Connect with us

Lifestyle & Sport

Efek Kurang Tidur

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Tidur mutlak diperlukan untuk beristirahat dan menjaga kondisi tubuh. Tidur yang cukup memungkinkan tubuh berperan dengan baik. Rata-rata orang dewasa membutuhkan 7-8 jam tidur per hari.

Sayangnya, ada saja alasan yang membaut Anda terjaga di malam hari alias begadang. Misalnya karena pekerjaan bahkan hanya sekadar mencari hiburan di gawai.

Baca juga : Ngemil Sehat, Kurangi Risiko Berat Badan Naik

Kegiatan itu membuat Anda kekurangan tidur. Namun tak semua akrab dengan kurang tidur, mungkin karena terlalu sering kekurangan tidur. Jika kekurangan tidur, tubuh akan memberi tanda-tanda, sebelum kondisi tersebut berdampak serius bagi kesehatan. Adapun tanda-tanda kurang tidur di antaranya:

1. Mudah lupa
Kurang tidur bisa memengaruhi kemampuan kognitif, termasuk dalam proses belajar, berpikir, dan memecahkan masalah. Dengan demikian, kurang tidur bisa memicu Anda Anda kesulitan untuk belajar secara efektif. Selain itu, kurang tidur membuat Abda sering kelupaan sesuatu..

2. Mudah sakit
Jika tidur cukup, imun tubuh akan memproduksi sitokin, protein yang membantu melindungi tubuh dari infeksi. Sementara, kurang tidur bisa memperburuk sistem kekebalan tubuh yang berdampak pada produksi hormon sitokin. Efeknya, kurang tidur bisa membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit.

3. Berat badan bertambah
Ketika tubuh kurang tidur, Anda cenderung memproduksi lebih banyak hormon ghrelin, yang berperan dalam menimbulkan rasa lapar dan menghasilkan sedikit hormon leptin, yang berperan dalam menimbulkan rasa kenyang. Selain itu, kurang tidur akan membuat Anda terus merasa lelah dan lapar.

Studi mengatakan bahwa seseorang yang tidur kurang dari 6 jam per hari lebih berresiko untuk mengalami obesitas dibandingkan dengan mereka yang tidur lebih dari 6 jam per hari.

4. Wajah kusam atau berjerawat
Tidur cuput mampu meregenerasi kulit secara optimal. Sementara kurang tidur, sebaliknya. Meningkatnya produksi hormon kortisobisa kolagen, protein yang menjaga kelembutan dan keelastisitasan kulit. Akibatnya, mungkin lebih mudah keriput dan terlihat lebih tua.

Kemudian juga bisa mengganggu keseimbangan hormon dan meningkatkan kadar estrogen pada tubuh. Sehingga bisa memicu pertumbuhan jerawat pada kulit. Juga, membawa risiko timbulnya garis-garis halus pada kulit.

5. Gangguan pada mata
Kurang tidur pun bisa mengganggu kesehatan mata Anda. Misalnya mata merah, mata lelah, mata menjadi lebih sulit untuk fokus, dan berpotensi mengalami penglihatan ganda.

6. Stres, emosi, dan depresi
Kurang tidur membuat Anda lebih mudah mengalami stres dan emosi terkendali.
Memang kesulitan tidur biasanya diakibatkan oleh depresi, sementara kurang tidur juga bisa membuat Anda renten depresi. Kedua hal tersebut saling berkaitan.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hot Topic

Apa Sih Istimewanya Sepeda Lipat Daniel Mananta, Yuk Simak!

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Presenter kondang Daniel Mananta membuat heboh publik. Tepat pada hari Sumpah Pemuda, CEO Damn! I Love Indonesia ini bersama CEO PT Roda Maju Bahagia Hendra menyerahkan 15 sepeda lipat edisi khusus Sumpah Pemuda di kantor Kantor Staf Presiden yang diterima oleh Moeldoko, Senin (26/10).

Belasan sepeda lipat tipe ecosmo 10 Sp Damn itu dikabarkan untuk diberikan kepada Presiden Joko Widodo. Namun belakangan, Moeldoko dan Daniel pun dengan tegas membantahnya. Keduanya menyebut jika pemberian sepeda lipat itu bukan untuk Presiden, melainkan untuk KSP.

