Bukan Cuma Wortel, Makanan Ini Juga Bantu Jaga Kesehatan Mata
Lifestyle & Sport

Bukan Cuma Wortel, Makanan Ini Juga Bantu Jaga Kesehatan Mata

Channel9.id-Jakarta. Selama ini, wortel dikenal baik untuk kesehatan mata karena kandungan vitamin A-nya. Pengetahuan yang didapat sejak kecil ini, yang kemudian bergema di otak hingga dewasa, menunjukkan seolah-olah hanya wortel dan vitamin A-nya yang baik bagi mata. Padahal masih ada berbagai kandungan lain dari makanan lain yang bisa menjaga kesehatan mata, lo.

Baca juga: Kerap Diabaikan, Hal-Hal Ini Bikin Mata Berkantung, Lo!

Nah, untuk lebih mengetahui lebih lanjut apa saja kandungan dan makanan yang dimaksud, mari simak ulasan berikut.

1. Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti bayam, sawi, dan brokoli mempunyai kandungan lutein dan zeaxanthin—yang bisa ditemukan di retina. Adapun makanan yang mengandung kedua zat gizi ini bersifat antioksidan. Antioksidan sendiri bisa melindungi mata dari kerusakan yang bisa ditimbulkan oleh sinar matahari, asap rokok, dan polusi udara. Oleh karenanya, risiko pengembangan degenerasi makula—yaitu suatu area kecil di retina yang memiliki jumlah sel penglihatan—dan katarak juga bisa menurun.

2. Telur
Telur mengandung lutein, zeaxanthin, vitamin A, dan seng. Lutein dan vitamin A bisa melindungi mata dari kebutaan di malam hari dan dari kekeringan mata. Sementara itu, zeaxanthin dan seng, bersamaan dengan lutein, membantu kesehatan mata dengan mengurangi risiko degenerasi makula.

3. Biji-bijian dan kacang-kacangan
Vitamin E yang biasa ditemukan pada sejumlah biji-bijian dan kacang-kacangan—seperti gandum, biji bunga matahari, dan kacang almond—diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin ini bisa memperlambat degenerasi makula. Selain vitamin E, biji bunga matahari juga mengandung seng dan kacang almond mengandung asam lemak omega-3—yang mencegah mata kering, yang sama-sama baik bagi kesehatan mata.

4. Ikan
Ikan yang mengandung asam lemak omega-3—seperti salmon, makerel, dan sarden—membantu melindungi mata dari kekeringan, mencegah degenerasi makula, dan katarak. Selain itu, penelitian juga membuktikan bahwa kandungan ini bersifat antiperadangan, yang bisa mengurangi risiko degenerasi makula.

Asam lemak sebenarnya ditemukan dalam retina mata. Jika kadarnya rendah, maka bisa membikin mata menjadi kering.

5. Buah sitrus dan berry
Buah sitrus—seperti jeruk dan lemon—dan buah berry—seperti strawberry dan raspberry—kaya akan vitamin C. Vitamin ini bersifat antioksidan, yang artinya bisa membantu mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

57  +    =  67