Connect with us

Lifestyle & Sport

Witan Sulaeman Sudah Gabung, Indonesia Full Team Lawan Taiwan

Published

on

Channel9.id – Jakarta. Witan Sulaeman sudah bergabung dengan Timnas Indonesia di Buriram, Thailand. Dia telat datang karena terkendala masalah penerbangan.

Akibat berubahnya jadwal penerbangan dari Polandia ke Bangkok, Thailand, Witan Sulaeman harus absen ketika Timnas Indonesia mengalahkan Taiwan 2-1 dalam leg pertama pada 7 Oktober 2021.

PSSI mengabarkan bahwa Witan Sulaeman telah mengikuti latihan Timnas Indonesia pada Jumat 8 Oktober di Chang Training Ground, Buriram.

Witan Sulaeman kemungkinan dapat dimainkan ketika Timnas Indonesia berhadapan dengan Taiwan pada pertemuan kedua Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Senin 11 Oktober 2021.

Baca juga: Menang Lawan Taiwan, Timnas Indonesia Naik 6 Peringkat

“Dalam latihan kali ini, Witan Sulaeman sudah bergabung dengan Timnas Indonesia. Dia terlambat bergabung karena mengalami kendala penerbangan menuju Thailand dari Polandia,” tulis PSSI dalam pemberitaan di lamannya, Jumat 8 Oktober 2021.

Kedatangan Witan Sulaeman membuat Timnas Indonesia berkekuatan penuh untuk melawan Taiwan.

Timnas Indonesia juga dapat diperkuat Ramai Rumakiek, Asnawi Mangkualam, dan Ricky Kambuaya yang sempat mengalami cedera seusai leg pertama.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memastikan bahwa ketiganya hanya menderita cedera ringan dan bisa bermain pada pertemuan kedua kontra Taiwan.

“Kondisi pemain baik. Tiga pemain yang cedera hanya cedera ringan. Tidak ada masalah, mereka bisa bermain pada leg kedua,” jelas Shin Tae-yong.

HY

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

KOI Akan Berupaya Agar Sanksi WADA Terhadap LADI Dicabut

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menyatakan siap turun tangan dan berupaya keras agar sanksi Badan Anti-Doping Dunia terhadap Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) segera dicabut.

Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari pada Senin (18/10/2021) ditunjuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sebagai Ketua Tim Kerja Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA. Tim tersebut ditugaskan pemerintah untuk melakukan akselerasi dan investigasi atas sanksi yang diberikan WADA terhadap LADI. Usai ditunjuk untuk memimpin tim, Okto, sapaan Raja Sapta, berjanji akan berusaha optimal membantu LADI terbebas dari hukuman WADA.

“Hukuman WADA terhadap LADI (berlaku) selama satu tahun. Kami akan berusaha agar LADI bisa segera terbebas sanksi. Segala usaha akan kami tempuh, tetapi perlu diingat sanksi ini diberikan WADA kepada LADI, sehingga harus LADI sendiri yang menyelesaikan kekurangan-kekurangan yang dibutuhkan,” kata Okto dalam jumpa pers virtual bersama Menpora di Jakarta, Senin.

Baca juga: WADA Larang Indonesia Kibarkan Bendera Merah Putih

Komposisi Tim Kerja Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA berisikan hanya tujuh orang, yang terdiri atas Ketua KOI, Sekjen KOI Ferry J Kono, dua perwakilan LADI, dua perwakilan induk federasi olahraga, dan satu perwakilan pemerintah.

Tim ini selanjutnya akan dibantu para ahli yang dibagi dalam tiga kelompok, yakni akselerasi, investigasi, dan komunikasi. Untuk langkah awal, KOI terlebih dahulu akan memetakan solusi dengan menghimpun semua data dan permasalahan LADI selama satu bulan ke depan sembari melakukan pendekatan eksternal kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Dia juga siap membantu memfasilitasi komunikasi antara LADI dan WADA. Rencananya setelah menghadiri General Assembly Association of National Olympic Committees (ANOC) di Crete, Yunani, 24-25 Oktober, Okto bakal langsung bertolak ke markas besar IOC di Lausanne, Swiss untuk melakukan koordinasi secara langsung.

