Connect with us

Lifestyle & Sport

WADA Larang Indonesia Kibarkan Bendera Merah Putih

Published

on

Channel9.id – Jakarta. Indonesia mendapat sanksi serius dari Badan Anti-Doping Dunia (World Anti-Doping Association/WADA) per Kamis 7 Oktober 2021, setelah Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) dinyatakan tidak patuh.

WADA mencabut hak Indonesia menjadi tuan rumah untuk kejuaraan atau turnamen level regional, kontinental, dan dunia selama masa penangguhan.

Selain itu, perwakilan LADI juga dinilai tidak memenuhi syarat untuk duduk sebagai anggota dewan di komite sampai status sanksi mereka dipulihkan atau minimal menjalani masa penangguhan selama satu tahun.

Tak hanya itu, Indonesia juga dilarang mengibarkan bendera Merah Putih, kecuali dalam ajang Olimpiade.

Baca juga: Peraih Emas 100m Putra Olimpiade Jacobs Dituduh Gunakan Doping

Dikutip dari Reuters, WADA menyatakan Indonesia tidak patuh karena tidak menerapkan program pengujian yang efektif kepada setiap atlet di seluruh cabang olahraga.

Meski mendapat sanksi serius, WADA tetap mengizinkan para atlet dari Indonesia untuk tetap bersaing pada kejuaraan atau turnamen level regional, kontinental, dan dunia.

Akan tetapi, bendera Merah Putih tidak akan bisa dikibarkan selain pada ajang Olimpiade.

Sebelum resmi menjatuhkan sanksi, WADA sebetulnya sudah mengirim pemberitahuan perihal ketidakpatuhan akan peraturan anti-doping terbaru yang sesuai standar WADA kepada delapan organisasi, termasuk LADI, pada 15 September lalu.

Namun, LADI dan empat organisasi lainnya tidak membantah klaim ketidapatuhan, konsekuensi yang diusulkan dari vonis ketidakpatuhan, atau kondisi pemulihan yang diusulkan WADA dalam tempo 21 hari setelah surat tersebut diterima.

Sehingga, klaim ketidakpatuhan WADA tersebut dianggap diterima dan penjatuhan sanksi kepada Indonesia menjadi keputusan akhir.

Meski sudah menjatuhkan sanksi, WADA tetap akan terus memberi panduan dan dukungan kepada setiap organisasi yang bersangkutan, termasuk LADI, untuk mengatasi permasalahan ketidakpatuhan mereka.

WADA juga akan memantau pelaksanaan konsekuensi tersebut dan dapat mengambil tindakan lanjutan andai masing-masing organisasi yang menerima sanksi gagal menerapkan hukuman tersebut secara sepenuhnya.

Selain LADI, empat organisasi yang mendapat sanksi WADA adalah Federasi Bola Basket Tuli Internasional (DIBF), Organisasi Anti-Doping Korea Utara (DPRK NADO), Federasi Olahraga Internasional GIRA (IGSF), dan Organisasi Anti-Doping Thailand.

Adapun tiga organisasi yang lolos dari hukuman WADA adalah Organisasi Anti-Doping Komunitas Jerman di negara Belgia, Montenegro, dan Rumania.

HY

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hot Topic

Kalahkan Jepang, China Juara Uber Cup 2020

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tim bulutangkis China merebut tropi Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada laga final. Pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu dini hari (17/10/2021), China mengalahkan juara bertahan Jepang dengan skor 3-1.

Hasil pertandingan yang dikutip dari laman resmi BWF menunjukkan satu-satunya angka yang diraih Tim Negeri Sakura diperoleh dari pemain tunggal putri Akane Yamaguchi yang tampil pada partai pembuka. Akane mengalahkan Chen Yu Fei 21-18, 21-10.

Tiga partai selanjutnya dimenangi oleh Tim Negeri Tirai Bambu, yakni ganda putri pertama, tunggal putri kedua dan ganda putri kedua. Pasangan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan membuka angka bagi Tim China dengan menundukkan ganda putri Jepang Yuki Fukushima/Mayu Matsumoto 29-27, 15-21, 21-18 yang berlangsung hampir dua jam.

He Bing Jiao menambah keunggulan Tim China menjadi 2-1 dengan mengalahkan Sayaka Takahashi dalam dua gim langsung 21-9, 21-18.

Baca juga: Ester Nurumi Gagal Sumbang Angka, Indonesia Tersingkir di Perempat Final Piala Uber

Pasangan Huang Dong Ping/Li Wen Mei memastikan Tim China membawa pulang Piala Uber dengan mengunci kemenangan ketat 24-22, 23-21 atas Misaki Matsutomo/Nami Matsuyama yang berlangsung satu jam tiga menit.

Kemenangan tersebut mengembalikan dominasi China yang pada 2018 tersingkir di perempat final Piala Uber, dengan menambah catatan gelar yang ditorehkannya menjadi total 15.

Berikut ini hasil lengkap final Piala Uber, China vs Jepang (3-1) Tunggal putri 1 Akane Yamaguchi vs Chen Yu Fei 21-18, 21-10. Ganda putri 1 Chen Qing Chen/Jia Yi Fan vs Yuki Fukushima/Mayu Matsumoto 29-27, 15-21, 21-18 Tunggal putri 2 He Bing Jiao vs Sayaka Takahashi 21-9, 21-18. Ganda putri 2 Huang Dong Ping/Li Wen Mei vs Misaki Matsutomo/Nami Matsumaya 24-22, 23-21 Tunggal 3 Han Yue vs Aya Ohori (tidak dimainkan).

