Connect with us

Uncategorized

Awali Perdagangan di 2021, IHSG Ditutup Menguat 2,10%

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Mengakhiri perdagangan hari pertama pada 2021, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 125,82 poin atau 2,10% ke 6.104,89, Senin (04/01).

Sebelumnya indeks sempat terlempar dari zona hijau di awal perdagangan sebelum menutup sesi pertama dengan kenaikan 1 persen.

Sebanyak 299 saham naik, 188 saham turun dan 143 saham stagnan dibandingkan dengan posisi perdagangan terakhir pada 30 Desember 2020.

Baca juga: BPS: Inflasi 2020 Tercatat 1,68 Persen

Sektor pertambangan menjadi penopang terbesar bagi kenaikan IHSG dengan kenaikan tertinggi sebesar 3,95%. Disusul sektor perkebunan yang melaju hingga 3,90% dan sektro infrastruktur naik 3,63%.

Total transaksi perdagangan saham mencapai 22,29 miliar saham dengan total nilai Rp 14,52 triliun.

Adapun saham-saham yang menjadi incaran asing adalah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk., PT Bank Central Asia Tbk., PT Astra International Tbk., dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Sementara saham-saham dengan penjualan bersih terbesar asing yaitu PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) RP 25,8 miliar, PT United Tractors Tbk (UNTR) Rp 16,2 miliar dan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) Rp 10,8 miliar.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

15 Ribu Vaksin COVID-19 Tiba di Gudang Farmasi Dinkes Surabaya

Published

on

By

Channel9.id-Surabaya. Dengan pengawalan Barakuda hari ini sebanyak 8 boks vaksin COVID-19 sinovac tiba di Gedung Farmasi Dinkes Surabaya Jalan Kali Rungkut pukul 11.15 WIB.

Jumlah vaksin yang dikirim pun bertahap. Hari ini 8 boks vaksin berisi 15 ribu sudah disimpan. Sementara daya tampung coolrom di gudang farmasi hanya bisa menampung 20 ribu saja.

Kepala Dinkes Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan pengiriman vaksin COVID-19 dilakukan bertahap. Hari ini, Rabu (13/1) dan Jumat (22/1).

“15 Ribu vaksin COVID-19 hari ini dikirim kesini (Gedung Farmasi Jalan Kali Rungkut),” kata Fenny di Gedung Farmasi Kali Rungkut, Rabu (13/1/21).

Box berisi vaksin itu mendapat pengawalan ketat. Aparat bersenjata mengawal proses distribusi. Kecuali petugas, tak ada yang diperkenankan mendekat dengan saat box itu diturunkan.
Kotak dengan tulisan vaccine & sera itu diturunkan dengan hati-hati. Proses itu pun dikawal oleh petugas keamanan.

“Dari 15 ribu boks, satu boksnya berisi 1.900 lebih,” tambahnya.

Pengiriman vaksin kedua akan dilakukan kembali, Jumat 22 Januari 2021. Fenny berharap segera datang secepatnya dan didistribusikan ke masyarakat.

Saat ini 15.000 vaksin itu disimpan di ruang pendingin yang berada di dalam Gudang Farmasi milik Pemkot itu. Feny mengatakan, proses vaksinasi pertama akan dilakukan pada Jumat (15/1) besok.

Continue Reading

Uncategorized

DPR Minta Kemenag Telusuri Deklarasi Tentara Allah

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Sebuah video viral di media sosial menunjukan deklarasi jemaah Junudullah atau tentara Allah yang dipimpin oleh Erwan Sa’an. Dalam video viral itu terlihat sejumlah anak kecil mengikuti pengajaran jihad serta memegang senjata tajam.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Syadzily Hasan menilai, tindakan itu salah kaprah. Menurutnya, jihad tidak dimaknai dengan kekerasan.

“Tindakan yang salah kaprah. Memaknai jihad dengan kekerasan disertai membawa senjata tajam jelas merupakan tindakan yang mengajak kekerasan. Apalagi hal itu di depan anak-anak,” kata Ace, Jumat 8 Januari 2021.

Ace pun meminta Kemenag menulusuri kejadian itu. Kemenag setempat perlu juga melakukan pembinaan terhadap pihak yang terlibat deklarasi tersebut.

“Saya meminta Kementerian Agama setempat untuk menelusuri tindakan tersebut. Harus dilakukan pembinaan terhadap mereka,” ungkap Ace.

“Apalagi pelibatan anak-anak dalam kegiatan tersebut merupakan hal yang seharusnya dihindari. Hal ini sama saja dengan mengajarkan kepada anak-anak untuk melakukan tindakan kekerasan,” sambungnya.

Ace menilai, pandangan Erwan Sa’an mengenai agama harus diluruskan. Pun meminta Erwan Sa’an memberikan penjelasan mengenai kejadian itu.

