Lifestyle & Sport

Timnas Indonesia Langsung Geber Persiapan untuk Hadapi Malaysia

Channel9.id – Jakarta. Timnas Indonesia tak memilih beristirahat usai berduel lawan Vietnam dan langsung menggeber latihan dalam rangka persiapan untuk menghadapi Malaysia di laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020.

Indonesia menghadapi Vietnam pada Rabu (15/12/2021). Kemudian pada Kamis (16/12/2021) sore, skuad Merah Putih menggelar latihan di Stadion Bukit Gombang, Singapura,

Lokasi lapangan berjarak 30 menit dari Hotel Orchard tempat Evan Dimas dkk. menginap. Sesi latihan ini dibagi ke dalam dua kelompok.

Baca juga: Gagal Kalahkan Indonesia, Media Vietnam Tuding Timnas Garuda “Jago Kungfu”

Yang pertama pemain-pemain yang bermain dalam laga melawan Vietnam. Kelompok kedua terdiri dari penggawa Garuda yang tak terlibat dalam pertandingan.

“Pemain yang turun bertanding menjalani sesi latihan recovery ringan melemaskan otot-otot. Sementara pemain cadangan latihan taktikal biasa,” tutur Bandung Saputra, offisial Timnas Indonesia.

Sepanjang Piala AFF 2020, di luar hari pertandingan Timnas Indonesia menjalani latihan sehari sekali.

“Waktu boleh memilih sendiri, namun disesuaikan dengan tim lain. Lapangan ini dipakai untuk beberapa tim,” ucap Bandung.

Sejak melakoni laga persiapan melawan Kamboja, Timnas Indonesia memilih waktu sore hari buat latihan. Para pemain belum menikmati hari libur sama sekali.

“Karena mungkin jadwal pertandingan padat Coach Shin Tae-yong memilih tidak meliburkan pemain. Pemain harus selalu fokus ke menu latihan taktikal dan fisik setiap harinya,” papar Bandung.

Protokoler kesehatan sesi latihan Timnas Indonesia amat ketat. Masing-masing tim kontestan dapat waktu dua jam untuk menjalani latihan. Saat waktu selesai mereka sudah harus keluar area lapangan, sekalipun setelah itu tidak ada tim yang bertanding lagi.

“Tiap tim tidak boleh menambah durasi waktu latihan, walau lapangan kosong setelah kita latihan,” terang Bandung.

Namun, semua anggota skuad Timnas Indonesia terlibat dalam latihan persiapan menghadapi Malaysia. Praktis hanya seorang Elkan Baggot yang absen.

Dia sedang menjalani karantina sesuai aturan Undang Undang Pandemi Singapura gara-gara satu pesawat bareng orang yang terdeteksi COVID-19 saat berangkat dari Inggris menuju Negeri Singa untuk keperluan Piala AFF.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dinilai kurang memahami peraturan pemerintah Singapura terhadap Elkan Baggott. Bek berusia 19 tahun itu harus diisolasi selama lima hari dan absen melawan Vietnam.

Elkan Baggott terpaksa menjalani isolasi karena berada satu pesawat dengan penumpang yang positif COVID-19 varian Omicron dalam perjalanan dari Inggris menuju Singapura pada 7 Desember 2021.

Untungnya tanpa Baggott, Timnas Indonesia masih mampu mengimbangi Vietnam 0-0 dalam matchday keempat Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Singapura, Rabu (15/12/2021) malam WIB.

Shin Tae-yong meluapkan kegusaran dengan kasus yang menimpa Baggot yang menjadi andalan di lini belakang Timnas Indonesia.

Elkan Baggott tiba di Singapura pada 8 Desember 2021 dan sempat bermain selama 45 menit ketika Timnas Indonesia menghajar Laos 5-1 pada 12 Desember 2021.

Sehari setelah melawan Laos, pemerintah Singapura melalui Kementerian Kesehatan Singapura mengirimkan surat kepada PSSI bahwa Baggot harus dikarantina.

“Ada masalah dengan Baggott. Dia sudah bertanding melawan Laos, namun tiba-tiba dipindahkan ke hotel lain untuk dikarantina,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers pasca-laga.

“Padahal, kami semua sudah mengikuti protokol kesehatan di Singapura dengan baik. Kami juga sudah empat kali tes PCR dan hasilnya negatif.”

“Baggott juga sudah bersama-sama pemain, pelatih, dan ofisial Timnas Indonesia. Sampai sekarang, saya tidak paham mengapa dia harus dikarantina,” jelas Shin Tae-yong.

Upaya lobi sudah dilakukan pihak PSSI dibantu KBRI, namun hasilnya nihil. Baggot tetap dilarang berinteraksi dengan anggota skuad lainnya selama lima hari.

HY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3  +  6  =