Connect with us

Hot Topic

Kapolda Papua: Kelompok Separatis Papua Merdeka Rancang Aksi Mogok Sipil

Published

on

Channel9.id – Jakarta. Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw menyampaikan, sejumlah kelompok separatis Papua Merdeka tengah merancang aksi besar-besaran pada 10-11 Januari 2021. Aksi besar itu disebut sebagai aksi mogok sipil nasional.

“Kejadian pembakaran pesawat MAF di Intan Jaya maupun penembakan helikopter milik PT Freeport Indonesia di Kampung Tsinga, Distrik Tembagapura, Mimika pada Rabu 6 Januari 2021 semuanya berkaitan. Dari hasil pemantauan lewat sarana yang kami punya, memang benar mereka sedang merancang aksi pada 10 dan 11 Januari ini. KKB yang juga didukung kelompok separatis lain yang di kota dan sekitarnya akan melakukan aksi,” kata Waterpauw berdasarkan keterangan resmi, Jumat 8 Januari 2021.

Dengan pengamatan itu, Polda Papua bekerja sama stakeholder tetkait telah mengantisipasi dengan menempatkan pasukan pada sejumlah titik-titik yang dianggap rawan.

“Antisipasi sudah kami lakukan untuk di beberapa titik, berutama di Tembagapura dan sekitarnya, dan di beberapa wilayah kita konsentrasikan kekuatan,” katanya.

Kendati begitu, dia meminta semua pihak mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas di wilayah yang sulit dijangkau atau terisolasi dimana pasukan TNI dan polisi belum tergelar sama sekali di daeah-daerah itu.

“Yang perlu kita waspadai terutama di dusun-dusun, kampung dan distrik yang lokasinya sulit terjangkau karena kekuatan kami tidak bisa tergelar hingga di daerah-daerah itu,” katanya.

Di samping itu, dia mengimbau para pihak yang berencana melakukan perjalanan ke wilayah-wilayah yang sulit dan terisolasi supaua berkoordinasi dengan pihak keamanan untuk mendapatkan gambaran keadaan kondisi keamanan di daerah-daerah itu.

“Para pihak yang akan menuju ke beberapa titik kampung atau dusun atau distrik yang belum terjangkau oleh kami tolong sinergi dengan kami. Tanya dulu sama kami bagaimana keadaan di sana sehingga ada dulu referensi dari kami untuk bisa memberikan pertimbangan bagi para pihak yang akan melakukan perjalanan ke sana. Kami tidak mengharapkan terjadi sesuatu kepada siapapun,” kata Waterpauw.

Menyangkut dugaan pelaku pembakaran pesawat MAF di Intan Jaya dan penembakan helikopter milik PT Freeport Indonesia yang dioperasikan PT Sayap Garuda Indonesia (SGI) di Tsinga, Distrik Tembagapura, Rabu 6 Januari 2021, dia menegaskan, jajarannya masih terus mengecek informasi kelompok mana yang melakukan aksi itu.

“Itu yang sedang kami chek. Tadi subuh sudah saya minta ke sub sartgas di sana tolong dichek dari kelompok mana pelakunya kalau memang benar itu dilakukan oleh KKB. Apakah di situ ada daerah perlintasan KKB atau bagaimana,” katanya.

Dia menyatakan, dua kejadian kekerasan terhadap sarana transportasi sipil itu sengaja diciptakan untuk menunjukan eksistensi kelompok separatis Papua di mata dunia internasional. Terutama negara-negara yang selama ini mendukung perjuangan melepaskan Papua dari bingkai NKRI.

“Itukan gerakan-gerakan yang sengaja mereka ciptakan untuk menunjukan kepada dunia atau negara-negara pendukung bahwa mereka masih ada dan masih ada aktivitas politik dan sebagainya. Nanti rancangannya mereka akan melakukan mogok sipil dimana seluruh aktivitas akan dihentikan,” kata Waterpauw.

Karena itu, aparat TNI dan Polri serta seluruh kekuatan yang ada di Papua, tentu tidak akan membiarkan aksi ‘mogok sipil nasional’ itu terjadi.

“Makanya kemarin-kemarin itu ada kelompok kecil yang membawa aspirasi mau menolak Otsus itu kami redam atau padamkan di titik-titik awal sehingga mereka tidak jadi berkumpul menjadi satu yang bisa kemudian tercipta keinginan mereka untuk melakukan mogok sipil ini,” kata dia.

(HY)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hot Topic

Komisi III DPR Setuju Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry menyatakan, semua fraksi di Komisi III menyetujui secara mufakat Komjen Listyo Sigit Prabowo untuk menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis.

“Menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri. Selanjutnya hal itu ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPR RI dan diproses sesuai aturan perundang-undangan,” kata Herman usai fit and proper test kapolri di Komisi III DPR RI, Jakarta, Rabu 20 Januari 2021.

