Connect with us

Lifestyle & Sport

COVID-19 Sedang Parah, Ini Makanan Sumber Vitamin D Untuk Perkuat Daya Tahan Tubuh

Published

on

COVID-19 Sedang Parah, Ini Makanan Sumber Vitamin D Untuk Perkuat Daya Tahan Tubuh

Channel9.id-Jakarta. Daya tahan tubuh sangat diandalkan dalam menangkal beragam penyakit, termasuk COVID-19. Nah, untuk memperkuat daya tahan tubuh ini, Kamu membutuhkan vitamin D.

Adapun sumber utama vitamin D yaitu paparan sinar matahari, karena mampu memenuhi 80% kebutuhan vitamin D tubuh. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), dengan berjemur di bawah sinar selama 5—15 menit dua sampai tiga kali seminggu, seseorang bisa memenuhi asupan vitamin D tubuh. Para ahli merekomendasikan berjemur di pukul 10 pagi hingga pukul 2 sore.

Baca juga: Ciri-ciri Kekurangan Vitamin D

Sayangnya, entah karena beban pekerjaan dan hal lainnya, Kamu jadi tak bisa mendapat vitamin D dari paparan sinar matahari. Bahkan, menurut penelitian di Journal of Pharmacology & Pharmacotherapeutic, sebagian orang di dunia kekurangan vitamin D.

Namun, Kamu jangan khawatir karena vitamin D masih bisa didapat dari makanan. Meski tak seunggul vitamin D dari sinar matahari, vitamin D dari makanan juga penting. Terlebih di masa pandemi COVID-19 ini, di mana Kamu lebih banyak melakukan aktivitias di dalam ruangan.

Memangnya apa saja makanan yang menjadi sumber vitamin D? Berikut ini daftarnya.

1. Kuning telur
Telur dikenal kaya akan nutrisi. Selain berprotein tinggi, telur termasuk sumber vitamin D, terutama bagian kuningnya. Satu butir kuning telur umumnya bisa memenuhi 5% kebutuhan vitamin D harian. Kadar ini bisa semakin tinggi bila ayam petelur lebih sering berkeliaran di bawah sinar matahari.

2. Jamur
Satu-satunya sayuran penghasil vitamin D adalah jamur. Ini karena jamur punya pro-vitamin bernama ergosterol, yang membantu jamur untuk mensintetiskan vitamin D2 ketika terkena paparan sinar matahari. Namun, kandungan ini tak ditemukan pada jamur yang dibiakkan di dalam ruangan.

3. Ikan berlemak
Salah satu makanan sumber vitamin D ialah ikan berlemak. Adapun ikan yang dimaksud di antaranya yaitu ikan salmon, ikan tuna, dan ikan sarden. Mengonsumsi 100 gram ikan salmon atau sarden bisa memenuhi 22% lebih kebutuhan vitamin D harianmu.

4. Minyak ikan
Jika Kamu bukan penggemar ikan, Kamu bisa mendapatkan vitamin D dari minyak ikan kod. Selain tinggi akan vitamin A dan omega-3, minyak ini mengandung vitamin D yang cukup tinggi.

5. Hati sapi
Hati sapi juga merupakan sumber vitamin D. Kendati jumlah vitaminnya lebih sedikit daripada makanan lain, hati sapi tetap bisa menjadi sumber vitamin D yang baik. Namun, ingat, Kamu jangan mengonsumsinya secara berlebihan karena kandungan kolesterolnya juga tinggi.

Nah, itu dia sejumlah makanan yang menjadi sumber vitamin D. Baik dari sinar matahari maupun dari makanan, keduanya penting untuk Kamu dapatkan. Meski begitu, untuk mendapat manfaat yang optimal—juga menjaga daya tahan tubuh, Kamu mesti menyeimbangannya dengan gaya hidup yang sehat, seperti menjaga pola makan sehat, rutin berativitas fisik, dan bila perlu, konsumsi suplemen vitamin D.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Tumbangkan Argentina, Voli Putra Prancis Hadapi ROC di Final

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tim bola voli putra Prancis berhasil mengalahkan Argentina pada babak semi final Olimpiade Tokyo 2020, Kamis 5 Agustus 2021.

Dengan kemenangan ini, Prancis berhak melaju ke babak final. Prancis akan berhadapan dengan ROC (Komite Olimpiade Rusia) untuk merebut medali emas.

ROC lebih dahulu lolos ke babak final usai mengalahkan Brasil dengan skor 3-1 (18-25, 25-21 26-24, 25-23).

Adapun Prancis melaju ke partai puncak setelah mengalahkan Argentina dengan skor 3-0 (25-22, 25-19, dan 25-22) dalam pertandingan di Ariake Arena, Tokyo.

Prancis, yang hanya menempati peringkat kesembilan di Olimpiade Rio 2016, tampil meyakinkan di babak semifinal.

Jean Patri tampil menonjol di antara pemain Prancis lain. Dia menyumbang 15 poin, termasuk 11 dari smash dan 2 dari block. Pemain lain yang juga berperan besar adalah Trevor Clevenot yang menyumbang 14 poin.

Di kubu Argentina, kecemerlangan Facundo Conte tak ditunjang rekan setimnya. Dia menyumbang 13 poin, tapi rekan-rekannya tak ada yang mampu meraih lebih dari 10 poin.

Partai final bola voli putra Olimpiade Tokyo akan berlangsung Sabtu 7 Agustus, setelah perebutan perunggu usai digelar.

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Kalahkan Brasil, Voli Putra ROC Melaju ke Final

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tim bola voli putra ROC (Komite Olimpiade Rusia) berhasil ke final usai mengalahkan Brasil di babak semi final Olimpiade Tokyo 2020.

Tim asuhan Tuomas Sammelvuo ini mengalahkan Brasil dengan skor 3-1 (18-25, 25-21 26-24, 25-23) waktu dua jam delapan menit.

Berlaga di Ariake Arena, Tokyo, Jepang, Kamis 5 Agustus 2021 siang WIB, Maxim Mikhaylov menjadi bintang kemenangan ROC dengan mencetak 22 poin. Egor Kliuka dan Ivan Iakovlev juga memberi andil besar dengan masing-masing mencetak 15 serta 12 poin.

Bagi Brasil, kekalahan ini membuat Wallace De Souza dan kolega agal mempertahankan medali emas Olimpiade. Namun, tim asuhan Renan Dal Zotto masih berpeluang meraih medali perunggu.

Di Final nanti, ROC akan berhadapan dengan Prancis. Prancis lolos ke final usai mengalahkan Argentina dengan skor 3-0 (25-22, 25-19, dan 25-22).

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Sprinter Jamaika Hansle Parchment Raih Medali Emas 110m Lari Gawang

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Sprinter Jamaika, Hansle Parchment merebut medali emas pada laga final 110 meter lari gawang putra Olimpiade Tokyo 2020, Kamis 5 Agustus 2021.

Dia berhak meraih medali emas usai mengalahkan juara dunia asal Amerika Serikat, Grant Holloway. Holloway harus puas dengan medali perak. Sedangkan, medali perunggu kembali direbut atlet Jamaika, Ronald Levy.

Parchment mencatat waktu 13,05 detik untuk menjadi juara baru Olimpiade. Holloway yang sebenarnya mengawali lomba sebagai pelari tercepat, terpeleset pada dua rintangan terakhir.

Hal itu membuat Holloway finis urutan kedua dengan catatan waktu 13,09 detik, sedangkan Ronald Levi menyusulnya di belakang dengan membukukan waktu 13,10 detik.

HY

Continue Reading

HOT TOPIC