana maraknya kekerasan karena kelompok-kelompok pemberontak yang mempunyai hubungan dengan al Qaeda dan ISIS.

“Amerika Serikat mengutuk keras serangan terhadap warga sipil di dekat Bandiagara pada hari Sabtu, Mali, yang menyebabkan 31 orang tewas dan 17 lainnya tewas,” tutur juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Ned Price dalam pernyataan tertulisnya.

“Kami berbelasungkawa atas rakyat Mali dan akan terus bekerja sama dengan mereka dalam mencapai masa depan yang aman, sejahtera dan demokratis,” lanjut Price.

Serangan teroris akhir-akhir tengah marak terjadi di daerah Sahel, Afrika dan sudah menyebabkan ribuan orang meregang nyawa dan jutaan lainnya terlantar di Mali, Burkina Faso dan Niger.

(RAG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9  +  1  =