Diketahui, Daniel menggaet produsen sepeda lokal, Element, merilis sepeda lipat untuk mengisi pasar yang masih besar di tanah air. Lantas, apa istimewa sepeda lipat tersebut?

Baca juga: Klarifikasi Sepeda Pemberian Daniel Mananata, Moeldoko: Bukan Untuk Jokowi 

Ditelusuri dari website official Damn! I Love Indonesia pada Rabu 28 Oktober 2020, sepeda lipat tipe ecosmo 10 Sp Damn itu dibuat khusus untuk kaum milenial yang cinta Tanah Air dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda ke-92 pada 28 Oktober.

“Element Folding Bike Ecosmo 10sp Edisi Damn Sumpah Pemuda merupakan sepeda lipat dari Brand Element dengan design spesial untuk kamu kaum milenial yang akan cinta Tanah Air,” tulis deskripsi produk dalam website tersebut.

Berikut spesifikasi lengkap sepeda lipat Ecosmo 10sp Edisi Damn Sumpah Pemuda dikutip dari laman  www.elementmtb.com :

Frame (Bahan Rangka)                                    Alloy

Warna                                                                Black Red

Fork (Garpu Depan)                                         Hi Ten Steel

Shifter (Pengoper Gigi) :

Front Derailleur (Pemindah Gigi Depan)
1 x 10 Speed

Rear Derailleur (Pemindah Gigi Belakang)
10 Speed

Crankset (Poros Engkol)                              Alloy 170mm 52 T

Bottom Bracket (As Engkol)                        Square Tapered

Cassette (Gigi Belakang) :

Chain (Rantai) Tech-PWR

Pedal Element PVC Component

Front Brake (Rem Depan) Hydraulic Disk Brake

Rear Brake (Rem Belakang) Hydraulic Disk Brake

Handle Bar (Stang) Alloy 580m

Handle Post (Leher Stang) Teleskopik

Saddle (Sadel) Element Component

Seatpost (Tiang Sadel) Alloy

Rims (Velg) Eclipse Double Wall

Tires (Ban) 20 x 1 1/8

Spokes (Jari-Jari) 24 Spokes

Extra Free Front Block

Berat Total 13,8 Kg

Ukuran Kemasan (Dalam Cm) P 86 X L 37 X T 72

Untuk mendapatkan sepeda lipat edisi khusus ini, tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Produk lokal ini dibanderol dengan harga Rp5,7 juta.

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Sah, Khabib Didaulat Sebagai Petarung Terbaik UFC

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Khabib Nurmagomedov resmi jadi petarung terbaik di pentas UFC. Ini setelah Khabib menempati posisi teratas daftar petarung pound for pound UFC.

Khabib naik ke posisi pertama mengacu pembaruan data di laman resmi UFC pada Selasa (27/10). Petarung berjuluk The Eagle itu menggeser Jon Jones yang berkompetisi di divisi kelas berat ringan.

Di bawah Khabib dan Jon Jones, terdapat petarung-petarung hebat lain seperti Israel Adesanya, Stipe Miocic, hingga Kamaru Usman. Para petarung ini menempati posisi lima besar daftar pound for pound UFC.

Khabib sebelumnya menempati posisi kedua dalam daftar petarung pound for pound seni bela diri campuran ini. Ia masih berada di bawah bayang-bayang Jon Jones yang sudah memenangi 15 duel perebutan juara.

Baca juga: Khabib Menang Lawan Gaethje dan Putuskan Pensiun

Namun, Khabib melesat ke posisi puncak usai Petarung berusia 32 tahun itu mengalahkan Gaethje lewat submission di ronde kedua.

Kemenangan itu turut memperpanjang rekor tak terkalahkan Khabib di arena UFC. Ia tercatat meraih 29 kemenangan secara beruntun sejak awal karier.

Setelah keberhasilan mempertahankan gelar kelas ringan untuk kali ketiga, Khabib memutuskan untuk pensiun. Khabib merasa tidak bisa lagi bertarung tanpa didampingi oleh sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov yang meninggal dunia pada 3 Juli 2020.

