Kasus Harian NSW Menurun, Peraturan Lockdown Dicabut
Internasional

Kasus Harian NSW Menurun, Peraturan Lockdown Dicabut

Channel9.id-New South Wales. Negara bagian New South Wales (NSW) melaporkan kenaikan harian kasus virus corona terendahnya sejak tiga minggu lalu dan Sydney mulai melonggarkan peraturan lockdown setelah program vaksinasinya mulai naik pesat, Senin (20/9/2021).

Perdana Menteri NSW Gladys Berejiklian menyebutkan ada 935 kasus baru di negara bagiannya, angka terendah sejak tanggal 27 Agustus, dan turun dari hari Minggu lalu yang mencapai 1,083.

“Kami merasa lebih baik daripada beberapa minggu lalu … tapi saya tidak ingin bersantai-santai dan merasa kita sudah melalui fase terburuk pandemi ini,” ucap Berejiklian kepada para wartawan di Sydney, memperingatkan kalau masih ada kemungkinan terburuk kedepannya.

“Karena kita sudah melihat adanya pelonjakan-pelonjakan kasus, kami tahu kalau Oktober akan menjadi bulan yang sangat menantang untuk sistem kesehatan kami,” tambahnya.

Hampir sekitar 25 juta warga Australia harus mengikuti peraturan lockdown setelah wabah varian Delta merebak secara cepat di Sydney dan Melbourne, memaksa pemerintah untuk meninggalkan target Covid-zeronya dan beralih fokus ke program vaksinasinya.

Disaat program vaksinasi Australia semakin cepat dengan 53% orang dewasa NSW sudah divaksin kedua, beberapa peraturan lockdown disana sudah dilonggarkan di 12 zona merah Sydney barat. Peraturan jam malam sudah diangkat dan orang-orang yang sudah divaksin kedua diperbolehkan berkumpul maksimal lima orang.

Negara bagian Victoria, mencatat ada satu korban jiwa dan 567 kasus baru pada hari Senin, angka kasus harian tertinggi pada tahun ini. Catatan tersebut keluar setelah sehari sebelumnya mereka mengumumkan rencana new-normalnya setelah 70% warganya sudah mendapat vaksin dosis keduanya yang diharapkan akan tercapai pada akhir Oktober nanti. Sejauh ini, 44% warga Victoria sudah divaksin dua kali.

Sementara itu, beberapa pekerja berunjuk rasa di luar kantor serikat pekerja Melbourne karena adanya peraturan wajib vaksin di sektor konstruksi bangunan, lapor media setempat.

Tim Basket New Zealand Breakers, memecat salah satu pemainnya Tai Webster setelah ia memutuskan untuk tidak akan divaksin.

Selama pandemi ini, Australia sebagian besar menangani situasi dengan baik dengan hanya mencatat 87,000 kasus dan 1,167. Sekitar 56,000 kasus tersebut terjadi sejak pertengahan Juni saat varian Delta mewabah di Sydney.

(RAG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

75  +    =  80