Connect with us

Lifestyle & Sport

Penyebab Jerawat Muncul Meski di Rumah Melulu

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Kebanyakan orang mengira bahwa jerawat muncul karena wajah kotor akibat aktivitas di luar rumah. Padahal sebenarnya jerawat bisa muncul meski seseorang hanya berada di rumah.

Jerawat sejatinya bisa muncul kapan pun ketika folikel rambut atau bagian kulit tempat tumbuhnya tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Ada sejumlah faktor penyebab kemunculan jerawat, di antaranya kelebihan produksi minyak di kulit, menumpuknya sel-sel kulit mati di pori-pori, menumpuknya bakteri di kulit, hingga hormon.

Berikut ini beberapa penjelasan perihal penyebab tumbuhnya jerawat meski di rumah saja.

1. Barang yang terkontaminasi bakteri
Seorang ahli menyebut bahwa salah satu barang yang cenderung terkena bakteri dan dekat dengan kulit wajah yaitu ponsel.

Sebagaimana diketahui, intensitas penggunaan ponsel saat di rumah saja meningkat selama pandemi Covid-19, entah karena alasan untuk komunikasi maupun untuk hiburan. Sayangnya, kemunginan Anda tak menyadari adanya bakteri yang bersemayam di permukaan ponsel. Jika ponsel didektakan ke wajah atau tangan menyentuh wajah, bakteri bisa saja menyebabkan jerawat.

Baca juga : Risiko Memencet Jerawat Secara Paksa

Selain ponsel, barang lain pun bisa membawa bakteri bila jarang dibersihkan. Misalnya, sarung bantal dan kasur, laptop, atau barang lainnya yang rentan kotor dan dekat dengan kulit.

2. Konsumsi makanan penyebab jerawat
Seseorang jika kebosanan di dalam rumah cenderung lebih banyak makan. Namun, bisa saja yang dikonsumsi merupakan makanan yang buruk bagi kesehatan kulit sehingga menyebabkan jerawat. Adapun makanan yang diduga menyebabkan jerawat antara lain yang mengandung gula dan karbohidrat olahan, produk susu, makanan cepat saji, coklat, makanan berminyak dan gorengan. Kendati demikian, masih penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

3. Kurang tidur
Entah karena pekerjaan atau alasan yang kurang penting, seseorang kerap mengulur waktu tidur. Padahal hal ini tidak baik untuk kesehatan kulit. Ahli menyebutkan bahwa kurang tidur bisa melepas kortisol atau hormon stres yang bisa berkontribusi pada peradangan kulit, termasuk jerawat. Oleh karenanya, direkomendasikan untuk tidur selama tujuh hingga sembilan jam dalam semalam untuk orang dewasa.

4. Kekurangan vitamin D
Seseorang yang hanya di rumah saja berisiko kekurangan vitamin D. Padahal vitamin ini sangat penting untuk kesehatan kulit dan tubuh. Selain meningkatkan imunitas tubuh, ia baik untuk kesehatan kulit. Misalnya, memiliki sifat antibakteri yang bisa mencegah peradangan di kulit.

Sejumlah studi membuktikan adanya keterkaitan antara vitamin D dan jerawat. Orang yang berjerawat cenderung kekurangan vitamin D dan cenderung parah bila kadar vitamin ini rendah.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Lamban Berpikir Saat Bekerja, Berikut Cara Kembalikan Konsentrasi

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Mungkin Anda pernah mendadak lupa atau hilang fokus saat bekerja. Efekknya, produktivitas menurun drastis. Biasanya hal ini terjadi karena stres akibat kewalahan beban kegiatan harian.

Stres ini kemudian membuat Anda kesulitan berpikir jernih dan berkonsentrasi. Sebab ketika stres, otak cenderung memilih untuk memikirkan masalah ketimbang cara mencari solusi ke depannya. Bahkan, Anda menjadi malas berpikir dan memikirkan hal lainnya. Kerap kali Anda kebingungan dan linglung karena fungsi kognitif otak tidak bekerja baik.

