Connect with us

video

(Video) Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing (WNA) ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

“Rapat kabinet terbatas tanggal 28 Desember 2020 memutuskan untuk menutup sementara dari tanggal 1 sampai 14 Januari 2021 masuknya warga negara asing atau WNA dari semua negara ke Indonesia,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers pada Senin, 28 Desember 2020 di Kantor Presiden.

Lihat juga : (Video) Ambil Paksa Jenazah Covid RSUD Brebes Dirusak Polisi Harus Bertindak

Bagi WNA yang tiba di Indonesia terhitung per tanggal 28 Desember hingga 31 Desember 2020 mendatang, diberlakukan aturan sesuai ketentuan dalam adendum Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020. Melalui ketentuan tersebut, WNA yang akan memasuki Indonesia diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes RT-PCR dari negara asal dan melakukan pemeriksaan ulang setibanya di Indonesia.

“Menunjukkan hasil negatif melalui tes RT-PCR di negara asal yang berlaku maksimal 2×24 jam sebelum jam keberangkatan dan dilampirkan pada saat pemeriksaan kesehatan atau e-HAC (electronic health alert card) internasional Indonesia. Pada saat kedatangan di Indonesia, melakukan pemeriksaan ulang RT-PCR dan apabila menunjukkan hasil negatif, maka WNA melakukan karantina wajib selama lima hari terhitung sejak tanggal kedatangan,” ucap Menlu yang hadir didampingi Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito.

Setelah melalui karantina selama lima hari tersebut, WNA akan melakukan pemeriksaan ulang dengan metode RT-PCR. Apabila memperoleh hasil negatif, maka pengunjung diperkenankan untuk meneruskan perjalanan.

Sementara itu, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 pasal 14, warga negara Indonesia (WNI) tetap diizinkan untuk kembali ke Indonesia dengan ketentuan adendum dari surat edaran yang sama dengan ketentuan yang berlaku untuk WNA.

Para WNI yang akan kembali ke Indonesia juga diminta untuk menunjukkan hasil negatif melalui tes RT-PCR dari negara asal yang berlaku maksimal 2×24 jam sebelum jam keberangkatan dan dilampirkan saat pemeriksaan kesehatan atau e-HAC. Setibanya di Indonesia, Menlu menjelaskan, WNI juga harus melakukan pemeriksaan ulang dan karantina wajib selama lima hari sebelum kembali dilakukan pemeriksaan ulang dengan hasil negatif sehingga dapat meneruskan perjalanan.

“Pada saat kedatangan di Indonesia, melakukan pemeriksaan ulang RT-PCR dan apabila menunjukkan hasil negatif, maka melakukan karantina wajib selama lima hari terhitung sejak tanggal kedatangan di tempat akomodasi karantina yang telah disediakan oleh pemerintah. Setelah karantina lima hari, WNI melakukan pemeriksaan ulang RT-PCR dan apabila hasil negatif, maka diperkenankan meneruskan perjalanan,” tuturnya.

Untuk diketahui, kebijakan penutupan sementara perjalanan WNA ke Indonesia ini dikecualikan bagi kunjungan resmi pejabat setingkat menteri dan tingkat di atasnya. Kunjungan tersebut pun juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Kebijakan tersebut akan segera dituangkan dalam surat edaran baru Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

video

(Video) Jokowi Penerima Vaksin Pertama

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan rasa terima kasih kepada sejumlah pihak dari pengusaha hingga buruh yang bersedia mengikuti vaksinasi covid-19 gelombang pertama bersama dirinya pada Rabu (13/1). Vaksinasi tersebut dilakukan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

“Bapak Ibu dan saudara semuanya, saya baru saya tadi bersama dengan perwakilan dari bidang kesehatan, pedagang pasar, perwakilan pengusaha, buruh terima kasih telah bersama saya tadi divaksin,” ucap Jokowi.

Lihat juga : (Video) Jokowi: Duka Cita Mendalam Atas Jatuhnya Sriwijaya SJ 182

Jokowi menyatakan pemerintah akan langsung melakukan vaksinasi di seluruh provinsi dan kabupaten/kota setelah proses vaksinasi perdana hari ini. Menurutnya, vaksinasi penting dilakukan untuk memutus mata rantai penularan virus covid-19.

“Vaksin covid-19 penting dilakukan dan memberikan perlindungan kesehatan, keselamatan, dan keamanan bagi semua masyarakat,” tutur Jokowi.

Kendati sudah ada vaksin, Jokowi mengingatkan agar masyarakat tetap melakukan protokol kesehatan dengan ketat. Protokol tersebut, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.

“Tak lupa Jokowi mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Prof. dr Abdul Mutolib yang telah menyuntikkan Vaksin Terhadap Saya,” tutur Jokowi.

Continue Reading

video

(Video) Mensos Risma Akan Bantu Keluarga Korban Sriwijaya Air

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Menteri Sosial Tri Rismaharini menyambangi posko Crisis Center Sriwijaya Air SJ 182 di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta, Senin (11/1/2021). Di sana, ia memastikan akan memberikan pendampingan psikoterapi kepada keluarga korban.

“Kemensos siap membantu, saat ink posko pendampingan ada di Bandara Soekarno-Hatta, Hotel Mercure, Tanjung Priok, dan RS Polri Jakarta Timur,” kata Risma di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta.

Pasalnya, pihaknya telah menyiapkan kendaraan ambulans untuk mengangkut keluarga korban.

Ia mengaku, akan menjadi penghubung antara pihak keluarga dengan pemerintah daerah yang menjadi asal korban Sriwijaya Air.

Risma mengatakan kalau Kemensos pun sudah berkoordinasi dengan Jasa Raharja terkait asuransi kepada para penumpang Sriwijaya Air SJ182.

“Terdata ada 24 kota dan kabupaten yang jadi domisili para korban. Setahu saya asuransi ada satu dari Boeing. Nah misalkan ternyata harus ke pengadilan, Kemensos siap membantu,” jelas Risma.

Kendati demikian, ia tidak mengetahui soal nominal yang akan diberikan kepada kelyarga korban dari Jasa Raharja, maupun maskapai Sriwijaya Air dan Boeing.

“Bukan ranah kita ya itu, hanya menjadi penghubung karena bukan tidak mungkin. Ahli waris meminta menghubungkan ke pihak bank. Kami yang akan menghubungkan dengan perbankan,” kata Risma.

Continue Reading

video

(Video) Jokowi: Duka Cita Mendalam Atas Jatuhnya Sriwijaya SJ 182

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Kemarin sore dan tadi malam saya telah mendapatkan laporan dari Menteri Perhubungan mengenai musibah jatuhnya Pesawat Sriwijaya dengan kode penerbangan SJ 182, rute penerbangan dari Jakarta menuju ke Pontianak, di area Kepulauan Seribu.

Saya atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia menyampaikan dukacita yang mendalam atas terjadinya musibah ini.

Lihat juga : (Video) Sriwijaya Air SJ 182 Rute Jakarta-Pontianak Hilang Kontak

Kemarin sore telah saya perintahkan kepada Menteri Perhubungan, kepada Kepala Basarnas yang dibantu oleh TNI dan Polri untuk segera melakukan operasi pencarian dan pertolongan yang secepat-cepatnya kepada para korban.

Kita lakukan upaya yang terbaik untuk menemukan dan menyelamatkan korban. Dan kita doakan bersama, kita berdoa bersama-sama agar para korban bisa ditemukan.

Saya juga telah menyampaikan kepada KNKT untuk melakukan kajian penyelidikan terhadap musibah ini. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Terima kasih.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC