Connect with us

Nasional

Terjebak Banjir, Viral Video Perempuan Minta Tolong

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Sebuah video seorang perempuan yang terjebak banjir di Pamanukan, Subang, Jawa Barat beredar luas di media sosial. Dalam video tersebut, ia meminta tolong agar Tim SAR segera mengevakuasi mereka karena ketinggian air sudah nyaris mencapai atap.

Perempuan berjilbab merah muda itu merekam kondisi rumahnya yang terendam banjir hingga nyaris mencapai atap rumah. Ia pun meminta tolong agar warganet yang melihat video tersebut dapat ikut membagikan tayangannya agar dapat segera dievakuasi.

“Tolong bagikan status ini, status ini tolong, kami sangat memohon. Tolong kami, tolong kami bagikan status ini ke media sosial kalian semua, tolong. Ini airnya udah mau nyampai atap,” kata perempuan tersebut.

“Kami di dua rumah, terjebak di Masjid Miftahul Huda, Kampung Baru, Desa Mulyasari, Pamanukan Subang, ya. Lokasinya di dekat Masjid Miftahul Huda. Tolong kepada tim SAR, kami terjebak lima orang, ada dua orang tua, ada satu laki-laki, dua perempuan,” sambungnya.

Baca juga: Subang Dilanda Banjir, Kapolres Minta Warga Mengungsi 

Unggahan itu lantas tersebar di dunia maya. Tim SAR Gabungan pun bergerak menyelamatkan perempuan yang diketahui bernama Yuliana Savitri, warta Desa Mulyasari, Pamanukan, Subang, Jawa Barat.

Yuliana dan keluarganya dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan ke tempat aman. Hal itu diketahui dari video lainnya yang menjelaskan perihal evakuasi tersebut.

“Alhamdulilah saya dan keluarga telah dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan, Damkar, dan Tagana ke kecamatan.  Kami ucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah menyebarluaskan video saya, sehingga cepat dievakuasi,”katanya.

“Mohon kepada tim SAR juga untuk menolong tetangga-tetangga saya, semoga cepat dievakuasi juga ke kecamatan,”imbuh Yuliana.

Diketahui sebelumnya, Ciasem terdampak banjir sejak Minggu (07/02) siang dan Pamanukan mulai tergenang banjir pada Senin (08/02 dini hari.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

ISNU DKI Jakarta Apresiasi Vaksinasi untuk Guru dan Tenaga Kependidikan

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. ISNU DKI Jakarta mengapresiasi program vaksinasi bagi garda terdepan pendidikan di Indonesia yaitu kepada para guru dan tenaga kependidikan.

Vaksinasi ini merupakan tahap berikutnya setelah tenaga kesehatan (Nakes) yang merupakan garda terdepan dalam penanggulangan virus Corona yang sekarang menjadi isu dan masalah dunia.

ISNU DKI Jakarta melalui Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Uswadin, M.Pd. mengapresiasi langkah tepat pemerintah memberikan vaksinasi kepada guru/pendidik dan tenaga kependidikan.

“Apresiasi yang tinggi kepada pemerintah, yang telah mengambil keputusan dan tindakan yang tepat dalam pemberian vaksin bagi guru-guru/ dosen serta tenaga kependidikan demi berlangsungnya pembelajaran yang lebih baik pada tahun pelajaran yang akan datang,” kata Uswadin dalam keterangan resmi, Jumat 26 Februari 2021.

Vaksinasi yang dilaksanakan di lingkungan SMAN 70 Jakarta dilaksanakan pada hari Rabu, 24 Februari 2021 dalam tiga gelombang diikuti oleh pendidik dan tenaga kependidikan dari mulai tingkat PAUD sampai dengan Perguruan Tinggi, hadir pula Rektor UNJ, bapak Prof. Dr. Komarudin, M.Si. beserta beberapa pimpinan UNJ lainnya.

Berdasarkan data sehatnegeriku.kemkes.go.id vaksinasi perdana tersebut diikuti oleh 650 orang terdiri dari guru (Paud, SD, SMP, SMA/SMK, SLB dan Madrasah) dan dosen serta 50 perwakilan organisasi profesi guru.