Baca juga : Mudah Lesu Saat Beraktivitas, Tips Tingkatkan Stamina

Karena kesulitan berpikir jernih dan berkonsentrasi itu, Anda jadi membutuhkan waktu lebih lama untuk menyerap informasi. Bahkan terkadang disertai dengan kesulitan menyampaikan pendapat. Anda tak usah khawatir sebab masalah ini bisa diatasi dengan beberapa cara agar bisa lebih fokus saat bekerja, baik di rumah maupun di kantor. Berikut ini caranya.

1. Pastikan cukup tidur
Penyebab utama Anda sulit bekerja ialah kurang tidur. Agar tidur Anda berkualitas, kamar tidur harus nyaman. Pastikan jauh dari gadget, suhu ruang kamar ideal, jauh dari kebisingan, hingga kualitas kasur dan sprei yang digunakan baik.

Jika ada kesempatan untuk tidur siang, jangan lewatkan. Tidur siang setidaknya 15 menit setelah makan siang bisa kembali menyegarkan tubuh.

2. Buat tempat kerja senyaman mungkin
Suasana kerja yang nyaman membuat Anda lebih berkonsentrasi dan fokus. Anda bisa menghias meja kerja dengan benda-benda yang membahagiakan dan memotivasi Anda, seperti foto keluarga hingga tanaman segar. Cara ini bisa membantu mengurangi stres.

3. Peregangan
Setelah berjam-jam menatap layar, luangkan waktu untuk melakukan peregangan sederhana supaya mata dan otot-otot rileks.

Anda bisa menggerak-gerakan kaki, bahu, kepala, dan tangan supaya sirkulasi darah di area tersebut berjalan lebih lancar. Jika memungkinkan, jalanlah ke luar tempat kerja untuk sekadar menghirup udara segar sehingga tubuh dan pikiran lebih rileks.

4. Asah otak setiap hari
Lamban berpikir karena penurunan fungsi kognitif otak sebenarnya merupakan tanda proses penuaan. Namun, jika kesehatan otak dijaga, bisa membantu mengatasi masalah susah konsentrasi.

Coba asah otak Anda dengan mengisi teka-teki silang, main catur, menulis, membaca dan lain sebagainya. Cara ini bisa membantu mengasah otak supaya pikiran tetap tajam.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Mudah Lesu Saat Beraktivitas, Tips Tingkatkan Stamina

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Seseorang dengan stamina rendah cenderung lebih mudah suntuk dalam beraktivitas. Jika stamina sudah menurun, semua kegiatan yang dijalani terasa melelahkan. Berbeda dengan mereka yang berstamina tinggi, yang mana cenderung lebih tahan terhadap stres, cedera, dan rasa lelah.

Untuk diketahui, stamina ialah kemampuan tubuh untuk beraktivitas fisik dan mental dalam kurun waktu tertentu.

Untunglah, ada beberapa tips sederhana yang bis meningkatkan stamina. Berikut ini sejumlah tipsnya.

1. Berolahraga
Rutin berolahraga memberi efek jangka panjang yakni menambah stamina. Jika aktivitas ini dilakukan selama enam minggu, Anda bisa meningkatkan level energi, kualitas tidur, dan fungsi otak.

Lakukan secara rutin, paling tidak 3-5 kali dalam seminggu.

2. Menambah intensitas olahraga dan mengurangi jeda istirahat
Tingkatkan intensitas pemanasan dan olahraga agar tubuh terbiasa menggunakan energi. Lalu, batasi jeda istirahat saat olahraga selama 30-90 detik guna membangun ketahanan otot dan stamina.

3. Melakukan meditasi dan yoga
Selain membuat rileks, kedua aktivitas ini bisa meningkatkan stamina. Pun bisa meningkatkan ketahanan tubuh dan mengurangi stres serta lelah.

