Techno

Apple Tak Lagi Ungkap Jumlah Penjualan iPhone dalam Laporan Tahunan

Channel9.id, Jakarta – Apple baru saja membuat sebuah keputusan yang mengejutkan. Chief Financial Officer Apple Luca Maestri baru saja mengumumkan bahwa perusahaan tidak akan membuat laporan mengenai jumlah unit produk yang terjual.

Dengan kata lain, seperti dikutip dari The Verge, Senin (5/11/2018), Apple tidak akan melaporkan jumlah penjualan untuk divisi hardware-nya, termasuk iPhone, iPad, dan Mac.

Keputusan ini juga diterapkan Apple di produk lain yang lebih kecil, seperti Apple Watch, AiPods, dan HomePods.

Pengumuman ini muncul setelah persentase penjualan unit iPhone tidak berubah dari tahun ke tahun. Meski persentase unit tidak berubah, sebenarnya ada peningkatan dari sisi pendapatan mencapai 29 persen.

“Informasi penjualan unit kurang relevan saat ini, ketimbang di masa lalu,” tuturnya.

Oleh sebab itu, angka-angka penjualan unit dianggap tidak lagi mewakili kekuatan bisnis perusahaan.

Untuk menguatkan alasan ini, Maestri menuturkan, perusahaan kompetitor Apple juga tidak mengungkap hasil penjualan unitnya dalam laporan keuangan.

Senada dengan Daniels, CEO Apple Tim Cook pun mengatakan bahwa penjualan unit tidak melambangkan keseluruhan perusahaan.

Dia mencontohkan, saat berbelanja ke supermarket, kasir tidak akan menanyakan jumlah unit yang dibeli, melainkan keseluruhan pembelian tersebut.

Sekadar informasi, jumlah unit yang dijual memang tidak melambangkan performa bisnis Apple secara akurat. Biasanya, jumlah unit itu dipakai analis dan jurnlis untuk menghitung harga jual rata-rata produk.

Oleh sebab itu, dengan keputusan ini, analis akan kesulitan untuk mengukur seberapa baik penjualan unit terbaru Apple. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  29  =  33