Presiden RI Joko Widodo didampingi menteri terkait serta Gubernur DKI Jakarta bapak Anies Baswedan mengunjungi dan sekaligus memotivasi para pendidik untuk bisa dan bersedia divaksinasi. Dengan tagline Vaksin Aman dan Halal diharapkan tidak menimbulkan keraguan dan was-was para peserta yang divaksin. Jokowi berharap dengan divaksinanya para pendidik dan tenaga kependidikan diharapkan pada tahun pelajaran yang akan datang dapat dilakukan pembelajaran tatap muka.

Uswadin yang juga berkesempatan hadir pada acara vaksinasi tersebut mengharapkan para pendidik dan tenaga kependidikan untuk tidak takut dan ragu-ragu di vaksin. Sebab, pada akhirnya semua warga negara yang memenuhi kriteria kesehatan yang ditetapkan akan mendapatkan vaksin dalam rangka penanggulangan dan pencegahan virus corona.

Apalagi kata Uswadi, bagi pendidik dan tenaga kependidikan menjadi hal yang penting dan mendesak untuk divaksin agar proses belajar mengajar dapat berjalan normal seperti biasa. Karena pendidikan merupakan elemen penting bagi berlangsungnya kehidupan bangsa dan negara, sehingga dengan pembelajaran secara normal diharapkan peserta didik dapat kembali memperoleh pengalaman pembelajaran yang nyata dan dapat berinteraksi langsung dengan guru dan teman-temannya.

“Dengan adanya pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka akan mengurangi kejenuhan dan kebosanan belajar secara daring yang dilakukan selama pandemi ini,” ujar Uswadin.

Salah seorang guru SMPN di Jakarta yang divaksin Legi Surawati, menyampaikan bahwa sebelum divaksin sempat ragu-ragu dan cemas. Ternyata setelah divaksin, dia mengaku tidak mengalami gangguan kesehatan yang berarti.

“Proses vaksinnya berjalan lancar, petugasnya profesional. Saat pendataan dan menjelang divaksin memang cukup lama antriannya, namun secara umum berjalan lancar dan baik,” katanya.

Setelah divaksin, para guru dan tenaga kependidukan menerima serifikat dan mendapat jadwal untuk vaksin kedua yang dikirim melalui sms di hari itu juga, dan ternyata jadwal berikutnya adalah pada tanggal 10 Maret 2021.

ISNU DKI Jakarata mengajak kepada pendidik dan tenaga kependidikan, jangan takut untuk divaksin karena aman dan halal serta sebagai ikhtiar bersama dalam menanggulangi Covid-19.

“Untuk mengetahui apakah kita sudah terdaftar sebagai peserta vaksin dapat dicek secara mandiri melalui laman dengan alamat: pedulilindungi.id dengan cara menuliskan nama, NIK dan Captcha lanjut Periksa. Setelah klik periksa maka akan muncul status: Siap Untuk Vaksinasi. Apabila hal tersebut yang muncul maka berarti kita akan mendapat jadwal vaksin. Kita bisa menunggu atau memantau laman di atas,,” pungkas Uswadin.

HY

Continue Reading

Nasional

KBRI Tokyo Fasilitasi Buruh Migran Kuliah Poltek Negeri Surabaya

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. KBRI Tokyo memfasilitasi buruh Migran Indonesia di Jepang untuk meningkatkan keahlian dengan mengikuti pendidikan jarak jauh tanpa mengganggu jam kerja mereka.

Para buruh migran itu diberikan kuliah jarak jauh oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) pada Rabu 24 Februari 2021 waktu setempat.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBPP) Heri Akhmadi menyatakan, peningkatan keahlian ini dengan PJJ ini, nantinya akan diikuti pekerja migran di negara lain.

“Program kuliah jarak jauh ini dapat menjadi contoh ke depan untuk direplikasi di negara-negara lain. Khususnya di negara-negara yang jumlah pegawai migran asal Indonesia sangat banyak seperti China dan Korea,” kata Heri Akhmadi, usai menandatangani secara virtual Kesepakatan Kerja Sama Pendidikan Jarak Jauh KBRI Tokyo dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Kamis 25 Februari 2021.