“Ada beberapa ajang olahraga yang diikuti Indonesia dan juga digelar di Indonesia pada akhir tahun ini. Kami ingin memastikan agar kegiatan tersebut bisa terselenggara,” ujar Okto.

“Namun, kejadian saat ini juga menjadi contoh bahwa Indonesia tidak bisa terlepas dari regulasi tatanan olahraga dunia,” tambah dia.

Sebelumnya, pada awal Oktober, LADI mendapat teguran dari WADA karena tidak patuh dalam implementasi program uji doping yang efektif, yang membuat Indonesia terancam kehilangan hak-hak di olahraga internasional hingga statusnya dipulihkan kembali.

Selain dilarang mengibarkan bendera Merah Putih, Indonesia juga berpotensi tidak bisa menjadi tuan rumah regional, kontinental, hingga kejuaraan dunia atau ajang besar lainnya.

Padahal Indonesia akan menjadi tuan rumah sejumlah ajang internasional dalam waktu dekat, seperti Superbike World Championships di Mandalika, Lombok (November), tiga turnamen bulu tangkis BWF di Bali (November-Desember), dan MotoGP pada Maret 2022.

IG

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Harus Minum yang Cukup, Dehidrasi Juga Bisa Bikin Stres

Published

on

By

Harus Minum yang Cukup, Dehidrasi Juga Bisa Bikin Stres

Channel9.id-Jakarta. Saat sedang dalam tekanan, Kamu cenderung stres. Bisa dibilang stres merupakan respons terhadap ancaman yang Kamu hadapi. Tubuhmu jadi bereaksi seperti berkeringat, jantung berdegup kencang, hingga sulit berpikir visioner.

Dari sekian banyak cara yang bisa meredakan stres, dari makan manis hingga meditasi, sebetulnya ada cara yang paling mudah namun kerap disepelekan: minum air putih yang cukup. Kamu mungkin tak percaya atau heran akan hal ini.

Jadi begini. Sebagian besar komposisi tubuh manusia ialah air, dengan persentase 60%. Namun demikian, otaklah yang membutuhkan komposisi air lebih tinggi yaitu sekitar 73%. Nah, saat cairan tubuh berkurang, fungsi otak bisa terganggu. Kamu akan kesulitan berpikir jernih sehingga sulit pula untuk mengelola stres. Jadi, intinya, jika kebutuhan cairan otak sudah dipenuhi, Kamu jadi lebih sanggup mengelola stres.

Adapun stres berawal dari reaksi kelenjar adrenal yang ada di atas organ ginjal. Kelenjar ini melepas hormon stres yaitu kortisol. Hal ini pada dasarnya normal, sebab hormon ini membuat seseorang jadi lebih waspada untuk menghadapi stres. Kamu kemudian akan merasakan tanda-tanda seperti napas lebih berat, berkeringat, dan jantung berdegup cepat.

Tanpa disadari proses tersebut membuat volume air keluar dari tubuh, hingga bisa membuat dehidrasi. Di lain sisi, dehidrasi juga bisa membuat stres kian parah. Ini karena saat dehidrasi, proses sirkulasi juga akan terhambat. Dampaknya, oksigen yang dibawa ke otak dan bagian tubuh lainnya jadi lebih sedikit. Inilah yang menyebabkan gangguan mood dan kesulitan konsentrasi—yang bisa terjadi saat mengalami dehidrasi ringan. Sehingga, stres malah sulit diatasi.

Jadi, antara stres yang bikin dehidrasi atau dehidrasi yang bikin stres, terus berputar. Adapun stres yang berkepanjangan berkaitan erat dengan pola konsumsi air yang lebih sedikit, sehingga terjadi gangguan kelelahan adrenal dan depresi.

