Connect with us

Lifestyle & Sport

Sakit Perut Setelah Konsumsi Makanan Pedas? Coba Atasi dengan Cara Ini

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Sebagian orang merasakan sensasi sakit dan melilit setelah mengonsumsi makanan pedas. Untuk diketahui, sensasi ini dipicu oleh senyawa kimia capsaicin.

Untuk mencegah iritasi akibat capsaicin, dinding lambung akan memproduksi lendir khusus. Namun, jika terlalu banyak atau terlalu sering makan pedas, lendir khusus tersebut tak begitu ampuh melindungi lambung. Akibatnya, muncul rasa sakit perut.

Kendati begitu, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit perut sakit setelah makan pedas. Berikut di antaranya.

1. Minum air rebusan jahe
Jahe memiliki senyawa antiradang yang diyakini bisa meringankan keluhan sakit perut, perut kembung, diare, mual dan muntah, hingga irritable bowel syndrome (IBS).

Bahan herbal ini bisa dikonsumsi dalam ragam bentuk, bisa direbus, dicampurkan dengan teh, atau bentuk suplemen.

Baca juga : Tanda dan Gejala Gendang Telinga Pecah

2. Minum teh chamomile
Sama halnya dengan jahe, teh chamomile pun memiliki senyawa yang bisa meredakan peradangan, merangsang pengeluaran gas, dan merilekskan otot saluran pencernaan.

Maka dari itu, teh chamomile ini dipercaya bisa membantu mengatasi sakit perut setelah makan pedas. Sebab teh ini bisa menurunkan produksi asam lambung.

3. Menggunakan kompres hangat
Kompres hangat perut saat mulai terasa sakit. Memang, kompres hangat tak mengatasi sakit perut secara langsung. Namun sensasi hangat bisa mengalihkan Anda dari rasa sakit dan melemaskan otot-otot saluran pencernaan.

4. Mengonsumsi makanan dan minuman pelarut capsaicin
Cara terbaik untuk menghilangkan sakit perut karena sakit perut ialah dengan menghilangkan capsaicin, yang merupakan penyebab sakit.

Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa melarutkannya capsaicin untuk mengurangi efeknya.

Untuk diketahui, capsaicin bisa larut dalam lemak. Jadi, Anda disarakan untuk mengonsumsi susu full-fat, yogurt, selai kacang, atau sedikit minyak zaitun. Atau bisa juga mengonsumsi roti dan nasi. Kendati keduanya tak bisa melarutkan capsaicin, tetapi keduanya mampu menyerap kedua senyawa ini dengan baik.

Jika rasa sakit pada perut tidak juga berkurang, segera periksakan ke dokter. Kondisi ini mungkin menandakan adanya kesehatan serius yang harus segara ditangani.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Voli Putri AS Berhasil Melaju ke Semifinal Olimpiade Tokyo 2020

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tim voli putri Amerika Serikat (AS) berhasil melaju ke babak semifinal Olimpiade Tokyo 2020 usai menyingkirkan Republik Dominika.

AS yang berstatus nomor satu dunia ini, mengalahkan Dominika yang merupakan peringkat keenam dunia dengan skor 3-0.

Pada babak semifinal Olimpiade Tokyo 2020, Jumat 6 Agustus 2021, AS akan bertemu pemenang antara Serbia versus Italia.

AS yang pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016 menempati peringkat ketiga, berpeluang memperbaiki catatan tersebut.

Bukan tak mungkin AS menjadi juara Olimpiade untuk kali pertama sepanjang sejarah keikutsertaan mereka.

Sedangkan, Korea Selatan yang lebih dulu memastikan tiket semifinal akan bertemu pemenang antara Komite Olimpiade Rusia (ROC) vs Brasil.

