Connect with us

Lifestyle & Sport

Manfaat Rutin Membersihkan Lidah

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Menjaga kesehatan mulut tak cukup jika hanya menyikat gigi dua kali sehari. Membersihkan lidah pun penting, namun kerap kali diabaikan banyak orang.

Padahal, sebagaimana telah diketahui, lidah berfungsi sebagai indra pengecap dan memiliki fungsi penting lainnya. Maka dari itu, penting sekali menjaga kesehatan lidah dengan membersihkannya.

Lantas, apa saja manfaat membersihkan lidah?

1. Mencegah bau mulut
Bau mulut atau halitosis merupakan kondisi di mana seseorang memiliki aroma napas yang tidak sedap.

Menurut sebuah penelitian perihal halitosis pada 2011, kebanyakan kasus, yaitu 85–90%, bau mulut dimulai dari mulut sendiri. Disebutkan bahwa bakteri di lidah menghasilkan senyawa yang berbau busuk dan asam lemak. Kondisi ini berhubungan dengan 80-90% dari seluruh kasus bau mulut itu.

Dengan demikian, faktor utama dari bau nafas bersumber dari bakteri pada lidah yang tidak dibersihkan dengan baik.

Baca juga : Dampak Terlalu Banyak Minum Teh

2. Indra pengecap menajam
Timbunan plak atau bakteri pada permukaan papila lidah bisa membuat kinerja kuncup perasa bisa terhalang. Kondisi ini membuat ketajaman indra pengecap menurun.

Maka dari tiu, disarankan membersihkan lidah secara rutin. Cara ini bisa membuat plak pada permukaan papila akan berkurang dan membantu meningkatkan ketajaman indra pengecap.

3. Mencegah kandidiasis oral
Bercak putih pada lidah merupakan salah satu gejala kandidiasis oral, infeksi yang disebabkan oleh jamur dari jenis Candida albicans.

Pada kasus tertentu, penyebaran jamur Candida ke selaput pembungkus otak (meningen) bisa menyebabkan meningitis.

Salah satu cara mencegah kandidiasis ialah dengan menjaga kebersihan mulut dengan rutin merawat gigi dan menjaga kebersihan lidah.

4. Mencegah lidah pecah-pecah
Lidah pecah-pecah ialah kondisi di mana lidah memiliki alur dangkal atau dalam, biasanya 4-5 mm. Menurut studi, kondisi lidah pecah-pecah bisa meningkatkan risiko terjadinya kandidiasis oral dan halitosis.

Alur lidah itu bisa menimbun bakteri maupun jamur. Jika mengalami kondisi ini, lebih baik menggunakan sikat gigi yang lembut untuk membersihkan lidah.

5. Mencegah kanker lidah
Salah satu faktor penyebab kanker lidah ialah infeksi virus papiloma dan faktor kebersihan gigi serta mulut. Dengan rutin membersihkan lidah, infeksi virus papiloma bisa dicegah.

Kebiasaan tersebut bisa menjadi langkah pencegahan dini melawan kanker lidah.

Maka dari itu, jangan lagi mengabaikan kebersihan gigi dan lidah. Gosok gigi dan bersihkanlah lidah secara rutin, serta berkumurlah dengan obat kumur mulut untuk mencegah bakteri bersarang. Atau, periksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter minimal 6 bulan sekali.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Zlatan Ibrahimovic Positif Corona

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Penyerang AC Milan Zlatan Ibrahimovic dinyatakan positif terinfeksi virus corona pada Kamis (24/9) waktu setempat.

Ibrahimovic diketahui positif covid-19 setelah mengikuti tes di tempat latihan Milan pada hari ini. Ibra bersama rekan setimnya Leo Duarte jadi pemain yang diketahui positif corona.

Pengumuman itu dikeluarkan oleh Milan melalui laman resmi mereka. Dengan demikian, Ibrahimovic akan menjalani karantina hingga dirinya dipastikan negatif covid-19.

Baca juga: Neymar dan Di Maria Positif Corona Setelah Berlibur di Ibiza

“Zlatan Ibrahimovic positif covid-19 setelah mengikuti tes kedua swab tes jelang laga malam ini melawan Bodo-Glimt,” bunyi pernyataan resmi klub.

Pemain berusia 38 tahun ini pun dipastikan absen saat Rossoneri menantang Bodo-Glimt di ajang Liga Europa, Kamis malam waktu setempat.

Penyerang asal Swedia itu sendiri sedang berada dalam performa apik di awal musim ini. Dia memborong dua gol saat Milan mengalahkan Bologna 2-0, akhir pekan lalu.

