Connect with us

Lifestyle & Sport

Sudah Dewasa Tapi Mau Meninggikan Badan? Intip Tips Sederhana Ini

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Pada masa pubertas di usia 16 hingga 18 tahun pertumbuhan tinggi badan manusia begitu pesat. Untuk diketahui, faktor genetik atau keturunan berkontribusi dalam proses peninggian badan.

Selain faktor genetik, tinggi badanmu dipengaruhi juga oleh kecukupan nutrisi penting dan aktivitas fisik selama masa tumbuh kembang awal sampai pubertas berakhir.

Nah, di banyak kasus, ada saja yang tak puas dengan tinggi badannya di usia dewasa. Mungkin Kamu salah satunya. Kamu sudah berputus asa karena percaya meninggikan badan di usia dewasa itu nyaris mustahil.

Baca juga : Disebut Polusi Udara, Begini Tips Jitu Kurangi Bau Ketiak

Belakangan, ada produk peninggi badan seperti obat atau alat tertentu yang bisa membantu meninggikan badan di usia dewasa. Eits, jangan buru-buru merogoh dompet.

Pasalnya, ada cara sederhana untuk meninggikan badan secara alami untuk Kamu yang kepalang menginjak usia dewasa. Berikut ini di antaranya.

1. Tidur cukup
Tidur cukup selama 7-8 jam setiap malam bisa menjadi cara sederhana meninggikan badan secara tidak langsung.

Selama tidur, tubuh memproduksi hormon pertumbuhan manusia (HGH). Produksi hormon ini akan berkurang jika Kamu suka begadang atau kurang tidur.

2. Konsumsi makanan bergizi
Kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan protein, vitamin D, dan kalsium menjadi pilihan terbaik untuk menjaga tulang tetap kuat. Salah satunya susu sapi.

Susu juga diketahui mengandung hormon pertumbuhan bernama insulin-like growth factor-1 (IGF-1) yang penting untuk mendukung pertumbuhan panjang tulang. Namun, Kamu membutuhkan asupan ini lebih banyak di usia dewasa.

3. Perbaiki postur tubuh
Ada sejumlah kebiasaan buruk yang Kamu lakukan tanpa sadar yang bisa membuatmu terlihat pendek. Misalnya duduk, berdiri, dan berjalan membungkuk. Maka dari itu, perbaikilah postur tubuhmu agar tulang belakang selaras sehingga perawakan tampak lebih tinggi semampai.

4. Menguatkan otot-otot tubuh
Otot yang kuat bisa membantu mempertahankan postur yang baik dan terlihat lebih tinggi. Adapun otot-otot yang harus diperkuat ialah otot di perut dan di sepanjang tulang belakang. Jika otot-otot ini lemah, dan tulang belakang tidak didukung dengan benar, tubuhmu lambat laun bisa membungkuk.

Kamu bisa memperkuat otot dengan melakukan olahraga seperti berenang, bermain basket, dan yoga. Dengan berenang, tubuh akan bergerak melawan gravitasi dan arus air sehingga melatih kekuatan keseluruhan otot tubuh. Tak ayal bila aktivitas ini bisa membantu memperbaiki dan menjaga postur tubuh tetap tegak. Sehingga tubuhmu terlihat lebih tinggi dan tegap.

Sementara itu, saat bermain basket akan banyak berlari dan loncat melawan gaya gravitasi saat bermain basket. Sehingga otot badan belakang dan tulang belakangmu teregang secara maksimal.

Lalu dengan berlatih yoga, seluruh bagian tubuh akan bergerak sehingga bisa memperkuat otot, dan meluruskan dan membantu postur tubuh tetap tegak.

Selain menjalankan cara meninggikan badan itu, Kamu pun harus menjaga gaya hidup sehat untuk mencegah penurunan tinggi badan di usia lanjut.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hot Topic

Olimpiade Tokyo, Windy Cantika Persembahkan Medali Pertama bagi Indonesia

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Atlet cabang angkat besi, Windy Cantika Aisah, mempersembahkan medali pertama bagi Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Windy merebut medali perunggu dari cabang angkat besi kelas 49 kilogram putri di Tokyo, Jepang, Sabtu (24/07).

Wanita kelahiran 11 Juni 2002 lalu itu, meraih medali dengan total angkatan 194 kilogram. Sementara medali emas direbut wakil Cina, Zhihui Hou dan medali perak diraih atlet India, Chanu Saikhom Mirabai.

Baca juga: Olimpiade Tokyo 2020 Resmi Dibuka

Lifter asal Bandung itu sempat gagal dalam upaya pertama snatch di berat 84 kilogram. Namun, ia akhirnya  sukses melakukan angkatan 84 kilogram di usaha kedua.  Ia gagal pada usaha snatch ketiga di 87 kilogram.

Adapun total angkatan clean & jerk terbaik Windy Cantika adalah 110 kg yang didapat pada kesempatan ketiga.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi turut menyaksikan langsung saat Windy mempersembahkan perunggu bagi Indonesia. “Ini medali pertama yang dihadiahkan oleh Aisah,” katanya dari Arena Olimpiade Tokyo.

Sebagai medali pertama, ini cukup membanggakan apalagi disumbang oleh lifter puteri. Semoga memacu semangat atlet lain berlaga di Olimpiade.

“Aisah yang baru 19 tahun tampil dengan Hou (Cina) dan Marabai (India) yang memegang rekor dunia. Aisah sangat potensial jadi bintang Indonesia di gelanggang olahraga dunia,” ujar Dubes Heri Akhmadi.