Atdikbud Yusli Wardiatno menjelaskan, kesepakatan kerja sama untuk menyelenggarakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) pada tingkat pendidikan tinggi ini ditujukan untuk memperluas akses pendidikan vokasi di luar negeri.

“Penyelenggaraan program ini akan membuka akses pendidikan bagi pekerja migran Indonesia yang jumlahnya mencapai 36.000 dan sebagian besar masih berstatus pegawai magang (Kenshusei),” kata Yusli Wardiatno.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI), Benny Bandanadjaja memastikan, Kemdikbud RI sangat menyambut baik dan akan mendukung program ini.

“Kemdikbud akan segera memfasilitasi bantuan pembiayaan bagi politeknik di Indonesia yang menjalin kerja sama double degree dengan perguruan tinggi di luar negeri,” ujar Benny Bandanadjaja.

Acara penandatanganan juga dihadiri oleh Koordinator Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Center Gatot Hari Priowirjanto. Acara ini diikuti oleh lebih dari 200 undangan asal sekolah menengah atas/kejuruan di Indonesia.

Sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) menjadi cara terbaik saat ini bagi para pekerja migran karena tidak mengganggu waktu kerja.

Selain akan memperoleh ilmu pengetahuan yang diajarkan serta ijazah, mereka juga akan mendapatkan pengayaan bahasa Jepang sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang hingga lulus N4 atau N3.

Diharapkan ke depannya mereka akan mampu meningkatkan statusnya menjadi Specified Skilled Worker (Tokutei Gino) yang kebutuhannya di Jepang belum dapat dipenuhi oleh pekerja asal Indonesia.

 

Continue Reading

Nasional

Target Pemerintah, Menurunkan Kasus Aktif, Meningkatkan Kesembuhan dan Menghindari Kematian

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Perkembangan kasus aktif di tingkat nasional saat ini berada di angka 12%. Target pemerintah ialah menurunkan angka kasus aktif dengan meningkatkan angka kesembuhan pasien Covid-19 dan menghindari angka kematian. Saat ini jika dilihat secara kabupaten/kota, sebagian besar kabupaten/kota di Indonesia memiliki hanya 11 – 100 kasus aktif.

Secara persentasenya sebesar 47,7% atau 260 dari 514 kabupaten/kota. Bahkan sebesar 5,3% atau 28 kabupaten/kota tidak memiliki kasus aktif Covid-19 sama sekali.

“Ini adalah perkembangan yang baik dan patut kita apresiasi,” ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Kamis (25/2/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Namun Wiku menekankan, yang perlu menjadi perhatian bahwa masih terdapat 33,1% atau 161 kabupaten/kota yang memiliki 101 – 1000 kasus aktif. Bahkan terdapat 14% atau 65 kabupaten/kota yang memiliki lebih dari 1000 kasus aktif. Adapun 20 kabupaten/kota dengan kasus aktif tertinggi yakni Kota Surakarta (7.534), Kota Depok (7.096), Kota Denpasar (6.210), Jakarta Timur (4.367), Jakarta Selatan (4.238), Bekasi (4.165), Bogor (3.705), Kota Jayapura (3.616), Badung (3.516) dan Kota Bekasi (3.386).

Wiku menghimbau kabupaten/kota yang masuk 65 daerah dengan kasus aktif tertinggi, agar serius dalam penanganan Covid-19 di daerahnya masing-masing. Upayakan meningkatkan angka kesembuhan dan mencegah kematian pasien Covid-19. Sehingga kasus aktif tingkat nasional dapat berkurang.

Dengan hal ini juga, Wiku meminta agar semua pihak memahami bahwa meskipun kasus aktif tingkat nasional menurun, tetapi masih terdapat kabupaten/kota yang memiliki kasus aktif yang tinggi.

“Dibutuhkan gotong royong dan saling bahu membahu, antara seluruh unsur yang terlibat agar dapat mengefektifkan upaya penanganan Covid-19,” lanjut Wiku.

 

Continue Reading

HOT TOPIC