IG

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Fajar/Rian: Kemenangan Jojo Tingkatkan Rasa Percaya Diri Raih Kemenangan

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menyatakan, kemenangan Jonatan Christie (Jojo) sangat membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka saat melakoni laga semifinal Piala Thomas.

Fajar/Rian yang tampil di partai keempat itu memetik kemenangan straight game 21-14, 21-14 atas pasangan baru Denmark Mathias Christiansen/Frederik Sogaard di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Sabtu malam.

Sebelumnya di partai ketiga, Jojo, terlebih dahulu mengalahkan Anders Antonsen dalam tiga gim dengan skor 25-23, 15-21, 21-16.

“Kemenangan Jojo sebelumnya membuat performa saya bersama Rian lebih nyaman. Keunggulan Indonesia 2-1 atas Denmark itu makin menambah kepercayaan diri kami untuk menuntaskan dengan kemenangan,” kata Fajar dalam keterangan resmi PP PBSI, Minggu.

Baca juga: Fajar/Rian Menang, Indonesia ke Babak Final Piala Thomas

Dia pun mengakui memiliki motivasi yang begitu besar untuk membuat sejarah di pentas Piala Thomas, yang sudah sejak kecil dia impikan.

“Dulu saya bercita-cita bisa masuk ke Piala Thomas. Sekarang saya bisa masuk tim dan ikut menyumbangkan angka kemenangan Indonesia,” ujar Fajar.

Fajar/Rian mengaku senang sekaligus bersyukur karena selain menyumbang angka kemenangan, mereka juga turut membawa Skuad Garuda menuju babak final Piala Thomas.

“Kami bersyukur bisa mengantarkan Indonesia ke babak final Piala Thomas. Tadi kami bermain lebih lepas dan sangat menikmati pertandingan,” tutur Fajar.

Senada dengan Fajar, Rian juga mengaku senang dengan penampilannya bersama Fajar saat menghadapi Christiansen/Sogaard. Baginya, tampil maksimal adalah suatu kewajiban setiap kali ia dipercayakan untuk turun bertanding.

“Saat dipercaya turun sebagai ganda kedua, kami harus memaksimalkan penampilan dengan memberikan hasil terbaik. Kemenangan ini begitu berarti bagi kami, apalagi ini adalah ajang beregu terbesar. Kemenangan ini, paling tidak, bisa membawa Indonesia ke jajaran paling tinggi,” ungkap Rian.

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Sempat Tertinggal Du Gol, AC Milan Tekuk Hellas Verona 3-2

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. AC Milan menang 3-2 atas Hellas Verona pada pekan kedelapan Liga Italia di San Siro pada Minggu dini hari WIB.

Tiga gol Rossoneri masing-masing dicetak oleh Olivier Giroud, Frank Kessie dan bunuh diri Koray Gunter. Sedangkan dua gol Verona disumbangkan oleh Gianluca Caprari dan Antonin Barak.

Milan memulai laga dengan cukup buruk setelah kebobolan pada menit ke-7 melalui tendangan voli Caprari usai menerima umpan Veloso yang mengoyak gawang kawalan Tatarusanu. Skor 1-0 untuk tim tamu.

Milan lantas mencoba untuk bangkit, tetapi mereka justru dihukum penalti. Romagnoli dinilai melanggar Kalinic dan wasit menunjuk titik putih usai meninjau VAR.

Baca juga: AC Milan Raih Poin Penuh Saat Berlaga di Markas Atalanta

Ekseskusi Antonin Barak sukses membawa Verona unggul 2-0 pada menit ke-24.

Tertinggal dua gol, Milan merespons dengan permainan yang lebih agresif.

Namun, tim tuan rumah sulit menciptakan kans berbahaya dan babak pertama usai dengan keunggulan 2-0 untuk Verona.

Pada awal babak kedua, pelatih Stefano Pioli melakukan beberapa pergantian. Daniel Maldini digantikan Rade Krunic dan Samu Castillejo menggantikan peran Saelemaekers.

Milan baru mampu mencetak gol pada menit ke-59 lewat tandukan Olivier Giroud usai menerima umpan silang Leao. Verona masih unggul 2-1.

Milan mendapatkan kesempatan untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-74 setelah wasit menunjuk titik putih karena Samuel Castillejo dilanggar Marco Davide Faraoni.

Franck Kessie menjalankan tugasnya dengan baik. Dia berhasil mengecoh kiper Lorenzo Montipo lewat sepakan mendatar. Kedudukan menjadi 2-2.

Milan berbalik unggul pada menit ke-78 setelah Koray Gunter mencetak gol bunuh diri setelah salah mengantisipasi umpan silang Castillejo. Skor menjadi 3-2 untuk Rossonerri.

Gol tersebut menjadi penutup pertandingan ini dan Milan menang dramatis 3-2.

Hasil ini membawa Milan ke puncak klasemen sementara Serie A dengan 22 poin. Sementara itu, Verona tertahan di posisi ke-13 dengan 8 poin.

HY

Continue Reading

HOT TOPIC