Techno

Google Minta Vendor untuk Jamin Update Android Secara Berkala

Channel9.id, Jakarta – Langkah Google untuk memperketat keamanan Android terus dilakukan. Kini, raksasa internet itu meminta vendor smartphone untuk menjamin pembaruan software untuk perangkat besutannya.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (27/10/2018), informasi ini diketahui dari kontrak yang harus ditandatangi oleh vendor smartphone. Jadi, pembesut perangkat Android harus reguler merilis update untuk smartphone dan tablet buatannya hingga dua tahun.

Dalam kontrak itu juga disebutkan, vendor harus menyediakan setidaknya empat pembaruan keamanan dalam satu tahun setelah rilis. Sementara untuk tahun kedua, pembaruan keamanan tidak lagi menjadi kewajiban.

Persyaratan ini mencakup semua perangkat Android yang diluncurkan setelah 31 Januari 2018. Selain itu, vendor juga harus memberikan patch saat diketahui ada celah keamanan yang mungkin muncul.

Jika ada vendor smartphone yang tidak mampu merilis pembaruan ke perangkatnya, Google dapat saja menunda persetujuan untuk model smartphone selanjutnya. Dengan kata lain, produk tersebut dapat ditunda peluncurannya.

Kontrak ini sendiri merupakan bagian dari perjanjian untuk smartphone dan tablet Android yang dipasarkan di wilayah Eropa. Namun, besar kemungkinan aturan serupa juga berlaku untuk produk yang rilis di wilayah lain.

Fragmentasi update sistem memang menjadi masalah untuk perangkat Android. Karenanya, Google berupaya untuk mengatasi masalah tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Khusus untuk pengguna di kalangan pebisnis, Google juga meluncurkan program Android Enterprise Recommended. Program ini menawarkan daftar perangkat Android yang aman digunakan untuk keperluan bisnis perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  44  =  46