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Bahaya Makan Kentang Goreng Terlalu Banyak

Published

on

By

Bahaya Makan Kentang Goreng Terlalu Banyak

Channel9.id-Jakarta. Oleh karena rasanya yang gurih dan lezat, kentang goreng disukai banyak orang. Tak jarang bila makanan ini kerap dijadikan pilihan untuk ngemil, untuk mengganjal perut sebelum jam makan tiba.

Namun, Kamu harus hati-hati jika punya hobi makan kentang goreng. Meski kentang sejatinya menyehatkan, mengolahnya dengan cara digoreng justru mengurangi kandungan nutrisinya. Bahkan membahayakan kesehatan.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa makan kentang goreng terlalu sering bisa memperpendek masa hidup seseorang. Orang yang makan kentang goreng setidaknya 2-3 porsi seminggu bisa meningkatkan risiko kematian lebih cepat hingga dua kali lipat.

Adapun terlalu banyak makan kentang goreng, justru membuatmu semakin berisiko terkena penyakit kronis, seperti serangan jantung, gagal jantung, diabetes, hingga ginjal.

Perlu Kamu ketahui, makan kentang setara dengan mengonsumsi makanan pokok lainnya yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, mie, atau bihun yang biasa dimakan saat makan besar. Jadi, kalau Kamu makan kentang sebagai camilan, Kamu bisa kelebihan karbohidrat, yang bisa menaikkan berat badanmu. Demikian kalorinya yang juga banyak, di mana 100 gram kentang goreng mengandung 312 kalori yang setara dengan satu porsi sarapan.

Selain karbohidrat dan kalori, asupan lemak Kamu juga jadi berlebihan kalau terlalu sering makan kentang goreng. Sebab biasanya kentang digoreng dengan cara deep frying atau merendam seluruh bagian kentang ke dalam minyak. Hal ini membikin kentang menyerap banyak lemak. Padahal lemak ini merupakan lemak trans dan jenuh, yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Nah, jika Kamu memang ingin menjaga pola hidup sehat dan mencegah risiko penyakit kronis, sebaiknya hindari kentang goreng. Pasalnya, kandungan nutrisi pada kentang jadi hilang karena kalah dengan kandungan lemak yang jutsru berisiko membuatmu mengalami gangguan kesehatan.

Sebagai gantinya, Kamu bisa mengolah kentang dengan cara yang lebih sehat, seperti merebus, memanggang, atau menumisnya. Kamu juga harus menghindari penggunaan minyak yang terlalu banyak.
Harus terpatri di pikiranmu bahwa mengonsumsi kentang sama saja seperti makan nasi atau mie. Artinya, kandungan karbohidratnya nyaris sama.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Voli Putri Korsel ke Semi Final usai Kalahkan Turki

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tim voli putri Korea Selatan (Korsel) berhasil menaklukan tim Turki dalam Olimpiade Tokyo 2020.

Tampil di Ariake Arena, Tokyo, Rabu 4 Agustus 2021, Korsel menekuk Turki, 3-2 (17-25, 25-17, 28-26, 18-25, 15-13).

Kemenangan ini membawa Korsel melaju ke babak semi final pada Jumat 6 Agustus 2021. Tim asuhan Stefano Lavarini itu akan bertemu dengan pemenang antara ROC atau Brasil.

Korea Selatan, yang kini berada di peringkat ke-13 dunia, mampu menghentikan dominasi Turki atas tim-tim besar pada Olimpiade Tokyo 2020.

Sepanjang tampil di Olimpiade Tokyo, Turki yang menempati urutan keempat dunia, menumbangkan Cina, Italia, dan Komite Olimpiade Rusia (ROC).

Adapun pertandingan antara ROC dan Brasil juga akan berlangsung di Ariake Arena, Tokyo, hari ini, sekitar pukul 21.30 waktu setempat.

Sebagai informasi, ROC berada di urutan kelima dunia sedangkan Brasil di posisi kedua atau hanya kalah dari Amerika Serikat (AS).

HY

Continue Reading

HOT TOPIC