“Tindakan Erwan Sa’ad itu jelas harus diluruskan pandangannya tentang jihad. Pelakunya harus dimintai tabayun tentang motif dan tujuan dari tindakannya tersebut,” pungkasnya.

Diketahui, Erwan sendiri memimpin deklarasi Tentara Allah di Desa Mekarmukti, Kabupaten Bandung Barat.

Dalam salah satu video yang diunggah enam bulan lalu, Erwan Sa’ad dan jemaahnya tengah berjejer sambil menyuarakan ajakan jihad. Ironisnya, beberapa anak kecil dalam video itu tak mengenakan masker dan memegang senjata tajam jenis golok.

“Siap kita membela nama Allah? Siap. Siap kita berjuang di jalan Allah? Siap. Siap kita membela negara kita? Siap,” kata Erwan Sa’ad dalam videonya yang berjudul ‘Siap Berjihad di Jalan Alloh Melawan Berbagai Macam Kejahatan’.

(HY)

Continue Reading

Uncategorized

Elektabilitas Meroket, Demokrat: Efektifnya AHY Selaku Ketum

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani merespons hasil survei yang dilakukan Voxpopuli Research Center. Kamhar mengatakan, Partai Demokrat menyambut baik hasil survei tersebut.

Menurutnya, ada faktor pendorong internal dari capaian tersebut, yaitu sukses dan efektifnya AHY selaku ketua umum dalam memimpin dan memanajemen Partai Demokrat.

“Sejak awal menerima mandat sebagai ketua umum, AHY terus melakukan gebrakan melalui instruksi dan program yang dilaksanakan secara serentak oleh seluruh kader dan struktur Partai Demokrat di semua tingkatan,” ujar Kamhar, Rabu (6/1).

Baca juga: Klaim Menang 57 Persen di Pilkada, Demokrat: Ini Melampaui Target 

Ia melanjutkan, mulai dari Gerakan Perang Melawan Covid-19, Demokrat Peduli dan Berbagi, Gerakan Demokrat Bina UMKM dan Free Wifi termasuk penyikapan beberapa UU sensitif yang menyita perhatian publik seperti Omnibus Law Ciptaker, RUU Haluan Ideologi Pancasila, dan Revisi UU KPK. Selain itu, konsistensi Partai Demokrat dalam memperjuangkan kepentingan rakyat dan menjadikan rakyat sebagai koalisi utamanya, disambut baik.

Dia memandang, keberhasilan AHY juga terlihat pada capaian Pilkada serentak 2020 yang lalu, dimana perolehan Demokrat sebesar 48 persen  kemenangan dan 52 persen dari itu adalah Kader PD.

“Kemenangan ini melampaui target yang ditetapkan dan melebihi capaian Pilkada serupa lima tahun yang lalu. Singkatnya bagi Partai Demokrat AHY adalah optimisme dan harapan,” ucapnya.

Menurutnya, hasil survei ini adalah potret respons dan persepsi masyarakat yang terbentuk atas kinerja pemerintah di berbagai bidang, mulai dari penanganan Covid-19, polemik vaksin, penegakan hukum yang tebang pilih dan cenderung menjadi alat kekuasaan, dinasti politik, sampai pada pengalokasian anggaran yang sarat kepentingan dengan porsi belanja insfrastruktur yang besar di 2021 sementara pandemi Covid-19 masih terus berlangsung.

Ia menambahkan, belum lagi sikap Partai Demokrat yang mencermati dinamika terkini dari partai-partai pengusung utama pemerintah. Mulai dari isu korupsi sampai pada balik badannya paslon yang sebelumnya menjadi Kompetitor Jokowi-Ma’ruf menjadi pembantu Presiden.

“Rakyat kecewa dan merasa dipermainkan. Rakyat merasa hanya diperalat untuk mendapatkan kekuasaan. Itu eksternal faktornya,” ungkapnya.

Sebelumnya Voxpopuli Research Center merilis hasil survei terkait elektabilitas partai politik. Hasilnya hanya tiga parpol yang mengalami kenaikan, yaitu Partai Demokrat (PD), PKS, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Elektabilitas PSI naik dari 4,5 persen (Juni 2020) dan 4,7 persen (Oktober 2020) menjadi 4,9 persen. Sementara itu, PKS elektabilitas-nya naik dari 5,3 persen (Juni 2020) dan 5,6 persen (Oktober 2020) menjadi 8,1 persen. Lalu Demokrat naik dari 3,4 persen (Juni 2020) dan 3,3 persen (Oktober 2020) menjadi 5,1 persen.

“Demokrat, PKS, dan PSI mengalami kenaikan elektabilitas ketika parpol-parpol lain anjlok atau stabil,” kata Direktur Eksekutif Voxpopuli Research Center Dika Moehamad.

IG

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC