Gempa Berkekuatan 6.2 Magnitudo Guncang Lepas Pantai California
Internasional

Gempa Berkekuatan 6.2 Magnitudo Guncang Lepas Pantai California

Channel9.id-California. Sebuah gempa berkekuatan 6.2 magnitudo guncang lepas pantai Tanjung Mendocino, California Utara, disusul dengan gempa susulan, ungkap pihak otoritas pada hari Senin, Selasa (21/12/2021).

Dilaporkan tidak ada kerusakan fatal karena gempa tersebut.

Gempa itu terjadi di kedalaman laut 9 km Laut Pasifik sekitar 39 km dari arah barat masyarakat kecil Petrolia di Humboldt, ungkap Survey Geologi Amerika Serikat dan Departemen Sheriff Humboldt.

Gempa itu tidak memicu alarm tsunami karena sifat patahan gempa tersebut, cuit seismolog Lucy Jones di Twitter.

Sampai sejauh ini tidak ada laporan mengenai korban gempa setelah gempa tersebut terjadi sekitar pukul 12:10 siang, ujar juru bicara Departemen Sheriff Humboldt Samantha Karges. Selain itu belum ada perintah evakuasi di daerah yang mempunyai populasi kecil tersebut.

Pemerintah mengerahkan pihak berwenang untuk mengecek dampak gempa tersebut di jalanan, dan dua jalan tertutup oleh bebatuan karena gempa tersebut, ujar Karges. Di daerah selatan Humboldt, terjadi rangkaian gempa susulan di daerah pantai.

Seorang peneliti di San Francisco merasakan gempa itu dari sejauh 320 km, tulis Survey Geologi California (CSG) di Twitter.

“Gempa dari kekuatan sedang sampai kuat terekam di daerah sekitar pantai. Gempa itu sampai terasa di San Francisco oleh seorang ahli kami!” tulis badan geologi tersebut di Twitter.

Pada tahun 1992 di daerah yang sama, rangkaian gempa bumi merusak lebih dari 1,100 rumah dan toko-toko.

(RAG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

28  +    =  34