Tiga Misionaris Korban Penculikan Haiti Berhasil Dibebaskan
Internasional

Tiga Misionaris Korban Penculikan Haiti Berhasil Dibebaskan

Channel9.id-Haiti. Tiga misionaris yang diculik di Haiti pada bulan Oktober lalu telah dibebaskan, ungkap pernyataan dari Kementerian Luar Negeri AS dan organisasi misionaris yang berbasis di Ohio tersebut, Selasa (7/12/2021).

“Kami sangat berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas bebasnya tiga teman kami semalam. Mereka sedang dalam kondisi yang baik dan aman,” ungkap organisasi misionaris Ohio Christian Aid Ministries dalam pernyataannya.

Baca juga: Dua Anggota Misionaris yang Disandera di Haiti Bebas

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Ned Price mengonfirmasi pembebasan tiga sandera tersebut dan menambahkan kalau Amerika Serikat terus bekerja keras untuk membebaskan sandera lainnya.

Juru bicara Kepolisian Nasional Haiti Garry Desrosiers menyatakan kalau ketiga sandera itu dibebaskan pada Minggu malam. Ia menolak untuk memberikan rincian atas dasar keamanan sandera lainnya yang masih ditahan.

Para misionaris itu diculik oleh geng bandit 400 Mawozo pada tanggal 16 Oktober saat dalam kunjungannya menggunakan bis ke sebuah yayasan yatim piatu. Ada lima anak-anak dari ke-17 misionaris tersebut. Supir bus dari Haiti itu juga menjadi korban penculikan.

Ketua geng bandit 400 Mawozo itu sebelumnya sempat mengancam akan membunuh para sandera jika permintaan mereka tidak dikabulkan. Pihak otoritas menyebutkan kalau mereka meminta uang sebesar 1 juta dolar per-orangnya.

Insiden tersebut menunjukkan masalah penculikan di Haiti yang sudah sangat parah. Masalah tersebut juga memperparah kondisi ekonomi negara dalam beberapa bulan ini.

Pada bulan lalu, dua anggota misionaris lainnya sudah berhasil dibebaskan.

(RAG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  46  =  56