Korea Utara Luncurkan Uji Coba Rudal Ketiga
Internasional

Korea Utara Luncurkan Uji Coba Rudal Ketiga

Channel9.id-Korea Utara. Korea Utara kembali luncurkan setidaknya dua rudal balistik lagi pada hari Jumat (14/1/2022). Peluncuran ini menandakan kalau Korut telah melakukan uji coba ketiganya dalam kurun waktu dua minggu, dan juga di saat beberapa jam setelah mereka mengkritik AS yang ingin memberikan sanksi tambahan atas dua uji coba tes sebelumnya.

Ketua Staff Gabungan Korea Selatan (JCS) mengungkapkan kalau mereka telah mendeteksi apa yang mereka anggap dua rudal balistik jarak pendek (SRBM) ke arah timur dari Provinsi Pyongan Utara di pantai barat Korea Utara, dekat perbatasan Cina.

Baca juga: Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik di Saat Korsel Resmikan Jalur Kereta

Penjaga pantai Jepang juga melaporkan kalau Korut telah menembakkan rudal balistik. Rudal tersebut nampaknya telah jatuh ke laut luar ZEE Jepang, lapor NHK yang mengutip pejabat Kementerian Pertahanan Jepang.

“Beragam aksi dari Korea Utara, termasuk peluncuran rudal balistik, merupakan ancaman untuk keamanan negara kami dan daerah sekitarnya, dan itu adalah isu penting untuk seluruh komunitas internasional,” ujar Hirokazu Matsuno, Kepala Sekretaris Kabinet Jepang saat jumpa pers.

Dua rudal itu meluncur dengan kecepatan sekitar 430 km dan mencapai ketinggian 36 km, ungkap JCS.

“Militer kami sedang memonitor perkembangan persiapan kami untuk adanya kemungkinan peluncuran lainnya,” ungkap pernyataan JCS.

Peluncuran itu merupakan peluncuran ketiga pada tahun 2022, tingkat yang cukup tinggi untuk uji coba rudal. Dua uji coba sebelumnya merupakan rudal hipersonik yang mampu meluncur dengan kecepatan melebihi kecepatan suara.

Berbeda dengan tes hari Jumat, kedua tes sebelumnya hanya meluncurkan satu rudal dari Provinsi Jagang.

(RAG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  63  =  67