Connect with us

Lifestyle & Sport

Agar Efektif, Dobel Masker Atau Ikat Tali Masker Medis

Published

on

Agar Efektif, Dobel Masker Atau Ikat Tali Masker Medis

Channel9.id-Jakarta. Lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia membikin banyak pihak kalap. Bahkan rumah sakit di sejumlah wilayah dilaporkan kewalahan menangani pasien ini. Masuknya varian Covid-19 terkuat, yaitu varian Delta, disebut sebagai pemicu lonjakan kasus COVID-19.

Dengan situasi seperti sekarang ini, sudah seharusnya masyarakat lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan. Salah satu yang tak boleh absen adalah menggunakan masker, terutama saat ke luar rumah dan di tempat ramai.

Baca juga: Ahli Tak Lagi Sarankan Penggunaan Masker Kain

Sejumlah ahli kesehatan menyarankan penggunaan masker dobel. Untuk menggunakannya, masker medis atau bedah dipakai di bagian dalam, sementara masker kain di bagian luar. Cara ini membantu mengencangkan masker medis, sehingga masker tak lagi bercelah di bagian sisi. Dengan begitu, hal ini mencegah udara yang belum difiltrasi, yang mungkin mengandung virus, terhirup.

Namun, jika enggan menggunakan masker ganda, masih ada cara lain yang bisa meningkatkan filtrasi masker medis. Caranya yaitu dengan mengikat loop atau tali di bagian telinga. Dengan demikian, masker medis yang dipakai lebih rapat sehigga tak ada lagi ruang masuk udara di sisi masker.

Untuk mengikat tali, pastikan tali masker diikat sedekat mungkin dengan ujung masjer. Kemudian selipkan ujung masker ke arah dalam. Terakhir, pastikan tak ada rongga udara saat dipakai.

Lebih lanjut, untuk memeriksa apakah masker sudah terpasang dengan benar, cobalah taruh tangan di tepian masker. Pastikan tak ada udara yang berembus dari area dekat mata atau sisi masker. Kemudian, jika masker memang pas, Kamu akan merasakan udara hangat masuk lewat bagian depan masker dan mungkin bisa melihat bahan masker kembang-kempis saat bernapas.

Baik masker dobel atau masker ditali, keduanya direkomendasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC). “Kedua metode bisa menghalangi partikel masuk, hingga lebih dari 95%, dalam percobaan laboratorium,” jelas tulis laporan CDC.

“Di tengah varian Corona yang beredar, apa pun yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki pemakaian masker agar berfungsi lebih baik, semakin cepat kita bisa mengakhiri pandemi ini,” pungkas John T Brooks, ahli medis CDC, dikutip Rabu (23/6).

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Tumbangkan Argentina, Voli Putra Prancis Hadapi ROC di Final

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tim bola voli putra Prancis berhasil mengalahkan Argentina pada babak semi final Olimpiade Tokyo 2020, Kamis 5 Agustus 2021.

Dengan kemenangan ini, Prancis berhak melaju ke babak final. Prancis akan berhadapan dengan ROC (Komite Olimpiade Rusia) untuk merebut medali emas.

ROC lebih dahulu lolos ke babak final usai mengalahkan Brasil dengan skor 3-1 (18-25, 25-21 26-24, 25-23).

Adapun Prancis melaju ke partai puncak setelah mengalahkan Argentina dengan skor 3-0 (25-22, 25-19, dan 25-22) dalam pertandingan di Ariake Arena, Tokyo.

Prancis, yang hanya menempati peringkat kesembilan di Olimpiade Rio 2016, tampil meyakinkan di babak semifinal.

Jean Patri tampil menonjol di antara pemain Prancis lain. Dia menyumbang 15 poin, termasuk 11 dari smash dan 2 dari block. Pemain lain yang juga berperan besar adalah Trevor Clevenot yang menyumbang 14 poin.

Di kubu Argentina, kecemerlangan Facundo Conte tak ditunjang rekan setimnya. Dia menyumbang 13 poin, tapi rekan-rekannya tak ada yang mampu meraih lebih dari 10 poin.

Partai final bola voli putra Olimpiade Tokyo akan berlangsung Sabtu 7 Agustus, setelah perebutan perunggu usai digelar.

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Kalahkan Brasil, Voli Putra ROC Melaju ke Final

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tim bola voli putra ROC (Komite Olimpiade Rusia) berhasil ke final usai mengalahkan Brasil di babak semi final Olimpiade Tokyo 2020.

Tim asuhan Tuomas Sammelvuo ini mengalahkan Brasil dengan skor 3-1 (18-25, 25-21 26-24, 25-23) waktu dua jam delapan menit.

Berlaga di Ariake Arena, Tokyo, Jepang, Kamis 5 Agustus 2021 siang WIB, Maxim Mikhaylov menjadi bintang kemenangan ROC dengan mencetak 22 poin. Egor Kliuka dan Ivan Iakovlev juga memberi andil besar dengan masing-masing mencetak 15 serta 12 poin.

Bagi Brasil, kekalahan ini membuat Wallace De Souza dan kolega agal mempertahankan medali emas Olimpiade. Namun, tim asuhan Renan Dal Zotto masih berpeluang meraih medali perunggu.

Di Final nanti, ROC akan berhadapan dengan Prancis. Prancis lolos ke final usai mengalahkan Argentina dengan skor 3-0 (25-22, 25-19, dan 25-22).

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Sprinter Jamaika Hansle Parchment Raih Medali Emas 110m Lari Gawang

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Sprinter Jamaika, Hansle Parchment merebut medali emas pada laga final 110 meter lari gawang putra Olimpiade Tokyo 2020, Kamis 5 Agustus 2021.

Dia berhak meraih medali emas usai mengalahkan juara dunia asal Amerika Serikat, Grant Holloway. Holloway harus puas dengan medali perak. Sedangkan, medali perunggu kembali direbut atlet Jamaika, Ronald Levy.

Parchment mencatat waktu 13,05 detik untuk menjadi juara baru Olimpiade. Holloway yang sebenarnya mengawali lomba sebagai pelari tercepat, terpeleset pada dua rintangan terakhir.

Hal itu membuat Holloway finis urutan kedua dengan catatan waktu 13,09 detik, sedangkan Ronald Levi menyusulnya di belakang dengan membukukan waktu 13,10 detik.

HY

Continue Reading

HOT TOPIC