Connect with us

Ekbis

Pembangunan Smelter, Jokowi: Perkuat Hilirisasi Industri

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, pembangunan smelter  PT Freeport dibangun untuk menciptakan nilai tambah produk tambang di dalam negeri. Hal itu dikatakan Kepala Negara saat melakukan groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur, Selasa (12/10).

“Inilah kenapa smelter PT Freeport ini dibangun di dalam negeri, yaitu di Gresik, Provinsi Jawa Timur. Ini adalah sebuah kebijakan strategis terkait dengan industri tambang tembaga setelah kita menguasai 51 persen saham Freeport dan saat itu juga kita mendorong agar Freeport membangun smelter di dalam negeri. Karena sekali lagi, kita ingin nilai tambah itu ada di sini,” ungkapnya.

Baca juga: Groundbreaking Pabrik Smelter, Jokowi Bertolak ke Jatim 

Jokowi menuturkan, Indonesia masuk dalam kategori tujuh negara yang memiliki cadangan tembaga terbesar di dunia. Potensi yang sangat besar tersebut harus bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat dengan menciptakan nilai tambah yang setinggi-tingginya bagi ekonomi nasional.

Menurutnya, pembangunan smelter di dalam negeri ini akan memperkuat hilirisasi industri. Presiden mengatakan pihaknya akan meminta perusahaan tambang baik swasta maupun BUMN untuk melakukan hilirisasi agar komoditas tambangnya memiliki nilai lebih tinggi.

Hilirisasi juga akan memberikan nilai tambah bagi negara yang juga berarti akan memberikan pemasukan yang lebih tinggi pada negara. Selain itu, juga menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan, dan membuat bangsa Indonesia makin mandiri dan makin maju.

“Tadi disampaikan Pak Menteri bahwa ini dalam masa konstruksi saja akan ada 40.000 tenaga kerja yang bisa bekerja, artinya yang terbuka lapangan pekerjaan ini akan banyak sekali di Kabupaten Gresik dan di Provinsi Jawa Timur, belum nanti kalau sudah beroperasi,” lanjutnya.

Dibangun di atas lahan seluas 100 hektare, smelter PT Freeport Indonesia ini akan menjadi smelter single line terbesar di dunia dengan kapasitas pengolahan mencapai 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun atau 480.000 ton logam tembaga. PT Freeport Indonesia sendiri merupakan bagian dari MIND ID, BUMN holding industri pertambangan.

“Saya berharap kehadiran PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus di Gresik ini akan menjadi daya tarik bagi industri-industri lain untuk masuk ke KEK Gresik ini, khususnya industri turunan tembaga untuk ikut berinvestasi di sini,” jelasnya.

Jokowi pun menegaskan komitmen pemerintah untuk terus memberikan dukungan penuh dalam berbagai hal agar iklim investasi di Indonesia makin baik. Dengan demikian, diharapkan Indonesia akan makin diminati sebagai negara tujuan investasi.

“Tadi seperti yang diminta oleh Pak Menko tadi, infrastrukturnya terus akan kita dukung, kemudahan dan kepastian berusaha akan kita dukung, kemudian ketersediaan SDM sesuai dengan kebutuhan industri juga nanti pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten juga ikut mendukung agar KEK Gresik ini makin maju, dan Indonesia akan semakin diminati sebagai tujuan investasi,” tandasnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekbis

KTT ke-13 IMT-GT, Jokowi Sampaikan 3 Upaya Pemulihan Ekonomi

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan tiga hal yang harus dilakukan sebagai upaya pemulihan ekonomi. Menurutnya, upaya tersebut harus diletakkan dalam konteks pembangunan berkelanjutan dan pemenuhan target Sustainable Development Goals (SDGs).

Hal itu disampaikan Kepala Negara dalam pidatonya pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-13 Indonesia – Malaysia – Thailand Growth Triangle (IMT-GT) secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/10).

Pertama, Jokowi menyatakan pentingnya percepatan pembangunan infrastruktur, baik hard infrastructure maupun soft infrastructure. Dalam hal ini, Indonesia berkomitmen untuk menjamin keterhubungan di wilayah Sumatra.

“Selama periode pertama cetak biru, Indonesia telah menyelesaikan tujuh ruas jalan tol, pengembangan pelabuhan Kuala Tanjung, dan LRT Palembang,” katanya.

Baca juga: IHSG Anlok, Ditutup Melemah 1,18% 

Kedua, pentingnya mendukung ketahanan pangan dan energi melalui identifikasi dan pengembangan produk pertanian bernilai tambah tinggi. Pengembangan pertanian digital, lanjut Jokowi, dinilai penting untuk meningkatkan produktivitas dan menarik partisipasi generasi muda.

“Untuk energi, teknologi dengan harga terjangkau, dan investasi memegang peranan penting bagi transformasi energi baru dan terbarukan. Oleh karena itu, kerja sama dengan mitra menjadi penting sekali artinya,” paparnya.

Terakhir, pentingnya mempercepat transformasi ekonomi digital termasuk untuk UMKM. Jokowi menyebut pandemi mengajarkan pentingnya teknologi digital untuk menjalankan perekonomian.

“Kita harus lahirkan lebih banyak lagi digitalpreneur baru. Kita pastikan IMT-GT e-commerce platform yang baru dibentuk agar berfungsi optimal dan user friendly dalam memfasilitasi UMKM di pasar digital,” tandasnya.

Continue Reading

Ekbis

IHSG Anjlok, Ditutup Melemah 1,18%

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah pada akhir perdagangan Kamis, 28 Oktober 2021. Indeks turun 1,18% atau 78,13 poin ke 6.524,08.

Sebanyak 152 saham menguat, 381 saham melemah dan 130 saham bergerak ditempat. Investor asing membukukan net foreign sell sebesar Rp513,04 miliar jelang penutupan.

Baca juga: IHSG Ditutup Melemah 0,82% 

PT United Tractors Tbk (UNTR) menjadi saham dengan penjualan bersih terbesar asing yakni Rp 75,3 miliar. Selanjutnya, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Rp 69,5 miliar, dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Rp 66,5 miliar.

Di sisi lain, asing melakukan pembelian bersih terbesar pada saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) Rp 64,5 miliar. Disusul, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) Rp 59,7 miliar, dan PT Indika Energy Tbk (INDY)  Rp 36,8 miliar.

Continue Reading

Ekbis

Naik Tipis, Emas Antam Dibanderol Rp930.000

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dijual Rp930.000 per gram atau naik tipis Rp1.000 pada Kamis, 30 Oktober 2021. Sebelumnya logam mulia Antam dibanderol Rp929.000 per gram pada Rabu (27/10).

Sementara itu, harga buy back emas Antam pun ikut naik Rp2.000 dan berada di level Rp819.000 per gram. Sebelumnya harga beli kembali emas Antam dihargai Rp817.000.

Baca juga: Turun Rp5.000, Emas Antam Dibanderol Rp929.000

Berikut daftar harga emas Antam pada Kamis, 28 Oktober 2021:

  • Emas batangan 1 gram Rp929.000
  • Emas batangan 2 gram Rp1.798.000
  • Emas batangan 3 gram Rp2.672.000
  • Emas batangan 5 gram Rp4.420.000
  • Emas batangan 10 gram Rp8.785.000
  • Emas batangan 25 gram Rp21.837.000
  • Emas batangan 50 gram Rp43.595.000
  • Emas batangan 100 gram Rp87.112.000
Continue Reading

HOT TOPIC