Kabar dari Ibrahimovic ini, menambah daftar pesepakbola dunia yang sudah terkonfirmasi positif corona. Sebelumnya, pemain PSG Neymar bersama dua rekannya Angel Di Maria, dan Leandro Paredes juga terpapar virus corona usai berlibur di Ibiza, Spanyol.

IG

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Makanan Kaya Kalsium yang Mudah Didapat

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Mengonsumsi susu dan olahannya diketahui baik untuk kesehatan tulang. Sebab makanan asupan jenis ini kaya akan kalsium, yang bisa memenuhi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan vitamin D.

Tak hanya itu, masih ada makanan asupan lain yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Bahkan di antara makanan yang mudah di temukan, di antaranya berikut ini.

1. Telur
Vitamin D ada pada bagian kuningnya. Memang kandungan vitamin D pada telur tidak terlalu tinggi, namun makanan ini mudah diperoleh dan bisa diolah.

2. Tahu
Kandungan kalsium pada 60 gram tahu terdapat sekitar 200 miligram. Tentu saja, tahu mudah didapat dan diolah.

Baca juga : Berlama-lama di Rumah Saat PSBB, Waspada Cabin Fever

3. Jeruk
Umumnya, buah ini diketahui kaya akan vitamin C. Namun, jeruk juga mengandung vitamin D dan mengandung kalsium yang cukup tinggi. Asam askorbat pada Jeruk bermanfaat untuk penyerapan kalsium. Sayangnya, kandungan ini bisa hilang bila diolah dengan diperas atau dijus.

4. Ikan
Ikan sarden dan salmon mengandung kalsium dan vitamin D yang tinggi. Lalu pada 3 ons ikan tuna mengandung 154 IU, yang bisa memenuhi sekitar 39% manfaat sinar matahari yang bagus untuk tulang.

5. Sayuran hijau
Sayuran hijau diketahui mengandung kalsium yang tinggi. Pada seporsi kangkung terdapat 245mg kalsium. Lalu, secangkir bayam matang mengandung hampir 25% kalsium harian, ditambah serat, zat besi, dan vitamin A. Pada secangkir sawi juga mengandung sekitar 25% kalsium harian yang dibutuhkan.

Itulah makanan asupan yang mudah didapat yang memiliki kandungan kalsium yang sehat untuk tulang. Diketahui, kebutuhan kalsium harian yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda. Sebagau referensi, orang dewasa membutuhkan sekitar 700-1200 miligram.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Luis Suarez Resmi ke Atletico Madrid

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Atletico Madrid secara resmi mengumumkan kesepakatan transfer Luis Suarez dari Barcelona. Kini Atletico tinggal menuntaskan detail-detail kepindahan.

Suarez tinggal selangkah lagi resmi jadi milik Atletico Madrid. Setelah melalui sejumlah situasi pelik, termasuk kegagalan pindah ke Juventus yang turut membuatnya terjerat kasus tes paspor, Suarez menemui kejelasan pada masa depannya.

Baca juga: Catatan Kepelatihannya tak Cemerlang, Ronald Koeman Resmi Melatih Barcelona

Atletico mengumumkan telah menyepakati transfer dengan Barcelona, seperti yang telah diperkirakan sebelumnya. Los Colchoneros sudah lebih dulu memberikan sinyal kuat dengan melepaskan Alvaro Morata ke Juventus, demi memberikan tempat untuk Suarez.

“Atletico de Madrid dan FC Barcelona telah mencapai kesepakatan untuk transfer Luis Suarez,” tulis pernyataan resmi Atletico.

Selanjutnya Suarez tinggal menuntaskan tes medis, sementara klub membereskan urusan kontrak. Penyerang 33 tahun itu akan resmi jadi milik Atletico setelah meneken kontraknya.

Barcelona mengumumkan bahwa transfer Suarez bernilai 6 juta euro. Blaugrana telah mengucapkan perpisahan dan menyiapkan acara pelepasan untuk sang pemain pada Kamis (24/9/2020) ini.

Ini berarti pula bahwa kebersamaan Suarez dengan Barcelona akan berakhir setelah enam musim. Pemain asal Uruguay itu menjadi korban proyek baru Barcelona yang dipimpin Ronald Koeman, yang baru datang musim panas tahun ini.

Kepindahannya ke Atletico kabarnya sempat ditentang oleh Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu. Tapi Bartomeu pada prosesnya melunak dan membiarkan Suarez pergi.

IG

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC