Connect with us

video

(Video) Woww..! Ahok Hapus Fasilitas Kartu Kredit Direksi Pertamina

Published

on

Woww..! Ahok Hapus Fasilitas Kartu Kredit Direksi Pertamina

Channel9.id-Jakarta. Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan perusahaan pelat merah itu masih akan melakukan efisiensi pada tahun ini. Salah satunya ialah dengan meniadakan fasilitas kartu kredit bagi dewan direksi, komisaris, senior vice president, hingga pejabat level manajer di perseroan.

“Dalam RUPS kemarin sudah disampaikan tentang peniadaan fasilitas kartu kredit bagi dewan direksi, dewan komisaris, sampai manager, senior vice president dan lain-lain yang selama ini ada fasilitas tersebut,” ujar Ahok Selasa, 15 Juni 2021.

Ahok menjelaskan kebijakan tersebut tidak hanya berlaku di induk perusahaan, tapi juga di seluruh grup. Artinya, para pejabat di anak usaha atau subhloding Pertamina juga tidak akan lagi merasakan fasilitas kartu kredit tersebut.

Sebagai gantinya, tagihan atas kebutuhan-kebutuhan yang dikeluarkan oleh petinggi perseroan, seperti untuk jamuan tamu, harus langsung diajukan kepada perusahaan. Selain itu, pemesanan tiket penerbangan, hotel, dan akomodasi maupun transportasi lainnya juga mesti dilakukan atas nama perusahaan.

“Poin potongan dan sebagainya juga harus masuk ke perusahaan, tidak boleh ke nama pribadi,”  tutur Ahok.

Pertamina, kata Ahok, menargetkan optimasi biaya atas berbagai penghematan bisa mencapai US$ 1,9 milar pada 2021. Pertamina juga membidik laba bersih lebih tinggi hingga akhir tahun nanti sebesar US$ 2 miliar.

Dalam pembukuannya, Pertamina baru saja mencatatkan laba bersih sepanjang tahun 2020 sebesar US$ 1,05 miliar atau Rp 15,3 triliun (asumsi kurs 14.572 per dolar AS). Ketimbang tahun sebelumnya, laba bersih ini turun. Pada 2019, laba bersih Pertamina mencapai US$ 2,35 miliar atau Rp 35,8 trilun.
Sementara itu, EBITDA yang diperoleh perseroan sebesar US$ 7,6 miliar dengan EBITDA margin 18,3 persen. Pertamina melakukan transformasi,

optimasi, efisiensi, dan akuntabilitas di seluruh lini perusahaan sehingga pendapatan konsolidasian di akhir 2020 mencapai US$ 41,47 miliar.

Tren kinerja yang positif di tengah tantangan pandemi Covid-19 dan menurunnya harga minyak dunia, kata Ahok, terjadi karena perusahaan melakukan penghematan dari sisi pengadaan dengan cara sentralisasi dan optimasi biaya serta penjualan produk.

“Kami tidak lagi melalui pihak ketiga,” kata Ahok. Selain itu, perusahaan minyak negara menerapkan sistem pro bono untuk pejabat di anak perusahaan dan cucu perusahaan.

Ahok mengatakan optimasi biaya dengan cara penghematan harus terus dilakukan untuk meningkatkan kinerja Pertamina.  Selain itu, perusahaan mesti mengoptimalkan pemanfaatan aset untuk meningkatkan penjualan produk maupun jasa.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

video

(Video) Arbain Komedian Tiga Zaman Meninggal Dunia

Published

on

By

Arbain Komedian Tiga Zaman Meninggal Dunia

Channel9.id-Jakarta. Dunia seniman Indonesia kembali berduka. Arbain 90 tahun, komedian senior meninggal dunia di Cileungsi, Bogor, Jumat malam kemarin (23/7/2021).

Arbain yang belakangan meramaikan jagad Youtuber dan Tik-tok dengan banyolan yang menyegarkan itu meninggal dunia karena sakit.

Sahabat karibnya Bambang Suud sesama seniman asal Tegal, nampak terpukul dan kaget karena sehari sebelumnya pada Kamis 22 Juli lalu, Almarhum masih bertandang ke rumahnya di Depok, Jawa Barat.

“Memang sudah nampak kurang segar, tetapi saya tidak pernah dengar Almarhum sakit. Beliau datang ke sini biasa dengan motornya,” ujar Bambang Suud yang mengampu siaran radio bahasa ngapak.

Lihat juga: Mendagri Ajak Kepala Daerah Turun Langsung Bawa Bantuan Sosial

Sebagai komedian Arbain cukup dituakan di Paguyuban Seniman Komedian (Paski), pelawak Gery, Komeng, sangat menghormati, senior komedi kelahiran Tegal Andong, Slawi ini.

Maklum Arbain, termasuk langka karena temen sezamnnya, seperti pelawak Edi Suud, Bing Slamet, Cholik Jaya Karta, sudah tidak ada lagi.

Selain sebagai komedian, Arbain juga pernah bermain di layar lebar. “Arbain pernah main di Film Saur Sepuh Garapan Sutradara Imam Tantowi,” ujar Bambang Suud.

Arbain, dan karya-karyanya termasuk pioner dalam iklan layanan masyarakat yang dikemas dalam bentuk serial drama pendek.

Bagi warga Tegal di Jabodetabek, Arbain juga termasuk senior yang dihormati. Walaupun sudah sepuh, beliau selalu semangat dan menjadi pengurus bidang Seni Budaya, Ikatan Keluarga Besar Tegal di Jabodetabek.