Oleh karena itu, salah satu kunci untuk mencegah atau mengatasi stres ialah dengan minum air yang cukup. Dengan begitu, lingkaran setan antara kurang minum dan stres bisa diakhiri.

Nah, untuk mencegah kekurangan cairan dan menghilangkan stres, Kamu mesti tahu kapan tubuh mulai kekurangan air. Segeralah minum air saat haus dan warna urine lebih gelap.

Kamu mesti tingkatkan konsumsi air jika beraktivitas fisik yang berat, di lingkungan yang panas, dan banyak berkeringat. Minumlah air yang cukup sekitar 2-4 liter sehari. Ingat, pilihlah sumber air yang baik seperti air mineral dan hindari minuman ringan. Pastikan lupa untuk selalu menaruh botol minum air putih dekat dari jangkauanmu, agar mudah diambil.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Tottenham Bungkam Newcastle United 3-2

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tottenham Hotspur mengalahkan Newcastle United di kandang dengan skor 3-2 dalam lanjutan Liga Inggris pekan kedelapan di St James’ Park pada Minggu malam.

Pertandingan ini merupakan laga perdana Newcastle United usai diakusisi oleh konsorsium Dana (PIC) asal Arab Saudi baru-baru ini.

Gol Spurs masing-masing dicetak oleh Tanguy Ndombele, Harry Kane dan Son Heung-min. Sementara itu, dua gol tim tuan rumah dicetak oleh Callum Wilson dan gol bunuh diri Eric Dier.

Newcastle langsung unggul saat laga berjalan dua menit. Manquillo melepaskan umpan silang ke depan gawang kiper Hugo Lloris, yang ditanduk Wilson hingga berbuah gol. Skor 1-0 untuk tuan rumah.

Baca juga: Conference League, Tottenham Hotspur Ditahan Imbang Rennes

Keunggulan Newcastle hanya bertahan selama 15 menit setelah Ndombele Tanguy melepaskan tendangan ke tiang jauh yang tidak bisa dihentikan Karl Darlow. Kedudukan imbang 1-1.

Pada menit ke-22, Kane menyudahi puasa golnya di liga setelah membobol gawang Darlow lewat sepakan lob usai menyambut umpan lambung Pierre-Emile Hojbjerg. Spurs berbalik unggul 2-1.

Setelah itu, pertandingan sempat dihentikan pada menit ke-43 setelah ada penonton yang pingsan di tribune.

Butuh sekitar 15 menit untuk laga dilanjutkan kembali setelah penonton tersebut mendapat perawatan dari tim medis.

Pada masa injury time, Tottenham menambah gol lewat sontekan Son Heung-min meneruskan umpan tarik Kane. Babak pertama berakhir dengan skor 3-1.

Pada menit ke-60, sepakan keras Ndombele masih melebar dari gawang Newcastle.

Newcastle meminta penalti pada menit ke-64 ketika Joe Willock dijatuhkan di kotak terlarang oleh Reguilon.

Namun, wasit malah memberikan kartu kuning kepada Willock yang dianggap melakukan aksi diving.

Penderitaan Newcastle bertambah setelah Jonjo Shelvey mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-83 setelah menghentikan tusukan Reguilon dari sisi kiri.

Newcastle akhirnya memangkas ketertinggalan pada menit ke-88 saat Eric Dier yang coba menghalau sepakan bebas malah menjebol gawang sendiri. Bola mengenai kaki Dier sehingga mengecoh Lloris.

Pertandingan berakhir dengan kemenangan 3-2 Spurs atas Newcastle.

Kemenangan ini membuat Tottenham naik ke posisi kelima klasemen dengan 15 poin, menggeser Manchester United. Sedangkan Newcastle masih terpuruk di posisi ke-19 dengan hanya meraih tiga poin dari delapan laga.

HY

Continue Reading

HOT TOPIC