 

 

 

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Arbain, Komedian Tiga Zaman Meninggal Dunia

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Dunia seniman Indonesia kembali berduka. Arbain 90 tahun, komedian senior meninggal dunia di Cileungsi, Bogor, Jumat (23/7/2021) malam.

Arbain yang belakangan meramaikan jagad Youtuber dan Tik-tok dengan banyolan yang menyegarkan itu meninggal dunia karena sakit.

Sahabat karibnya Bambang Suud sesama seniman asal Tegal, nampak terpukul dan kaget karena sehari sebelumnya pada Kamis 22 Juli lalu, Almarhum masih bertandang ke rumahnya di Depok, Jawa Barat.

“Memang sudah nampak kurang segar, tetapi saya tidak pernah dengar Almarhum sakit. Beliau datang ke sini biasa dengan motornya,” ujar Bambang Suud yang mengampu siaran radio bahasa ngapak.

Baca juga: Komedian Nunung Sidang Perdana Hari Ini 

Sebagai komedian Arbain cukup dituakan di Persatuan Seniman Komedia (Paski), pelawak Gery, Komeng, sangat menghormati, senior komedi kelahiran Tegal Andong, Slawi ini.

Maklum Arbain, termasuk langka karena temen sezamannya, seperti pelawak Edi Suud, Bing Slamet, Cholik Jaya Karta, sudah tidak ada lagi.

Selain sebagai komedian, Arbain juga pernah bermain di layar lebar. “Arbain pernah main di Film Saur Sepuh Garapan Sutradara Imam Tantowi,” ujar Bambang Suud.

Arbain, dan karya-karyanya termasuk pioner dalam iklan layanan masyarakat yang dikemas dalam bentuk serial drama pendek.

Bagi warga Tegal di Jabodetabek, Arbain juga termasuk senior yang dihormati. Walaupun sudah sepuh, beliau selalu semangat dan menjadi pengurus bidang Seni Budaya, Ikatan Keluarga Besar Tegal di Jabodetabek.

Setelah berkelana di tahun 1950-an di Jakarta, Arbain pernah menjadi staf di kantor Dewan Pertimbangan Agung (DPA) sekarang Dewan Pertimbangan Presiden di masa Orde Baru. Tak betah di birokrasi, Arbain kembali ke dunia seni dan meneruskan sebagai komedian. Selamat jalan Arbain, doa kami menyertai.

Continue Reading

Hot Topic

Merah Putih Berkibar dalam Defile Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo, Dubes Heri Minta Atlet Indonesia Jaga Sportivitas

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Setelah ditunda selama setahun karena pandemi Covid-19, Olimpiade Tokyo akhirnya resmi digelar melalui Upacara Pembukaan pada Jumat (23/7) di Stadion Olimpiade Tokyo. Perhelatan akbar olahraga dunia ini diikuti oleh atlet dari 205 negara.

Dalam upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo tanpa penonton ini, Kontingen Indonesia muncul di urutan 22 saat defile. Yunani seperti biasa berada di urutan pertama. Selanjutnya urutan negara yang masuk ke lapangan Stadion Olimpiade berdasarkan nama negara dalam bahasa Jepang.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi mengapresiasi kesuksesan jalannya Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo meski digelar tanpa penonton. Dubes Heri berpesan kepada 28 atlet Indonesia yang berlaga dalam Olimpiade agar tetap menjaga sportivitas dan mampu naik peringkat dari Olimpiade sebelumnya.

“Selamat berjuang mengharumkan nama Indonesia di ajang olahraga paling bergengsi ini. Junjung tinggi sportivitas dalam setiap pertandingan. Tetap disiplin dalam mengikuti semua aturan yang berlaku dan tetap jaga protokol kesehatan”, tegas Dubes Heri.

Baca juga: Olimpiade Tokyo, Dubes Heri Akhmadi Sambut Kedatangan 13 Atlet Indonesia 

Kontingen Indonesia berjumlah 10 orang, dipimpin oleh Rio Waida atlet selancar yang membawa bendera Merah Putih dengan didampingi Nurul Akmal atlet putri angkat besi. Selain Rio dan Nurul, dua atlet lain adalah atlet renang Aflah Fadlan Prawira dan atlet renang Azzahra Permatahani. Sisanya ada lima pelatih yakni Dirdja Wihardja, Tipi Jabrik Noventin, Permadi Sandra Wibowo, Donny Budiarto Utomo dan Rionny Mainaky. Kemudian ada Chef de Mission Rosan P Roeslani.

Olimpiade Tokyo yang digelar pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021 akan melibatkan 339 event dalam 33 cabang olahraga (cabor). 28 atlet dari delapan cabor diikuti Indonesia di Olimpiade Tokyo. Cabor yang diikuti Indonesia di Olimpiade Tokyo yaitu bulu tangkis (11 atlet), atletik (2 atlet), panahan (4 atlet), menembak (1 atlet), rowing (2 atlet), angkat besi (5 atlet), selancar (1 atlet), dan renang (2 atlet).

Lomba Video Pendek “Ganbare Indonesia”

Untuk memberi semangat para atlet, KBRI Tokyo menggelar Lomba Video “Ganbare Indonesia” yang berhadiah merchandise Tokyo Games 2020 yang telah dibubuhi tanda tangan asli atlet-atlet Indonesia. Dalam lomba ini masyarakat Indonesia bisa memberikan dukungan secara virtual untuk Tim Indonesia lewat video pendek di akun Instagram @KBRITokyo.

Continue Reading

HOT TOPIC