WNI dari Luar Negeri Bakal Dikarantina 14 Hari
Hot Topic Nasional

N Menjadi Pasien Pertama Covid-19 Varian Omicron

Channel.id-Jakarta. Seorang petugas kebersihan Rumah Sakit Wisma Atlet Jakarta berinisial N, menjadi pasien pertama kasus Covid-19 varian Omicron. Hal itu diungkap Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan konferensi pers perkembangan Covid-19 di Jakarta, Kamis, 16 Desember 2021.

“Kemenkes tadi malam mendeteksi seorang pasien berinisial N terkonfirmasi Omicron pada 15 Desember 2021. Data kita konfirmasi ke Gsaid. Ini sekuensing Omicron,” ujar Budi Gunadi.

Ia menjelaskan, awalnya terdapat tiga pekerja kebersihan di Wisma Atlet yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes PCR.

“Tiga orang tersebut dilaporkan tidak memiliki gejala. Secara fisik sehat, tidak ada demam dan batuk. Namun dari tiga sampel yang diperiksa Balitbangkes Kemenkes, satu di antaranya dilaporkan tertular Omicron,” katanya.

Baca juga: Menkes: Varian Omicron Terdeteksi di Tanah AirĀ 

Pasien tersebut yang dimaksud yakni berinisial N. Kemenkes juga telah mengambil sampel genom sekuensing N pada 8 Desember 2021 dan dikirim ke Gsaid. “Pada 10 Desember kami terima hasilnya,” tandasnya.

Budi mengatakan ketiga pasien itu saat ini dikarantina di Wisma Atlet. PCR kedua pasien itu juga sudah dinyatakan negatif.

“Ketiganya dikarantina di Wisma Atlet dan tanpa gejala. Mereka sudah di-PCR kedua dan semua negatif,” kata Budi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

32  +    =  37