4. Mengonsumsi kafein
Cara lainnya yaitu dengan mengonsumsi kafein. Kafein bisa memengaruhi performa fisik karena meningkatkan fungsi peredaran darah, sistem hormon, aktivitas otot, suhu tubuh, hingga pembakaran lemak.

Baca juga : Trik Sehat Minum Kopi

Perlu diingat, batasi asupan kopi, maksimal 4 cangkir kopi. Lalu hindari kafein tinggi gula seperti kopi dengan tambahan sirup, kopi, dan minuman berenergi.

Dengan stamina yang tinggi, Anda bisa lebih lama fokus dan berenergi ketika beraktivitas. Tubuh pun tak mudah lelah karena terbiasa memanfaatkan energi dengan efisien.

Namun, jika di atas tak bisa meningkatkan stamina dan lesu berkepanjangan, cobalah berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini. Pasalnya, bisa jadi ada masalah kesehatan lain yang diidap Anda.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Trik Sehat Minum Kopi

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Minum kopi terbukti bermanfaat bagi kesehatannya. Pasalnya kopi mengandung nutrisi baik seperti antioksidan. Hal ini pun diamini seorang ahli diet dari Amerika Serikat Adina Pearson, RD. Ia juga menyebutkan bahwa kopi menyehatkan dan mampu menekan nafsu makan.

Sayangnya, jika dikonsumsi terlalu banyak dengan tambahan gula berlebihan, tentu saja manfaatnya bisa berkurang. Maka dari itu, agar bisa merasakan manfaat baik dari kopi, terapkan cara sehat minum kopi. Berikut ini caranya.

1. Membuat kopi di rumah
Saat membeli kopi di kafe, tak ada konsumen yang bisa memastikan bahwa peralatan yang digunakan untuk menyajikan kopi benar-benar higienis. Maka dari itu, disarankan untuk membuat kopi di rumah dan membawanya dengan tumbler. Meski rasanya tak seenak yang dibuat oleh barista, setidaknya Anda bisa menghemat uang dan mendukung kesehatan tubuh.

Baca juga : Kiat Kembalikan Konsentrasi Akibat Kurang Tidur

2. Mengurangi gula tambahan
Sebaiknya kurangi penggunaan tambahan ini. Namun, jika benar-benar tak bisa mentolerir rasa asli kopi, disarankan untuk mengganti gula dengan pemanis alami, seperti madu, gula kelapa, atau stevia. Kendati mengandung kalori, setidaknya pemanis alami tak memicu lonjakan kadar gula darah.

3. Bubuhkan kayu manis
Cara sehat lainnya yaitu dengan menaburkan menaburkan bubuk kayu manis di kopi. Selain memperkaya cita rasa, bubuk kayu manis juga bermanfaat bagi kesehatan, misalnya mengurangi risiko naiknya gula darah.

4. Selalu gunakan penyaring kertas
Kopi mengandung cafestol, yaitu senyawa yang membuat kadar kolesterol dalam darah menjadi tinggi. Namun, zat ini bisa dikurangi dengan menggunakan penyaring kopi berbahan kertas ketika membuat kopi.

Menurut penelitian, penggunaan penyaring kertas saat menyeduh kopi mengurangi senyawa cafestol di dalamnya.

5. Tak minum kopi di atas jam 2 siang
Minum kopi pada siang hari, terutama di atas jam 2 siang akan membuat jam tidur malam Anda terganggu. Hal ini sebagaimana dibuktikan oleh penelitian dari Journal of Clinical Sleep Medicine. Lebih jauh, minum kopi 6 jam sebelum waktu tidur bisa mengurangi durasi tidur.

Untuk mengakalinya, Anda bisa mengganti kopi dengan teh yang mengandung kafein lebih sedikit. Atau, Anda bisa menyesuaikan batas maksimal minum kopi di siang atau sore hari dengan jam tidur. Contohnya, jika terbiasa tidur pukul 11 malam, maka batas terakhir yaitu pukul 6 sore.

(LH)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC