Connect with us

Lifestyle & Sport

Tuan Rumah Melaju ke Babak Enam Besar Cabang Sepak Bola PON XX

Published

on

Channel9.id – Jakarta. Tim sepak bola putra tuan rumah melaju ke babak semi final usai mengalahkan Sumatera Utara 2-0 dalam laga terakhir Grup D babak enam besar PON XX Papua di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Minggu.

Bek tengah Marthin Alesandro Dusay mencetak gol pembuka keunggulan yang belakangan dilengkapi M. Arody Uopdana, yang membuat Papua lolos ke semifinal selaku juara Grup D babak enam besar.

Tempo pertandingan berlangsung relatif lambat dan peluang berbahaya pertama lahir pada menit ke-18 dari sepakan bek sayap Papua I Nyoman Nikson Ansanay yang merangsek ke dalam kotak penalti Sumut, sayang bola masih bisa dihalau oleh kiper Muhammad Irfan.

Eduard kemudian memasukkan Ricky Ricardo menggantikan Salvador Ayomi pada menit ke-35, sayangnya sang kapten belum mampu mengubah kedudukan 0-0 hingga waktu turun minum.

Baca juga: PON Papua: Jawa Barat Kumpulkan Medali Emas Terbanyak Hari Ini

Memasuki babak kedua, Sumut tampil lebih agresif dalam melancarkan serangan serta cukup jeli melihat celah-celah kesalahan Papua.

Papua nyaris membuka keunggulan saat Samuel Gideon melepaskan eksekusi tendangan bebas yang sayangnya bisa ditepis oleh Muhmmad Irfan.

Namun hasil sepak pojok dari situasi itu bisa dikirimkan oleh Samuel Gideon dan disambut sontekan Marthin Alesandro yang memecah kebuntuan serta membawa Papua memimpin 1-0 atas Sumut pada menit ke-65.

Gol itu membuat Papua kian percaya diri melancarkan serangan dan nyaris menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-73 setelah Ricky Ricardo meliuk-liuk memperdaya bek Sumut, sayang tembakan penyelesaiannya yang melengkung berakhir menghantam mistar gawang.

Tepat di pengujung waktu normal, Papua berhasil melengkapi kemenangan mereka menjadi 2-0 berkat gol Arody Uopdana yang menyambar bola muntah hasil penyelamatan tak sempurna Muhammad Irfan atas sepakan voli Rafiko Nawipa.

Berbarengan dengan hasil ini di Grup E Jawa Timur menang 2-0 atas Jawa Barat. Hasil itu membuat Jatim lolos sebagai pemuncak Grup E .

Di semifinal, Papua akan bertemu Kaltim sedangkan Jatim menghadapi Aceh.

HY

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Raja Sapta: Tidak Hanya Soal Doping WADA Berikan Sanksi ke Indonesia

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Satuan tugas yang dipimpin Raja Sapta Oktohari menemukan fakta persoalan Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) dengan Badan Anti Doping Dunia (WADA) bukan hanya soal sampel tes doping. Raja Sapta mengungkap banyak persoalan administrasi sehingga WADA memberi sanksi kepada Indonesia.

“Dari kemarin kami sudah bertemu dengan tim LADI. Kami sudah memetakan persoalannya. Banyak masalah administratif di dalamnya. Kayak pending payment saja ada banyak. Pending payment itu dari 2018,” kata Raja Sapta, Selasa (19/10).

“Jadi kalau ada yang bilang ini soal sampel tes doping, tidak semuanya soal sampel. Ada juga soal bayaran. Orang kan banyak bilang ini di ruang lingkup pemenuhan sampel tes doping, tetapi setelah didalami ternyata banyak hal lain,” ucap Raja Sapta yang juga menjabat Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), dilansir CNNIndonesia.

Indonesia mendapat sanksi WADA per 7 Oktober 2021. Sanksi ini diberikan WADA karena LADI tak bisa memberikan klarifikasi atas kepatuhan pemenuhan sampel tes doping. Persoalan sampel tes doping ini sudah terkendala sejak 2020.

Baca juga: KOI Akan Berupaya Agar Sanksi WADA Terhadap LADI Dicabut

WADA mengirim surat peringatan kepada LADI pada 15 September 2021. LADI kemudian diberi waktu 21 hari untuk menjelaskan duduk perkara yang terjadi. Sayang hingga batas waktu yang ditentukan, LADI tak membalas surat tersebut.

Indonesia, dalam hal ini pemerintah lewat Kemenpora, baru membalas surat pada 8 Oktober, setelah kasus ini dipublikasikan sejumlah media massa besar dunia.

Meski Indonesia telah memberikan klarifikasi, WADA tak bisa mencabut sanksi hingga persoalan administrasi dan kepatuhan sampel tes doping dipenuhi. Ini membuat atlet Indonesia terdampak secara langsung.

Permasalahan makin mencuat dalam ajang Thomas Cup 2020 (2021). Hendra Setiawan dan kawan-kawan berhasil menjuarai turnamen beregu tersebut di Denmark pada Minggu (17/10), namun bendera merah putih tidak bisa berkibar di sana.