Baca juga: Uji Kelayakan, Ini 8 Komitmen Komjen Listyo Sigit

Di kesempatan sama, Komisi III DPR menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri.

Sebelumnya, Komjen Listyo Sigit Prabowo memaparkan makalah calon kapolri serta menjawab beberapa pertanyaan dari anggota Komisi III DPR saat fit and proper test hari ini.

Salah satu pemaparannya, Komjen Listyo menyampaikan enam sasaran prioritas Polri yang akan dilaksanakan pada 2021.

“Sasaran prioritas Polri tahun 2021 yang terdapat pada surat edaran tentang pedoman perencanaan Kapolri tahun 2021,” kata Listyo Sigit saat membacakan makalah bertajuk ‘Transformasi Menuju Polri yang Presisi: Prediktif – Responsibilitas – Transparansi Berkeadilan” di Komisi III DPR RI, Jakarta, Rabu 20 Januari 2021.

Listyo menyampaikan, sasaran pertama menciptakan Harkamtibmas yang kondusif guna menjaga stabilitas kamtibmas dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial termasuk di wilayah perbatasan NKRI. Kemudian kedua, mengoptimalkan pelayanan publik Polri.

“Selanjutnya ketiga, penegakan hukum secara berkeadilan dan terpercaya. Keempat meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan SDM Polri,” kata Listyo Sigit.

Kemudian kelima, pengembangan Almatsus kepolisian yang modern secara bertahap dan berkelanjutan. Terakhir, regulasi dan sistem pengawasan yang efektif dan terpercaya.

HY

Continue Reading

Hot Topic

Komjen Listyo Sigit: Pemberian Jabatan Polri Akan Diatur Secara Proposional

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, jika dirinya menjadi Kapolri, pemberian jabatan untuk senior maupun junior di tubuh Polri akan diatur secara proposional.

“Terkait masalah posisi, jabatan akan kita atur secara proporsional. Senior tetap memiliki ruang, junior yang berprestasi juga kita berikan kesempatan,” kata Listyo Sigit saat mengikuti fit and proper test Kapolri di Komisi III DPR RI, Jakarta, Rabu 20 Januari 2021.

Listyo menyampaikan, pengaturan itu akan mencegah niat anggota Polri untuk melakukan sesuatu hal ke atasan demi mendapatkan jabatan tertentu. Lantaran, proses mendapatkan dan pemberian jabatan akan ditentukan melalui standar dan penilaian secara profesional.

“Jangan berpikir sekali-sekali, apalagi saya sering sampaikan, tidak ada lagi anggota pusing-pusing apa yang bisa dikasih ke pimpinan,” kata Listyo.

Listyo pun menegaskan, saat nanti menjadi Kapolri, dia akan meminta seluruh anggota Polri untuk fokus bekerja dan menghasilkan sebuah prestasi.

“Saya minta di masa saya, yang penting kalian bekerja. Di situ rekan-rekan bisa kemudian berlomba mencari prestasi yang terbaik,” katanya.

HY

Continue Reading

Hot Topic

Gempa di Maluku Tenggara Tidak Berpotensi Tsunami

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Gempa dengan magnitudo 5,5 mengguncang wilayah Maluku Tenggara sekitar pukul 11.28 WIB, Rabu 20 Januari 2021. Gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Gempa tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, titik gempa berada pada 112 kilometer arah Barat Daya Maluku Tenggara dengan koordinat 5.91 Lintang Selatan, 131.75 Bujur Timur.

Raditya menyebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tenggara menyatakan gempa tidak terasa di wilayah Maluku Tenggara.

“Belum ada laporan kerusakan maupun korban akibat gempa tersebut,” ujarnya.

Kendati begitu, berdasarkan kajian InaRISK, gempa dengan potensi bahaya sedang hingga tinggi dimiliki kabupaten tersebut. Karena itu, Raditya menghimbau masyarakat setempat supaya waspada dengan bencana gempa bumi.

Masyarakat juga bisa mengakses informasi terkait potensi bencana tersebut di situs inarisk.bnpb.go.id. Portal ini memaparkan data hasil kajian risiko. InaRISK mampu menggambarkan ancaman bencana di suatu wilayah berikut populasi terdampak, potensi kerugian fisik, ekonomi, dan lingkungan.

Dia juga mengingatkan supaya masyarakat menghindari informasi yang tidak benar dengan memantau laman BMKG.

“Untuk mengetahui berbagai informasi gempa terkini dan potensi cuaca untuk menghindari informasi tidak benar yang meresahkan,” ujar Raditya.

Rentetan gempa berkekuatan kecil hingga besar terjadi di sejumlah wilayah Indonesia bagian tengah dan timur beberapa hari ini. Gempa pertama melanda wilayah Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat. Kemudian gempa menggoyang Alor, Nusa Tengara Timur (NTT) dan Maluku Barat Daya.

HY

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC