Megawati Soekarnoputri mengaku sedih dan menangis lantaran Presiden Joko Widodo sering kali dihina oleh banyak orang. Padahal, kata dia, Jokowi tetap bekerja
Ekbis Hot Topic

Jokowi Akui Larangan Ekspor CPO Pengaruhi Penerimaan Negara

Channel9.id-Jakarta. Presiden Joko Widodo mengakui negara tetap membutuhkan penerimaan pajak dari ekspor minyak sawit mentah (CPO) dan turunannya meski memberlakukan pelarangan ekspor bahan baku minyak goreng per 28 April 2022. Jokowi bakal mengevaluasi dan mengawasi implementasi larangan ekspor bahan baku minyak goreng ke depan.

“Begitu kebutuhan dalam negeri sudah terpenuhi, tentu saya akan cabut larangan ekspor karena saya tahu negara perlu pajak,” kata Jokowi, Rabu, 27 April 2022.

Tak hanya perlu penerimaan pajak, kepala negara juga mengakui pemerintah tetap berharap pemasukan devisa dari kegiatan ekspor CPO ke depan. Yang tak kalah penting, pemerintah juga tetap ingin neraca perdagangan surplus karena mendapat kontribusi dari ekspor CPO.

Tapi, Jokowi menekankan semua itu akan dikejar jika kebutuhan bahan baku minyak goreng nasional sudah terpenuhi. Pasalnya, kebutuhan dalam negeri yang tak terpenuhi telah menimbulkan masalah lain di masyarakat, yaitu kenaikan harga dan kelangkaan pasokan minyak goreng. “Sebagai negara produsen minyak sawit terbesar di dunia, ironis malah mengalami kesulitan mendapatkan minyak goreng,” kata Presiden.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  +  17  =  27