IG

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Mattia Aramu Antarkan Venezia Menang Kandang Pertamanya dalam 19 Tahun

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Mattia Aramu mengantarkan Venezia memastikan kemenangan kandang pertamanya musim ini setelah menggebuk Fiorentina 1-0 di Stadio Penzo, Selasa dini hari tadi.

Mantan kiper Manchester United Sergio Romero melakukan debutnya bersama Venezia setelah menyelesaikan bebas transfer saat jeda.

Penjaga gawang Argentina itu memainkan pertandingan Serie A pertamanya dalam kurun tujuh tahun terakhir.

Namun yang menjadi perhatian utama dalam laga tersebut adalah bintang Fiorentina Dusan Vlahovic yang masuk lapangan untuk pertama kalinya sejak Presiden Rocco Commisso mengumumkan sang striker tak akan memperpanjang kontraknya yang akan berakhir Juni 2023.

Baca juga: Liga Italia: Venezia Menang Atas Tim Promosi Empoli 2-1

Jack Bonaventura menciptakan peluang pertama dalam laga namun Romero menepisnya sehingga melenceng ke atas mistar gawang.

Mattia Aramu dinyatakan offside sehingga gol dari kaki kanannya yang melesat masuk ke tiang jauh dinyatakan tidak sah.

Namun pemain berusia 26 tahun itu dan Thomas Henry tidak terjebak offside manakala Venezia mencetak gol pembuka yang juga penentu kemenangan.

Henry menerobos masuk dan begitu berhadapan dengan penjaga gawang Fiorentina Pietro Terracciano, dia mengumpan Aramu yang dengan mudah meneruskan bola ke gawang yang sudah kosong.

Fiorentina berusaha membalas tetapi Vlahovic tidak banyak mendapatkan pasokan dan kerap gagal mempertahankan bola.

Alfred Duncan berusaha membobol gawang lewat tembakan jarak jauhnya pada babak kedua sebelum Romero menghalau sundulan Riccardo Sottil.

Penjaga gawang Fiorentina mendapat kartu merah langsung karena melanggar keras Aramu di luar kotak penalti Fiorentina, namun pemeriksaan VAR membatalkan kartu merah itu.

Tetapi rekannya Riccardo Sottil tak bisa menyelamatkan diri dari kartu merah pada menit ke-77 sehingga Fiorentina tetap harus bermain dengan sepuluh orang.

Sementara itu tembakan ke arah gawang satu-satunya yang dilakukan Vlahovic pada pertandingan itu terjadi pada waktu tambahan dan itu pun melebar dari tiang jauh. Romero juga menunjukkan refleks luar biasa ketika menghalau sundulan Cristiano Biraghi di tiang dekat.

Ini adalah kemenangan kandang pertama Venezia dalam Serie A dalam kurun 7.190 hari atau 19 tahun delapan bulan.

Kemenangan kandang terakhir mereka terjadi pada 10 Februari 2002 saat menaklukkan Fiorentina 2-0 lewat gol Federico Magallanes dan Filippo Maniero.

Lagunari naik ke peringkat 15 setelah mengemas delapan poin dari delapan pertandingan sementara La Viola menduduki urutan kesembilan bersama Bologna dengan 12 poin, demikian laman football-italia.

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

LIB Belum Temukan Kasus Covid-19 di Liga 1 dan 2

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum menemukan kasus Covid-19 di Liga 1 dan Liga 2 2021-2022.

Hingga kini kompetisi Liga 1 memasuki pekan pertandingan kedelapan dan Liga 2 2021 menuju minggu keempat.

“Tidak ada penularan, apalagi klaster,” ujar Direktur Operasional LIB sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Liga 1 dan Liga 2, Sudjarno, Senin.

Menurutnya, situasi positif tersebut terwujud lantaran pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) yang ketat dan disiplin dari semua pihak yang terlibat.

Baca juga: PSIS Duduki Posisi Kedua Klasemen BRI Liga 1

Salah satu prosedur yang terus dilaksanakan yaitu pelaksanaan tes usap antigen dan PCR sebelum pertandingan.

Kapolda Lampung periode 2016-2017 menyebut, sampai pertengahan bulan Oktober 2021, LIB sudah melakukan lebih dari 3.000 kali tes usap PCR dan 9.000 kali uji antigen kepada semua pemain, pelatih beserta ofisial di Liga 1 dan 2.

Kewajiban dua dosis vaksinasi COVID-19 juga diyakini memberikan andil.

“Kami tidak pernah kendur dalam hal prokes,” kata Sudjarno.

Liga 1 Indonesia 2021-2022 dimulai sejak 27 Agustus 2021 dan bergulir nyaris tanpa kendala hingga menuju pekan kedelapan.

Pada kompetisi itu, Bhayangkara FC menjadi pemimpin klasemen sementara dengan 16 poin dari tujuh pertandingan.

Sementara Liga 2 2021 sudah menuntaskan minggu ketiga dengan Sriwijaya FC, Martapura Dewa United, PSCS dan Kalteng Putra masing-masing memimpin klasemen sementara Grup A, B, C dan D.

HY

Continue Reading

HOT TOPIC