Nasional

Jasa Marga Berupaya Cairkan Kepadatan Lalu Lintas Akibat Banjir 

Channel9.id – Jakarta. Hingga saat ini masih terdapat genangan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 19 arah Jakarta yang diakibatkan oleh luapan air Kali Jambe Bekasi Timur.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyampaikan, pihaknya telah mencairkan kepadatan yang terjadi menuju lokasi terdampak genangan, dengan memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow mulai dari Km 21 hingga Km14 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta sejak pukul 15.00 WIB yang bekerja sama dengan pihak Kepolisian.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru mengatakan, selain melakukan rekayasa lalu lintas contraflow, Jasa Marga juga menempatkan petugas untuk melakukan pengaturan lalu lintas di lokasi genangan, memfungsikan pompa yang juga bersinergi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) 1 unit dengan kapasitas 500 liter permenit serta membuat tanggul untuk menahan aliran air Kali Jambe.

“Saat ini genangan di Km 19 arah Jakarta terpantau berada di Bahu Jalan, Lajur (L) 1 hingga L3, hanya L4 yang dapat dilintasi oleh kendaraan. Rest Area Km 19 arah Cikampek masih dilakukan penutupan,” ujar Dwimawan dalam keterangannya, Sabtu (20/2).

Dwimawan mengungkapkan, sementara, untuk ruas jalan tol lainnya, hingga pukul 15.30 WIB untuk titik genangan di Jalan Tol Jasa Marga Group saat ini masih dilakukan penanganan.

Jalan tol Jakarta-Tangerang pada Km 4 arah Jakarta maupun arah Tangerang saat ini terdapat genangan di L1. L2 dan L3 bisa dilintasi kendaraan. Saat ini dilakukan penanganan berupa pemasangan tanggul dan pompa.

Sedangkan, Km 24 arah Tangerang, saat ini terdapat genangan di L1. L2 s.d L4 bisa dilintasi kendaraan. Saat ini dilakukan penanganan dengan pompa.

“Simpang Susun (SS) Bitung, saat ini terdapat genangan di terowongan dan dilakukan penutupan total di off ramp. Kendaraan dialihkan dikeluarkan melalui GT Cikupa,” tuturnya.

Lalu, jalan tol Jagorawi pada Km 3+800 arah Jakarta, saat ini terdapat genangan di L1, L2 hingga L5 dapat dilintasi. Saat ini dilakukan penanganan dengan tanggul dan pompa.

Kemudian, untuk jalan tol dalam kota Jakarta, pada KM 00+100 tergenang, arah Cikampek L2 bisa dilintasi, arah Jakarta L2 bisa dilintasi.

“Saat ini dilakukan dengan pompa dan pengaturan lalu lintas oleh petugas,” pungkasnya.

IG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  21  =  23