Setelah berkelana di tahun 1950-an di Jakarta, Arbain pernah menjadi staf di kantor Dewan Pertimbangan Agung (DPA) sekarang Dewan Pertimbangan Presiden di masa Orde Baru. Tak betah di birokrasi, Arbain kembali ke dunia seni dan meneruskan sebagai komedian. Selamat jalan Arbain, doa kami menyertai.

Continue Reading

video

(Video) Mendagri Ajak Kepala Daerah Turun Langsung Bawa Bantuan Sosial

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Mendagri Tito Karnavian tinjau langsung situasi pemberian bantuan sosial di Kota Depok. Bersama Walikota Depok Mohammad Idris, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengajak kepala daerah turun langsung membawa bansos.

Menurut Mendagri, para Kepala Daerah jangan menunggu dari pusat datang. Pusat memang ada bantuan dari Ibu Mensos, Kementerian UMKM, ESDM, dari BUMN ada juga kartu pra kerja.

“Sebagai Mendagri saya mengetahui ada anggaran Pemerintah Daerah di Dinas Sosial yang merupakan belanja rutin, juga ada Anggaran Tak Terduga yang bisa dicairkan sebagai bansos,” katany di kantor Walikota Depok Jumat (23/7/2021).

Saya memohon dan meminta kepada para Kepala Daerah, kita sharing burden, berbagi beban. Tidak hanya menggunakan anggaran dari pusat tetapi juga gunakan anggaran yang ada di daerah, dengan mata anggaran yang bisa digunakan untuk bantuan sosial.

Segera belanjakan untuk bansos dan diberikan kepada masyarakat yang benar-benar memerlukan, ujar Tito Karnavian.

“Saya ingin temen-temen Kepala Daerah turun langsung membawa bansos, karena pengaruhnya akan lebih besar dibandingkan Kepala Dinas Sosial atau.staff lain yang turun,” kata Mendagri.

Menurut Mendagri kalau para kepala daerah turun langsung ke masyarakat membawa bantuan tunai atau dengan sembako, sampaikan kepada publik. Ini menunjukkan Pemerintah daerah dan pusat hadir di tengah masyarakat yang sedang sulit.

Tito menyampaikan dia sendiri akan turun langsung ke daerah-daerah lain untuk mengecek pelaksanaan bantuan kepada masyarakat, ujarnya dalam konferensi pers bersama Walikota Depok Mohammad Idris.

Continue Reading

video

Dubes Heri Akhmadi Sambut Kloter II Kontingan Olimpiade

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi bersama Tim Olimpiade Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) menyambut kedatangan 13 atlet serta 11 pelatih dan ofisial Olimpiade Tokyo Indonesia di Bandara Narita Tokyo Jepang Minggu (18/7). Ke-13 atlet Indonesia itu berasal dari lima cabang olah raga (cabor) yaitu panahan 4 atlet, angkat besi 4 atlet, menembak 1 atlet, renang 2 atlet dan surfing 2 atlet.

Kedatangan 24 atlet dan ofisial Indonesia untuk Olimpiade Tokyo ini dipimpin langsung Chef de Mission (CdM) Rosan P Roeslani dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari serta 4 tim pendukung CdM.

Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi saat menyambut rombongan mengatakan Tim Olimpiade Indonesia ini adalah putra putri terbaik Bangsa Indonesia yang akan bertanding di ajang olahraga paling terhormat.

“Mereka berjuang menjunjung nama Indonesia. Semoga semua bisa memberikan yang terbaik untuk Ibu Pertiwi dan selalu dalam lindungan Allah SWT, Tuhan Maha Kuasa.” Ujar Dubes Heri Akhmadi yang didampingi oleh Ketua Tim Pendukung Olimpiade KBRI Tokyo Edwardus Wisoko, Kepala Bidang Penerangan Sosial Budaya KBRI Tokyo Meinarti Fauzie, Atase Perhubungan Samsul Rizal dan Atase Imigrasi Marina Magdalena Harahap.

Sementara itu Chef de Mission Rosan P Roeslani mengapresiasi dukungan fasilitas dan penyambutan dari KBRI Tokyo kepada Tim Olimpiade Indonesia. Ia berharap, ada peningkatan prestasi dari para atlet dalam ajang Olimpiade Tokyo ini. “Semoga ada peningkatan prestasi dari para atlet. Fokus kami menyemangati para atlet karena ini adalah Olimpiade yang penuh tantangan di tengah pandemi Covid-19 seperti adanya pembatasan dan lainnya,” kata Rosan P Roeslani.

Duta Besar Heri Akhmadi dan Chef de Mission Rosan P Roeslani sempat berkunjung ke Athelete’s Village Olimpiade Tokyo untuk berkeliling melihat tempat menginap para atlet. Dubes Heri memastikan Athelete’s Village menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Para atlet, lanjut Dubes Heri, dalam kondisi sehat dan bersemangat, siap mengikuti pertandingan dalam Olimpiade Tokyo.

Sebelumnya, rombongan tim bulu tangkis lebih dulu berangkat ke Jepang pada Kamis (8/7) untuk menjalani latihan di Perfektur Kumamoto. Pada Senin (19/7) tim bulu tangkis Indonesia akan bertolak ke Tokyo.

Seluruh Kontingen Indonesia yang berangkat sudah divaksinasi dan telah menjalani karantina dengan protokol kesehatan yang ketat sesuai aturan Tokyo Organising Committee of the Olympic and Paralympic Games (TOCOG).

CdM dan NOC Indonesia juga meningkatkan uji dengan tes Swab PCR selama tujuh hari beruntun, di mana hasil uji di hari ke-4 dan 30 jam sebelum keberangkatan wajib diserahkan ke pemerintah Jepang sebagai syarat keberangkatan.

Continue Reading

HOT TOPIC