Channel9.id-Jakarta. TikTok berencana menambahkan fitur belanja dalam aplikasi untuk bersaing dengan Facebook, demikian laporan dari Bloomberg.
Dilaporkan pula bahwa saat ini TikTok tengah menguji penjualan dalam aplikasi di Eropa, dikutip The Verge Rabu (12/5). Dalam hal ini, perusahaan pun turut bermitra dengan beberapa merek, termasuk perusahaan pakaian yang berbasis di Inggris, Hype.
Baca juga : Facebook Akan Pastikan Pengguna Baca Artikel Sebelum Membagikannya
Sebelumnya, TikTok pernah berinisiatif memfasilitasi perdagangan di platformnya dengan memungkinkan kreator untuk menjual barang dagangan melalui integrasi Teespring, bermitra dengan Shopify, dan mengerjakan sejumlah jenis produk langsung. Adapun model ini seperti ruang belanja yang diintegrasikan di Instagram, di mana tab belanja terpisah di bawah akun merek yang mencantumkan produk dengan gambar dan harga.
Halaman akun Hype saat ini memang nampak seperti fitur belanja itu. TikTok sendiri telah mengonfirmasi bahwa mereka sedang menguji fitur tersebut.
TikTok memang sangat cocok untuk iklan, sementara penggunanya dibuat mudah menikmati konten di platform tersebut. Adapun model belanja ini kemungkinan tak terlalu fokus pada video, yang identik dengan TikTok. Namun, mungkin mirip seperti model yang ada di Facebook dan Reels Instagram.
Sekadar informasi, Facebook telah menambahkan fungsi perdagangan seperti tab belanja yang disebutkan tadi dan informasi produk di Reels. Bahkan, baru-baru ini, Facebook menguji iklan stiker di Stories.
(LH)