Banyak penggemar, atlet dunia, bahkan petarung UFC lain kemudian menyebut Khabib sebagai yang terbaik usai kemenangan tersebut dan keputusan pensiunnya itu. Presiden UFC Dana White juga mengakui Khabib layak menyandang gelar petarung pound for pound terbaik.

Namun, label Khabib sebagai petarung terbaik ditanggapi dingin oleh Jon Jones. Ia tidak rela status tersebut beralih kepada Khabib.

Petarung asal Amerika Serikat itu juga menyinggung legenda UFC, Georges St-Pierre. Bagi Jon Jones, hanya St-Pierre yang bisa menyamai rekornya dan menjadi petarung terhebat UFC.

“Satu-satunya orang yang mungkin bisa kembali dan menantang rekor saya, atas apa yang telah saya lakukan di UFC mungkin Georges St-Pierre. Dia harus kembali dan memenangkan dua pertarungan gelar untuk menyamai saya,” ucap Jon Jones.

IG

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Pogba Bantah Keluar Dari Timnas Perancis

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Paul Pogba memberikan respons terkait berita soal dirinya keluar dari timnas Prancis karena agamanya dihina merupakan hoaks.

Gelandang Manchester United, Paul Pogba, sempat dikabarkan keluar dan pensiun dari timnas Prancis. Keputusan itu menyusul komentar rasialisme yang dikeluarkan oleh Presiden Prancis, Emmanuel Macron.
Pogba dikabarkan kecewa dengan komentar tersebut dan memutuskan untuk keluar dari timnas Prancis.

Bahkan, surat kabar asal Inggris, The Sun, membuat berita mengenai mundurnya Pogba dari timnas Prancis.

Akan tetapi, selang beberapa jam kemudian, Pogba mengeluarkan pernyataan melalui akun Intagram pribadinya.

Dalam unggahannya itu, Pogba melampirkan gambar judul berita soal dirinya dengan tulisan ‘Tidak diterima. Berita palsu’.

Pogba juga menambahkan caption bertuliskan bahwa dirinya tidak pernah mengatakan akan keluar dari timnas Prancis.

Bahkan, gelandang peraih Piala Dunia 2018 bersama timnas Prancis itu mengaku akan menuntut The Sun ke ranah hukum.
Selain itu, Pogba juga menyebut tindakan The Sun merupakan perilaku yang memalukan.

“Jadi The Sun melakukannya lagi … benar-benar 100 persen berita yang tidak berdasar tentang saya beredar, menyatakan hal-hal yang tidak pernah saya katakan atau pikirkan,” tulis Pogba dalam akun Instagram pribadinya.

“Saya terkejut, marah, dan frustrasi beberapa sumber ‘media’ menggunakan nama saya dan tim nasional Prancis untuk membuat headline palsu tentang peristiwa yang terjadi di Prancis saat ini.”
“Saya menentang segala bentuk teror dan kekerasan.”

“Sayangnya, beberapa orang pers tidak bertindak secara bertanggung jawab saat menulis berita, menyalahgunakan kebebasan pers mereka, tidak memverifikasi apakah yang mereka tulis itu benar, menciptakan rantai gosip tanpa peduli hal itu memengaruhi kehidupan orang dan kehidupan saya.”

“Saya akan mengambil tindakan hukum terhadap penerbit dan penyebar berita palsu ini.”

“Sedikit pesan singkat kepada The Sun, yang biasanya tidak peduli, beberapa dari kalian mungkin pergi ke sekolah dan akan ingat bagaimana guru Anda mengatakan untuk selalu memeriksa sumber informasi Anda, jangan menulis tanpa memastikan kevalidan informasi.”

“Akan tetapi, hei, sepertinya Anda melakukannya lagi dan kali ini dalam topik yang sangat serius, Anda memalukan!” tulis Pogba mengakhiri.

Isu hengkangnya Pogba dari timnas Prancis dikarenakan adanya penyerangan terhadap salah seorang guru di Prancis bernama Samuel Paty. Macron menyebut pembunuh tersebut merupakan teroris yang berasal dari agama yang dianut oleh Pogba.

IG

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC