Connect with us

Nasional

Sukseskan Pilkada, Mendagri Minta TNI-Polri Bersinergi

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta aparat keamanan, TNI-Polri bekerja sama dan bersinergi guna menyukseskan perhelatan demokrasi di 270 daerah.

Hal itu dikatakannya saat menjadi Inspektur di Apel Pergeseran Pasukan Dalam Rangka pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Polda Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (04/12).

“Rekan-rekan yang BKO (Bawah Kendali Operasi) dari Polda ke daerah-daerah, baik rekan-rekan dari jajaran TNI maupun jajaran Polri, yang utama saya minta bisa bekerja sama, itu dulu, bisa bekerja sama baik TNI dan Polri sebagai satu tim,” ujar Tito.

Baca juga: Mendagri: Pilkada Serentak 2020 Harus Aman

Ia juga meminta TNI-Polri sebagai tiang utama pengamanan Pilkada untuk menjaga kekompakan, serta menjaga fisik dan mental untuk mengawal proses demokrasi yang panjang.

“Karena TNI dan Polri lah tiang utama, kalau kita berbicara mengenai masalah pengamanan. Antar tiap-tiap orang, tiap-tiap regu yang ditunjuk di titik-titik tertentu juga harus kompak, kemudian siapkan mental dan fisik karena ini memerlukan waktu yang panjang, memerlukan kesiapan, setelah itu bekerja sama dengan kewilayahan yang di back up, koordinasi antar pimpinan, koordinasi juga di tingkat bawah, karena sekali lagi perlu adanya teamwork, kerjasama, sinergi,” jelasnya.

Sinergi juga perlu dibangun dengan jajaran penyelenggara Pemilu, serta aparat pengaman lainnya untuk mengamankan setiap tahapan pilkada, utamanya untuk menghindari konflik pada saat pemungutan suara.

“Selain itu juga perlu membangun hubungan dengan penyelenggara KPU dan Bawaslu, unsur pengaman lainnya yaitu Linmas dan Satpol PP. Amankan betul agar satu tidak terjadi gangguan konvensional, kekerasan, intimidasi, kemudian money politic, serangan fajar, apalagi konflik,” tegasnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

Disuntik Vaksin Covid-19: Mendagri: Tidak Terasa Sakit

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian melakukan suntik vaksin Covid-19 CoronaVac dari Sinovac pada hari ini, Rabu (20/01) pagi.

Selain Mendagri, turut pula disuntik vaksin Menteri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar dan Wakil Menteri Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong.

Baca juga: Disuntik Vaksin Corona, Jokowi: Tidak Terasa Sama Sekali

Setelah divaksin dan diobservasi selama 30 menit Tito mengakui dirinya dinyatakan dalam kondisi baik dan stabil.

“Terima kasih kepada tim karena jujur saja bagi saya tidak terasa apa-apa, canggih memang yang nyuntik, mohon doanya supaya antibodinya bisa diproduksi oleh kekebalan tubuh, sehingga bisa kebal terhadap Covid-19,” ujarnya.

Meski begitu, Tito tetap mengimbau masyarakat agar dalam situasi pandemi seperti saat ini diminta tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan menjalankan 4M (memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan).

Continue Reading

Nasional

Mendagri Tito Divaksin Covid-19

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian secara resmi telah disuntik vaksin Covid-19 hari ini, Rabu (20/01)  pukul 09.00 WIB di Ruang MCU, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Selain Mendagri Tito, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), serta Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutan (Wamen LHK), diberikan suntik vaksin Covid-19 CoronaVac dari Sinovac Biotech Ltd bekerjasama Bio Farma.

“Pada hari ini hari Rabu tanggal 20 Januari 2021, Alhamdulillah kami bertiga turut melaksanakan vaksinasi di rumah sakit RSPAD bersama dengan Bapak Mendes PDTT dan juga Bapak Wamen KLH, vaksinasi telah dilaksanakan,” kata Tito.

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri Disuntik Vaksin Covid-19

Tito mengapresiasi para tenaga kesehatan yang telah memberikan vaksinasi. Tak hanya itu, ia juga menceritakan tentang proses vaksinasi yang berjalan lancar, dan memohon doa untuk kekebalan sistem imun dalam menghadapi Covid-19.

“Terima kasih kepada tim, karena jujur saja bagi saya tidak terasa apa-apa, canggih memang yang nyuntik, dan kondisi kita juga dinyatakan baik, dilakukan observasi, setelah itu 30 menit dinyatakan juga stabil dan mohon doanya supaya antibodinya bisa diproduksi oleh kekebalan tubuh, sehingga bisa kebal terhadap Covid-19,” tuturnya.

Meski telah menerima vaksinasi Covid-19, Tito meminta semua pihak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. “Tapi jangan lupa, tetap dalam situasi seperti ini kita menerapkan 4M, memakai masker, rajin cuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” pungkasnya.

Usai disuntik vaksin yang pertama, Tito dijadwalkan akan menerima vaksin dosis kedua pada 3 Februari 2021.

Continue Reading

Hot Topic

Idham Azis Antar Calon Kapolri Listyo Sigit ke DPR

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit menjalani fit and proper test di Komisi III DPR hari ini. Saat menuju DPR, Kapolri Jenderal Idham Azis mengantar Listyo.

“Saya baru saja mengantar Komjen Listyo Sigit Prabowo untuk menjalankan fit and proper test dalam rangka pencalonan beliau sebagai Kapolri ke-25,” kata Idham Azis, Rabu 20 Januari 2021.

Idham menjelaskan, sikap ini merupakan bagian dari pembelajaran kepada para junior. Dia pun mengaku sejauh ini regenerasi berjalan baik dan mulus.

“Ini saya lakukan untuk memberi pelajaran kepada generasi Polri bahwa pergantian kepemimpinan Polri itu adalah suatu keniscayaan. Untuk memberi gambaran bahwa institusi Polri regenerasinya berjalan dengan baik dan mulus,” kata Idham Azis.

Baca juga: Hari Ini, Komjen Listyo Sigit Jalani Fit and Proper Test 

Idham menyatakan, proses mengantar Listyo ke DPR merupakan tradisi yang harus terus dijalankan ke depan. Ini juga menunjukkan internal Polri sangat solid.

“Dengan saya mengantar beliau ini merupakan tradisi baru yang harus kita tumbuh kembangkan dan jadi pembelajaran bagi generasi Polri berikutnya sehingga dalam internal solid,” ujar dia.

Idham juga memastikan para senior Komjen Listyo akan mendampingi proses ini sampai pelantikan berlangsung. Dia pun meminta doa dari semua pihak supaya proses ini berjalan lancar.

“Saya juga didampingi sama senior saya adik-adik saya bahwa kita semua mempunyai kewajiban untuk mengantar Bapak Komjen Listyo sampai nanti pelantikan beliau oleh Bapak Presiden sehinga beliau mejadi Kapolri yang ke-25,” katanya.

HY

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC