Hot Topic Nasional

Survei Poltracking: Elektabilitas Prabowo-Gibran 50,9%, Unggul di Hampir Seluruh Wilayah

Channel9.id – Jakarta. Lembaga survei Poltracking merilis hasil survei terkini mengenai tingkat elektabilitas tiga pasangan capres dan cawapres yang berkontestasi di Pilpres 2024. Hasilnya, paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengungguli dua rival lainnya.

Prabowo-Gibran berada di posisi teratas dengan perolehan suara 50,9 persen, diikuti paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebesar 25,1 persen. Sementara, paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md sebesar 18,4 persen. Adapun jumlah pemilih yang tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 5,6 persen.

“Dibanding hasil survei kami sebelumnya, ini pertama kali ada kandidat paslon menyentuh angka 50 persen (Prabowo-Gibran),” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR dalam konferensi pers, Jumat (9/2/2024).

Berdasarkan wilayah, Hanta mengatakan Prabowo-Gibran unggul di Sumatera dengan perolehan 40,6 persen, disusul oleh Anies-Cak Imin 39,6 persen dan Ganjar-Mahfud 14,9 persen.

Prabowo-Gibran juga unggul di Jawa Barat dengan angka 57,1 persen, disusul Anies-Cak imin 23,9 persen dan Ganjar-Mahfud 12 persen.

Di Jawa Timur, Prabowo-Gibran juga unggul sebesar 59,8 persen. Disusul Anies-Cak Imin 19 persen dan Ganjar-Mahfud 18 persen.

Prabowo-Gibran juga unggul di Jawa Tengah-DIY, yakni 44,4 persen. Disusul Ganjar-Mahfud 35,5 persen dan Anies-Cak Imin 15,5 persen.

Lalu, di Sulawesi Prabowo-Gibran juga unggul 63,6 persen. Disusul oleh Anies-Cak Imin 22,7 persen dan Ganjar-Mahfud 10,6 persen.

Prabowo-Gibran juga kembali unggul di Kalimantan, yakni 54,4 persen. Disusul oleh Anies-Cak Imin 22,8 persen dan ganjar-Mahfud 12,3 persen.

Selanjutnya, di Bali-Nusa Prabowo-Gibran juga unggul, yakni 53,4 persen. Disusul oleh Anies-Cak Imin 24,1 persen dan Ganjar-Mahfud 19 persen.

Kemudian, di Banten Prabowo-Gibran juga unggul, yakni 66,7 persen. Disusul oleh Anies-Cak Imin 19,4 persen dan ganjar-Mahfud 11,1 persen.

Sementara di DKI Jakarta, Anies-Cak Imin unggul, yakni 58,1 persen. Disusul Prabowo-Gibran 23,3 persen dan Ganjar-Mahfud 16,3 persen.

Sedangkan, di Maluku-Papua Prabowo-Girban kembali unggul, yakni 44,7 persen. Disusul Ganjar-Mahfud 26,3 persen dan Anies-Cak Imin 23,7 persen.

Dengan hasil ini, Hanta mengatakan bahwa Prabowo-Gibran diprediksi bisa menang satu putaran.

“Kesimpulan yang dapat saya sampaikan posisi terakhir pilpres, kalau pilpres berlangsung dalam satu putaran kemungkinan yang akan menang adalah berdasarkan survei ini cukup konklusif yang akan menang paslon nomor 2 Prabowo-Gibran,” ujar Hanta.

Namun, jika berlangsung dua putaran, Anies-Muhaimin lebih berpotensi masuk dibandingkan Ganjar-Mahfud.

“Tapi kalau pilpres berlangsung dalam dua putaran maka Prabowo-Gibran adalah paslon yang paling siap masuk di putaran kedua berhadapan dengan satu kandidat yang akan lolos antara Anies Muhaimin dan Ganjar-Mahfud. Tapi diantara dua itu Anies-Muhaimin relatif lebih berpotensi ketimbang Ganjar-Mahfud meskipun terpaut tidak terlalu jauh,” tuturnya.

Adapun survei Poltracking Indonesia ini dilakukan pada tanggal 27 Januari-2 Februari 2024 terhadap 1.220 responden yang merupakan warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih. Metode pengambilan sampel dengan teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Batas kesalahan (margin of error) survei ini +/- 2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Metode survei dilakukan dengan wawancara tata muka oleh para penyurvei yang terlatih.

Baca juga: Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo-Gibran 51,8%, Berpeluang Menang Satu Putaran

HT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6  +  2  =